WhatsApp Web (WA Web) dan Cara Menggunakan WhatsApp Bagi Pemula

Siapa yang tidak tahu WhatsApp, Aplikasi Chat ini menjadi aplikasi chat favorit semua orang karena memiliki User Interface yang sangat nyaman sehingga mudah digunakan baik untuk berkomunikasi dengan satu orang maupun grup.

WhatsApp Messenger atau WhatsApp saja adalah aplikasi pesan untuk ponsel cerdas (smartphone) dengan basic mirip BlackBerry Messenger. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain. Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi internet 3G, 4G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain (Sumber :  Wikipedia)

Tanda pesan sukses terkirim, sudah diterima, dan sudah dibaca pada WhatsApp

Fitur ini mirip sekali dengan BlackBerry Messenger yang sebelumnya pernah booming. Jika pada BlackBerry Messenger menggunakan tanda D dan R, WhatsApp menggunakan tanda centang. Satu tanda centang (berwarna abu-abu) berarti pesan berhasil dikirim, dua tanda centang (berwarna abu-abu) berarti pesan telah diterima tetapi belum dibaca, dan dua tanda centang berwarna biru berarti pesan telah di baca. Apabila tidak terdapat koneksi internet, akan muncul tanda jam yang mengartikan pengiriman pesan tertunda. WhatsApp dapat mengirim file-file seperti:

  1. Foto (langsung dari kamera, pengelola berkas (”file manager”) dan galeri).
  2. Video (langsung dari video kamera, pengelola berkas, dan galeri).
  3. Audio (langsung merekam suara, pengelola berkas, audio).
  4. Lokasi (Anda dapat mengirim lokasi Anda dengan mengambil posisi Anda dari Google Maps).
  5. Kontak (mengirim detail kontak dari kontak telepon).

Fitur pada WhatsApp

WhatsApp memiliki banyak fitur, berikut penjelasan mengenai fitur-fitur yang ada di WhatsApp.

Pesan

Pesan WhatsApp

Kirim pesan ke teman dan keluarga secara gratis. WhatsApp menggunakan koneksi Internet telepon Anda untuk mengirim pesan agar Anda dapat menghindari biaya SMS. Biaya data mungkin berlaku. hubungi operator Anda untuk detail.

Chat Grup

Chat Grup WhatsApp

Tetap terhubung dengan orang-orang yang penting bagi Anda, seperti keluarga atau rekan kerja Anda. Dengan chat grup, Anda dapat membagikan pesan, foto dan video hingga 256 orang sekaligus. Anda juga dapat memberi nama grup, membisukan, atau menyesuaikan pemberitahuan, dan masih banyak lagi.

WhatsApp di Web dan Desktop

WhatsApp di Web dan Desktop

Dengan WhatsApp di web dan desktop, Anda dapat dengan lancar menyinkronkan semua chat ke komputer Anda agar Anda dapat chat pada perangkat apa pun yang paling nyaman untuk Anda. Unduh aplikasi desktop atau kunjungi web.whatsapp.com untuk memulai.

Panggilan Suara dan Video WhatsApp

Panggilan Suara dan Video WhatsApp

Dengan panggilan suara, Anda dapat berbicara dengan teman dan keluarga secara gratis, bahkan jika mereka berada di negara lain. Dan dengan panggilan video gratis, Anda dapat melakukan pembicaraan tatap muka saat suara atau teks saja tidak cukup. Panggilan suara dan video WhatsApp menggunakan koneksi Internet telepon, bukan dengan menit panggilan paket seluler Anda, jadi Anda tidak perlu khawatir akan biaya panggilan yang mahal. Biaya data mungkin berlaku. hubungi operator Anda untuk detail.

Enkripsi End-To-End

Enkripsi End-To-End

Sebagian momen pribadi Anda dibagikan di WhatsApp, oleh karena itu kami membangun enkripsi end-to-end ke versi terbaru aplikasi kami. Ketika terenkripsi end-to-end, pesan dan panggilan Anda diamankan, jadi hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda saja yang dapat membaca pesan atau mendengar panggilan tersebut, dan tidak ada orang di antaranya, bahkan WhatsApp.

Foto dan Video

Foto dan Video

Mengirim foto dan video di WhatsApp dengan segera. Anda bahkan dapat menangkap momen yang penting bagi Anda dengan kamera bawaan. Dengan WhatsApp, foto dan video akan dikirim dengan cepat meskipun Anda sedang berada dalam koneksi yang lambat.

Pesan Suara

Pesan Suara WhatsApp

Kadang kala, suara Anda dapat mengatakan segalanya. Hanya dengan satu ketukan, Anda dapat merekam Pesan Suara, sempurna untuk hanya menyapa atau pun bercerita panjang.

