14 Contoh Surat Pengunduran Diri / Resign yang Baik dan Benar Lengkap 2020

Surat resign (Pengunduran diri) kerja karyawan dari perusahaan ataupun intansi resmi dibuat untuk menyatakan keinginan memutuskan hubungan kerja dengan instansi atau perusahaan. Fungsinya adalah untuk melegalkan status tidak memiliki tanggung jawab pada suatu perusahaan. Bagi perusahaan, surat tersebut juga penting untuk persyaratan administratif.

Surat pengunduran diri termasuk surat pribadi kedinasan karena ditulis atas nama individu untuk instansi resmi atau perusahaan. Seperti surat dinas lainnya, surat pengunduran diri seseorang harus ditulis dengan ejaan yang tepat, diksi yang benar, dan kalimat yang efektif.

Menulis surat pengunduran diri terkadang menjadi sulit karena perasaan tidak enak terhadap perusahaan. Apalagi jika Anda pemegang posisi strategis. Oleh karena itu, dibutuhkan tatanan bahasa yang sopan dan baik sewaktu menuliskannya.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Di sub- bagian ini kita akan menguraikan hal-hal yang harus anda ketahui atau pikirkan sebelum membuat surat pengunduran kerja.

a). Alasan Mengundurkan Diri

Biasanya seorang karyawan atau pegawai yang mengundurkan diri dari sebuah perusahaan memiliki bermacam alasan/ argumen tertentu. Alasan paling sopan adalah kesehatan dan keluarga. Namun tidak usah bertele-tele dalam menuliskan alasan mengundurkan diri. Buatlah surat resign dengan jelas dan padat.

b). Menulis Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri lazimnya terdiri dari bagian pembuka, isi, ucapan terima kasih dan penutup, bagian ini dijelaskan lebih rinci di sub bab selanjutnya (Format Surat Pengunduran Diri).

c). Ajukan Selambat-Lambatnya 30 Hari Sebelumnya

Sebagaimana yang tertuang dalam Pasal 162 UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (“UUK”): yang menyebutkan bahwa surat pengajuan pengunduran diri ditulis selambat-lambatnya 30 hari selepas tanggal pengunduran diri.Selama masa tersebut selesaikanlah pekerjaan yang menjadi tanggungan anda.Dalam strata jabatan yang lebih tinggi baiknya anda membantu proses transisi dari pekerjaan-pekerjaan yang sebelumnya anda pegang ke calon pegawai yang menempati posisimu setelahnya.

d). Buat Kesan yang Baik

Lebih bagus lagi, ceritakan langsung kepada atasan latar belakang mengapa anda memilih keluar dari pekerjaan. Tentu saja dengan tidak mengungkapkan alasan seperti tidak betah, bosan, gaji kecil, susah naik jabatan dsb. Sembunyikan alasan-alasan tersebut.Bagaimanapun surat pengunduran diri berguna sebagai persyaratan administrasi dan berbincang- bincang secara langsung dengan sopan berguna untuk menjaga relasi baik dengan pihak perusahaan atau lembaga.

Format Surat Pengunduran Diri

Sebelum membahas contoh surat pengunduran diri. Berikut ini adalah format surat pengunduran diri atau resign secara umum:

1). Kota dan Tanggal Pembuatan Surat

Bagian ini berisi kota, tanggal, bulan, dan tahun surat dibuat.

2). Nama dan Alamat yang Dituju

Surat tersebut biasanya ditujukan kepada bagian Human Resources Development (HRD) atau langsung kepada kepala instansi.Jika harus menuliskan nama atasan atau jabatannya tulislah dengan benar lengkap dengan gelar, bagian atau unit kerja, dan nama instansi atau perusahaan Anda. Hindari penulisan di tempat, sebaiknya sebutkan langsung kota instansi Anda.

3). Salam Pembuka

Gunakan salam pembuka yang resmi atau biasa digunakan dalam surat yang bersifat kedinasan, yaitu dengan hormat atau salam dalam bahasa Arab.

4). Identitas Penulis

Sebutkan identitas Anda lengkap, meliputi nama, nomor karyawan, bagian atau unit tempat Anda bekerja, jabatan Anda, dan informasi lainnya berkaitan dengan identitas Anda di instansi tersebut.

5). Alasan Pengunduran Diri

Bagian ini mungkin menjadi yang paling sulit. Akan tetapi, katakan alasan pengunduran diri Anda dengan sopan dan bahasa yang baik.Hindari menulis alasan secara detail. Jangan mengatakan Anda mengundurkan diri karena tidak betah atau alasan lainnya yang menjelekkan perusahaan. Ciptakanlah kesan terakhir yang baik.

6). Tuliskan Tanggal Pengunduran Diri Anda

Tegaskan kembali tanggal, bulan, tahun Anda mengundurkan diri agar semuanya jelas dan terang.

7). Ucapan Terima Kasih

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada instansi yang telah memberikan kepercayaan Anda untuk bekerja dan belajar di sana.

8). Permohonan Maaf

Sebaiknya, Anda juga menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan Anda selama bekerja di sana. Tambahkan pula harapan agar perusahaan makin berkembang untuk menjaga citra positif di saat-saat terakhir Anda sebagai karyawan di sana, meskipun terkadang pengunduran diri terjadi karena konflik dengan perusahaan atau antar karyawan.

9). Salam Penutup

Jika Anda membuka surat dengan bahasa Arab, tutuplah juga dengan bahasa Arab. Tambahkan pula frasa hormat saya sebagai penutup karena surat ini dibuat sendiri oleh orang yang bersangkutan.

10). Nama dan Tanda Tangan Pembuat Surat

Tulislah nama lengkap Anda dan tambahkan tanda tangan di sana. Terkadang, perusahaan meminta surat tersebut bermaterai untuk pengurusan administratif. Tanda tangan ditempatkan di kanan atau kiri sesuai dengan posisi Tempat dan tanggal pembuatan surat.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Berikut ini kami ulas kumpulan contoh- contoh surat pengunduran diri yang dapat digunakan untuk pegawai, karyawan ataupun umum baik itu yang ingin resign dari kantor, lembaga, perusahaan, bank, hotel dan lain sebagaiinya.

Anda tinggal menirunya, mengganti beberapa bagian dan menyesuaikan dengan kebutuhan pribadi anda masing-masing.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Berikut merupakan contoh surat pengunduran diri dari perusahaan secara yang dapat Anda gunakan pada perusahaan manapun dan dapat disesuaikan isinya sesuai dengan kebutuhan.

Jakarta, 12 Oktober 2018

Yth. Ibu Elissa
Direktur Utama
PT Haneen Setya
Jl. Mahameru III No. 1023
Jakarta 12650

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya sampaikan. Saya Elissa dengan jabatan terakhir sebagai Manajer Produksi di departemen Teknik. Dengan ini saya sampaikan pengunduran diri saya sebagai pegawai di perusahaan yang Ibu pimpin efektif tertanggal 12 November 2018.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diperoleh selama bekerja di perusahaan yang Ibu pimpin. Semoga Ibu dapat memahami keputusan yang telah saya buat dan Semoga juga PT. Haneen Setya selalu maju, berkembang dan sukses selalu kedepannya.

Hormat saya,

Elissa

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Alasan Kesehatan

Anda tentu tidak dapat bekerja dengan maksimal ketika kesehatan Anda bermasalah, berikut merupakan contoh surat pengunduran diri karena alasan kesehatan yang dapat Anda gunakan. Anda perlu menerangkan kenapa Anda harus mengundurkan diri dan tak lupa ucapkan terima kasih.

Bandung, 16 Juni 2017

Yth. HRD Manager
PT AURORA WORLD
Jl. Soekarno Hatta No 143
Bandung

Perihal : Surat Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini.

Nama           : Dian Nur Hasanah
NIK              : 19820000094
Unit              : Pengadaan Logistik
Jabatan        : Supervisi

Bermaksud mengajukan pengunduran diri kerja terhitung sejak 16 Juli 2018. Dikarenakan kondisi kesehatan yang kurang baik sehingga membutuhkan waktu istirahat yang lebih intensif. Terima kasih saya ucapkan pada perusahaan yang telah menerima saya bekerja selama lebih dari 3 tahun dan terlibat dalam pengembangan perusahaan.

Saya mempunyai keyakinan perusahaan ini dapat lebih berkembang kedepannya. Tak lupa, pada kesempatan ini juga, saya memohon maaf atas kesalahan- kesalahan saya selama bekerja sama dengan perusahaan.

Demikian surat ini saya buat tanpa paksaan dari pihak mana pun. Atas perhatian, kerja sama, dan perhatian Bapak/Ibu sekalian, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Dian Nur Hasanah

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Keluarga

Jika Anda bertugas pada suatu tempat yang jauh dari keluarga dan karena alasan itu Anda ingin mengundurkan diri dari perusahaan, surat pengunduran diri karena keluarga di bawah ini dapat anda gunakan sebagai referensi. Beritahu perusahaan dimana keluarga Anda tinggal sehingga pihak perusahaan dapat mengerti permasalah Anda.