Dokumen

Kirim Dokumen Lewat WhatsApp

Mengirim PDF, dokumen, spreadsheet, slideshow, dan masih banyak lagi, tanpa repot menggunakan email atau aplikasi berbagi file. Anda dapat mengirim dokumen dengan ukuran hingga 100 MB yang akan memudahkan Anda untuk membagikan hal yang Anda perlu bagikan ke orang yang Anda inginkan.

sumber: www.whatsapp.com

Cara Download WhatsApp

WhatsApp dapat Anda unduh melalui perangkat android, iPhone, windows phone, maupun windows (64-BIT). Anda dapat mengunduh aplikasi WhatsApp dengan mudah sesuai perangkatmu via website resmi yaitu: www.whatsapp.com

Atau bagi Anda pengguna perangkat seperti andorid. Anda dapat mengunduh aplikasi WhatsApp dengan langkah sebagai berikut :

1. Buka aplikasi Play Store pada perangkat android

Buka aplikasi Play Store pada perangkat android mu

2. Ketik WhatsApp pada kolom pencarian

Ketik WhatsApp pada kolom pencarian

3. Pilih aplikasi WhatsApp kemudian pilih download

Pilih aplikasi WhatsApp kemudian pilih unduh atau download

Setelah itu tunggu hingga proses unduh selesai dan aplikasi WhatsApp terinstall pada perangkat android Anda.

Cara Login WhatsApp via Web

Untuk sebagian orang mengakses WhatsApp via Web mungkin hal yang belum biasa dilakukan. Nah berikut adalah langkah login WhatsApp via web:

  1. Buka WhatsApp di komputer Anda atau kunjungi web.whatsapp.com di komputer Anda.
  2. Ketika dimintai kode QR, gunakan pemindai QR dari aplikasi WhatsApp pada perangkat andorid/iPhone/Windows Phone untuk memindai kode QR.
  3. Untuk memindai QR, buka WhatsApp di telepon Anda dengan cara:
  • Di Android: di layar Chat > Menu > WhatsApp Web.
  • Di iPhone: buka Pengaturan > WhatsApp Web.
  • Di Windows Phone: buka Menu > WhatsApp Web.
  1. Pindai kode QR pada layar komputer Anda menggunakan telepon Anda.

Catatan: Jika Anda tidak dapat memindai kode QR, pastikan bahwa kamera utama pada telepon Anda berfungsi dengan benar. Jika kamera tersebut tidak memiliki fungsi auto-fokus, buram, atau rusak, Anda tidak akan dapat memindai kode QR. Saat ini tidak ada cara lain untuk masuk ke WhatsApp di komputer Anda.

Logout WhatsApp dari WhatsApp Desktop

Berikut merupakan cara untuk keluar dari WhatsApp Desktop

  1. Buka WhatsApp di telepon Anda > lalu buka Setelan atau Menu.
  2. Ketuk pada WhatsApp Web.
  3. Ketuk Keluar dari semua komputer.

Jika Anda yakin bahwa seseorang telah memindai kode QR dan memiliki akses ke akun Anda via WhatsApp Web, gunakan instruksi di atas untuk keluar dari semua sesi web aktif di WhatsApp pada telepon seluler Anda.

Penyebab WhatsApp Gagal Login

Meskipun aplikasi WhatsApp ini menjadi aplikasi yang sudah banyak digunakan oleh banyak orang, namun tetap saja selalu ada masalah yang dialami oleh beberapa orang ketika mengakses WhatsApp diantaranya adalah gagal saat melakukan login. Berikut merupakan penyebab gagal login pada WhatsApp:

1. HP Sudah Tidak Support Whatsapp

Alasan kenapa Whatsapp tidak bisa dibuka yang pertama adalah HP yang Anda gunakan sudah tidak support dengan aplikasi Whatsapp. Seperti yang diketahui bahwa setiap aplikasi yang Anda gunakan pada smartphone akan selalu mengalami pembaharuan atau yang disebut dengan update. Sistem update inilah yang mengharuskan Anda selalu mendownload versi terbaru dari WA. Nah, jika HP Anda terlalu jadul, kemungkinan aplikasi WA dengan update-an terbaru tidak akan bekerja di ponsel Anda.

2. Masalah pada Aplikasi WhatsApp

Jika Anda merasa HP Anda masih layak menggunakan WA namun Anda tetap tidak bisa login, kemungkiknan aplikasi Whatsapp sedang error. Errornya aplikasi Whatsapp bisa saja terjadi mengingat Whatsapp juga seringkali melakukan update untuk aplikasi yang lebih baik lagi. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan masalah yang satu ini. Sebab, Anda masih bisa mengatasinya dengan cara menutup aplikasi Whatsapp secara paksa atau yang disebut dengan force close. Tunggulah beberapa menit, kemudian Anda bisa coba masuk lagi ke dalam aplikasi Whatsapp.

3. Masalah Pada Jaringan Internet

Untuk alasan lainnya kenapa Whatsapp tidak bisa login, mungkin terletak pada masalah jaringan internet yang Anda miliki. Whatsapp merupakan aplikasi chatting dimana Anda membutuhkan akses internet untuk memanfaatkan semua fitur yang ada pada aplikasi WA. Nah, maka dari itulah Anda harus memperhatikan jaringan internet yang Anda miliki. Jika Anda masih bermasalah tidak bisa masuk WA karena internet yang buruk, mungkin Anda bisa mencoba jaringan internet 4G atau menggunakan WiFi. Sudah banyak HP dengan jaringan 4G LTE yang murah dengan harga yang tidak mencekik.