Semarang, 17 September 2018

Yth.
HRD Manager PT. Saung Sukses
Jl. Gatot Subroto No 189
Semarang

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Dengan Hormat,

Dengan surat ini saya selaku karyawan dari PT. Saung Sukses sesuai dengan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan Undang-Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                     : Yuli Yulianti
Jabatan                  : Logistic and Planning Manager
Departemen          : Keuangan
Alamat                   : Jln. Brawijaya No 92, Semarang

Dengan ini bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. Raung Kautama, dikarenakan ingin lebih dekat keluarga di Wonosobo. Surat pengunduran ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial tanpa andanya motivasi negatif.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada perusahaan yang telah menerima saya bekerja selama 2 tahun ini. Saya juga memohon maaf pada perusahaan juga rekan-rekan sejawat apabila selama ini saya banyak melakukan kesalahan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat tanpa paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian, kerjasama serta pemahamannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

Yuli Yulianti

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

Anda sebagai karyawan berhak untuk mengundurkan diri baik karena faktor internal maupun eksternal perusahaan. Berikut contoh pengunduran diri sebagai karyawan tanpa perlu mengemukakan alasannya secara tertulis:

Bekasi, 22 Februari 2018

Kepada Yth,
Supervisor PT. Jaya Pradana
Jl. Wahab Affan No.120 Harapan Baru
Bekasi Barat

Perihal : Permohonan pengunduran diri kerja

Dengan Hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya Sawita Hendrokusumo dengan NIK AT182181 mengajukan permohonan pengundurkan diri dari PT. Jaya Pradana Putra sebagai Engineering staff di departement Teknik. terhitung sejak tanggal 28 Februari 2018.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang diberikan PT. Jaya Perdana untuk bekerja di perusahaan ini selama kurang lebih 3 tahun. Tidak lupa juga saya sampaikan permohonan maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Jaya Pradana apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan baik disengaja ataupun tidak selama bekerja. Saya berharap PT. Jaya Pradana menjadi perusahaan yang terus berkembang dan sukses

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan, kerjasama dan dukungan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Sawita Hendrokusumo

5. Pengunduran Diri Karena Hamil

Fitrahnya seroang perempuan yang sudah menikah itu hamil. Maka mengundurkan diri dari perusahaan karena hal ini bukanlah suatu hal yang salah. Kamu dapat menggunakan format surat pengunduran diri di bawah ini:

Yogyakarta, 18 Oktober 2018

Kepada Yth,
HRD Manager PT. Srikandi Jaya
Jl. Imam Bonjol 201
Yogyakarta

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Astri Wulandari bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Srikandi Jaya sebagai karyawan, terhitung sejak tanggal 18 Oktober 2018. Dikarenakan usia kehamilan anak kedua kami dan keinginan untuk fokus dalam mengurus buah hati kami.

Saya menyampaikan rasa terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Kinenta Indonesia selama 2 tahun ini. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen, apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja. Saya berharap selalu, PT. Kinenta Indonesia dapat terus maju dan mendapat pencapaian terbaik.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sesungguhnya dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

Hormat Saya,

Astri Wulandari

6. Contoh Surat Pengunduran Diri Simple

Tidak semua surat pengunguran diri harus berbentuk detail, Anda dapat menjadikan contoh surat di bawah ini untuk mengajukan pengunduran diri dari perusahaan tanpa mengurangi rasa hormat Anda terhadap perusahaan.

Surabaya, 15 Juli 2018

Kepada Yth:
Bapak Risman Syahputra
Pimpinan PT DIGITAL MAYA
Jl. Syahbandar Kav. 611
Surabaya 130432

Perihal : Pengunduran Diri

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan mengundurkan diri sebagai Web Programmer di perusahaan yang Bapak pimpin, terhitung sejak tanggal surat permohonan pengunduran diri ini disetujui.

Saya mengucapkan rasa terima kasih atas segala kesempatan dan bimbingan yang telah perusahaan berikan kepada saya selama bekerja di PT. DIGITAL MAYA ini.

Hormat saya,

Ryan Kusuma NS

7. Contoh Surat Resign Simple

Surat Pengunduran diri di bawah ini merupakan contoh surat yang dapat Anda gunakan pada perusahaan apapun, untuk isi dari suratnya Anda dapat berikan tambahan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Solo, 25 Maret 2018

Yth. Bapak Ilham Firdaus DS
HRD Manager
PT Techno Indo
Jln. Gajah Mada No. 12
Solo

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Setelah melewati pertimbangan matang dan mendalam. Maka dengan berat hati bersama ini saya:

Nama           : Dini Anggraeni Pratiwi
Jabatan       : Finance & Accounting Manager

Menyampaikan permohonan pengunduran diri saya sebagai karyawan di perusahaan Bapak. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan yang seharusnya saya sampaikan atas pengunduran diri ini. Namun saya percaya bahwa alasan utama pengunduran diri saya ini telah Bapak ketahui sebelumnya.

Saya mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan untuk berkarya di PT. Techni Indo selama kurang lebih 3 tahun ini. Semoga perusahaan yang Bapak pimpin akan sukses dan jaya selalu di masa kini dan mendatang.

Hormat saya,

Dini Anggraeni Pratiwi

8. Contoh Surat Pengunduran Diri Alasan Karir

Seseorang dengan status pegawai pada suatu perusahaan mau tidak mau akan mengerjakan suatu rutinitas yang tidak jauh berbeda setiap harinya, tak jarang sebagian orang akan merasa  bosan hingga memilih untuk menjalankan bisnis sendiri yang tentunya lebih fleksibel. Untuk Anda yang ingin mengajukan surat pengunduran diri karena ingin menjalani/fokus pada bisnis yang Anda bangun sendiri, Anda dapat menjadikan contoh surat di bawah ini sebagai referensi:

Tangerang, 12 Januari 2018

Yth.
HRD Manager
PT Mitra Tani
Jln. Cut Nyak Dien No 30 Kav 12
Tangerang

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Dengan Hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya selaku karyawan PT Mitra Tani;

Nama Lengkap     : Diana Nur Islami
Jabatan                  : Manager Keuangan
No. Karyawan       : 150595931108
Alamat                   : Jalan K.H Hasyim Ashari No.23 Tangerang

Dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. dikarenakan ingin berfokus pada karir bisnis yang sedang saya geluti. Terhitung sejak tanggal 12 Februari 2018.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan PT Mitra Tani untuk berkarya di perusahaan ini. Terima kasih juga saya ucapkan kepada rekan-rekan karyawan dan para staff yang telah banyak membantu saya dalam hal pekerjaan maupun pengembangan diri. Tak lupa saya juga menghaturkan permohonan maaf apabila terdapat banyak kesalahan baik yang disengaja ataupun tidak selama saya bekerja di perusahaan ini.

Saya yakin dan percaya bahwa PT Mitra Tani dapat menemukan pengganti posisi saya yang lebih baik dan sukses kedepannya.

Demikian surat ini saya buat. Atas perhatian, kerjasama dan pengertiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

Diana Nur Islami

9. Contoh Surat Resign Pengunduran Diri Karyawan

Bagi seorang karyawan mengundurkan diri tentu menjadi hal yang sah dilakukan entah karena faktor internal maupun eksternal. Anda dapat mengajukan pengunduran diri sebagai karyawan dengan format surat seperti berikut ini, tanpa harus mencantumkan alasan secara tertulis kepada perusahaan.

Semarang, 02 September 2019

Kepada Yth,
HRD Manager
PT Harmony
Jln. Industri Sagara Blok 12, No 100
Semarang

Dengan Hormat

Melalui surat ini saya Syam Aziz (NIK 00129123) dengan jabatan terakhir sebagai QC di bagian gudang. mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan yang Ibu / Bapak pimpin. terhitung sejak tanggal 02 Oktober 2019.

Saya ucapkan terima kasih atas bimbingan dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya sehingga saya dapat lebih berkembang baik dalam bidang keahlian ataupun kepribadian. Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila ini banyak melakukan kesalahan selama bekerja di peusahaan ini.

Saya berharap PT Harmony dapat terus berkembang, maju dan mendapatkan yang terbaik.

Hormat Saya

Syam Aziz

10. Surat Pengunduran Diri dari Jabatan Organisasi

Jika Anda adalah seseorang yang aktif pada suatu organisasi dan ingin mengundurkan diri dari jabatan yang Anda emban karena satu dan lain hal. Anda dapat menggunakan contoh surat di bawah ini dengan menjelaskan secara singkat alasan pengunduran diri dari jabatan pada organisasi tersebut.

Yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama           : Tresna Nur
Jabatan        : Bendahara

Dengan ini menyatakan bahwa:
Secara resmi mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Bendahara di organisasi Pemuda Beraksi Terhitung sejak tanggal 11 Januari 2018. Hal ini dikarenakan karena banyaknya kesibukan dan aktivitas lain diluar organisasi yang harus saya prioritaskan.

Saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan selama ini menjadi bendahara di Organisasi Pemuda Beraksi.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Tanpa ada paksaan atau tekanan dari pihak manapun.

Sukabumi, 05 Januari 2018

Hormat Saya

Tresna Nur

11. Template Surat Pengunduran Diri

Nah pada point kali ini bagi Anda yang masih bingung akan konsep pada pembuatan surat pengunduran diri, Anda dapat menggunakan contoh surat pengunduran diri di bawah ini yang dapat Anda rubah beberapa point sesuai dengan data yang ingin Anda buat.

Purwakarta, 19 Maret 2018

Kepada Yth,
HRD Manager / Pimpinan
(Nama Perusahaan Tempat Anda Bekerja)
(Alamat Perusahaan)
(Kota Tempat Perusahaan)

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Dengan Hormat, Melalui surat ini, saya nama anda bermaksud untuk mengundurkan diri dari nama perusahaan sebagai jabatan terhitung sejak tanggal tanggal.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di nama perusahaan .Saya juga memohon maaf kepada segenap karyawan dan manajemen nama perusahaan apabila terdapat kesalahan yang saya lakukan selama berada di perusahaan ini. Saya berharap perusahaan ini dapat terus maju dan berkembang di masa depan.

Hormat Saya,

(Nama Lengkap Anda)

12. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Bank

Jika Anda merupakan seseorang yang bekerja pada suatu Bank dan ingin melakukan pengajuan pengunduran diri, maka contoh surat di bawah ini sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Jangan lupa untuk mencantumkan tanggal pengunduran diri serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada perusahaan.

Bandung, 31 Juli 2018

Yth. Kabag Personalia
BANK BNI Syariah
KCP Bandung

Dengan hormat,

Bersama surat  ini, saya Kahla Rifda memohon untuk mengundurkan diri dari Bank BNI Syariah sebagi Manager Training (MT) Officer.  Terhitung dari tanggal 31 Juli 2018 karena adanya alasan masalah pada kesehatan juga keluarga yang akhirnya membuat  saya tidak dapat fokus dalam bekerja.

Saya sangat berterimakasih atas kesempatan yang sudah diberikan pada saya untuk menjadi bagian karyawan dari  Bank BNI Syariah KCP Bandung. Saya memohon maaf pada semua karyawan serta  manajemen Bank BNI Syariah KCP Bandung apabila terdapat salah yang sudah  saya lakukan saat bekerja.

Harapan besar saya, Bank BNI Syariah KCP Bandung  bisa terus maju dan berkembang dengan baik. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Kahla Rifda

13. Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris

Surat Pengunduran diri di bawah ini tentu cocok sekali untuk Anda yang bekerja pada suatu perusahaan yang memang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi. Berikut merupakan contoh surat pengunduran diri menggunakan Bahasa Inggris:

April, 10, 2018

To: Mr. David Khoerun
HRD Departement
PT Pertamina Tbk

Dear Mr. David Khoerun,

I would like to inform you that I am resigning from my position as IT Suppor for PT Pertamina tbk, effective May 15, 2018.

Thank you for the support and the opportunities that you have provided me during the last two years. I have truly enjoyed my tenure with PT Pertamina tbk, and am more than grateful for the encouragement you have given me in pursuing my professional and personal growth objectives.

If I can be of any assistance during this transition in order to facilitate the seamless passing of my responsibilities to my successor, please let me know. I would be glad to help however I can.

Sincerely,

Yana Maulana

14. Contoh Pengunduran Diri Karena Kesehatan dan Usia

Semakin lanjut usia tentu kapasitas tenaga akan semakin turun hingga mengakibatkan Anda tidak dapat bekerja secara maksimal, alasan ini tentu boleh dijadikan sebagai alasan pengunduran diri mengingat tubuh yang sudah tidak bugar lagi. Berikut merupakan contoh surat pengunduran diri karena alasan kesehatan dan usia:

Malang, 01 Mei 2018

Yth. Kepala Personalia
PT Agraria
Di Tempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Agraria berdasarkan atas Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang–Undang tenaga yang melingkupinya yang bertanda tangan dibawah ini saya :

Nama                 : Anwar Sanusi
Departemen     : PT. Agraria
Jabatan             : Mekanik
No. Karyawan  : 000678

Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri kepada PT Agraria dengan alasan kondisi kesehatan yang semakin menurun. Saya sangat berharap perusahaan bisa memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang ada.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan dukungan perusahaan terhadap saya selama saya bekerja, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

Anwar Sanusi

Itulah beberapa contoh Surat Pengunduran Diri yang dapat kamu gunakan sebagai referensi dalam pembuatan Surat Pengunduran Diri. Surat ini menjadi sebuah alat komunikasi serta bentuk tanggung jawab juga penghormatan kepada Perusahaan maupun Organisasi yang kamu naungi agar memberi sebuah legecy untuk dirimu pada perusahaan maupun organisasi tersebut.