4. Masalah pada Router WiFi

Masih pada jaringan internet. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan WiFi sebagai jaringan internet namun Whatsapp masih tidak bisa dibuka, kemungkinan ada masalah pada WiFi. Anda bisa cek router WiFi yang Anda gunakan. Pastikan WiFi-nya terkoneksi dengan baik. Namun, jika WiFI tidak terkoneksi internet dengan baik, maka kemungkinan Anda harus melakukan restart pada router WIFi. Anda bisa mematikan router WiFi terlebih dahulu untuk kemudian Anda nyalakan lagi. Namun biasanya Anda bisa menunggu sekitar 10 menit untuk menunggu jaringan internet kembali normal. Jika masih memiliki masalah pada WiFi, cobalah Anda menghubungi penyedia layanan WiFI yang Anda gunakan. Bisa jadi penyedia layanan internet WiFi tersebut sedang mengalami gangguan. Jadi, Anda bisa memastikannya ke pusat layanan jaringan WiFi yang Anda pakai.

5. Kartu SIM Error

Bagi Anda yang mengandalkan Whatsapp menggunakan kuota internet, pasti Anda sangat bergantung pad SIM Card yang digunakan. Namun terkadang Anda menemukan masalah kartu SIM yang tidak terbaca. Hal tersebut juga menyebabkan jaringan internet mati sehingga membuat aplikasi Whatsapp tiba-tiba berhenti. Solusinya mudah saja, cobalah Anda untuk mematikan ponsel Anda. Setelah Anda mematikannya, Anda bisa copot kartu SIM yang Anda gunakan untuk kemudian bisa Anda pasang lagi ke dalam ponsel Anda. Pastikan kartu SIM yang akan Anda gunakan terpasang dengan baik di dalam ponsel Anda dan ponsel Anda bisa membaca kartu SIM.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Login

Ketika ingin menggunakan WhatsApp ada kalanya anda tidak bisa login ke WhatsApp, berikut cara mengatasinya.

1. Pastikan Nomor Sudah Benar

Sebelum melakukan login, Anda harus memastikan terlebih dahulu nomor yang dimasukkan sudah benar. Bukan tanpa alasan, karena jika nomornya salah, maka WhatsApp akan secara otomatis tidak bisa mendeteksi nomor tersebut dan tidak bisa melakukan verifikasi.

2. Pastikan Nomor Sudah Terdaftar

Untuk melakukan login di aplikasi Whatsapp, nomor yang dipakai harus didaftarkan terlebih dahulu. Karena jika tidak, Whatsapp nanti akan mendeteksi nomor tersebut sebagai nomor yang belum terdaftar. Anda bisa melakukan pendaftaran akun di kolom yang tersedia. Prosesnya juga cepat, hanya beberapa menit. Dan ingat, nomor yang didaftarkan harus sama dengan nomor yang ingin diverifikasi.

3. Pastikan Nomor Masih Aktif dan Tidak Hilang

Jika nomor sudah didaftarkan dan sudah benar, Anda juga harus memastikan kalau nomor tersebut masih aktif, dan masih terpasang di HP Anda.

4. Lakukan Verifikasi Menggunakan Panggilan Telepon

Saat login WhatsApp, butuh beberapa waktu sampai SMS kode verifikasi masuk ke nomor yang Anda pakai. Tapi bagaimana kalau tidak masuk? Nah, jika Anda yakin kalau nomornya sudah benar, coba tunggu saja terlebih dahulu. Jika Anda tidak sabar untuk menunggu kode verifikasi lewat sms, Anda juga bisa mencoba meminta panggilan kode verifikasi. Opsi ini terdapat di menu WhatsApp saat Anda ingin login.

Persyaratan Memverifikasi Nomor:

  • Anda hanya dapat memverifikasi nomor telepon milik Anda sendiri.
  • Nomor telepon yang sedang Anda verifikasikan harus dapat menerima panggilan telepon atau SMS.
  • Anda harus menonaktifkan setelan atau aplikasi blokir panggilan, atau penonaktif tugas (task killer).
  • Telepon Anda harus memiliki koneksi Internet melalui paket data atau Wi-Fi. Jika telepon Anda sedang roaming atau memiliki koneksi buruk, proses verifikasi mungkin tidak akan bekerja. Cobalah membuka www.whatsapp.com di browser Internet telepon seluler Anda untuk melihat apakah telepon Anda telah terhubung ke Internet.

5. Update Aplikasi Whatsapp

Di beberapa waktu, Whatsapp selalu melakukan update untuk menambah fitur hingga memperbaiki bug yang mungkin ada. Nah, kadang-kadang Anda mungkin masih bisa login, namun untuk beberapa update tertentu, Anda harus melakukan update terlebih dahulu. Karena jika belum, biasanya di menu utama akan muncul notif update, dan membuat Anda jadi tidak bisa login.

6. Pastikan Setting Tanggal Waktu Di HP Anda Sudah Benar

Setting tanggal dan waktu yang salah, juga kadang bisa berpengaruh membuat jadi tidak bisa masuk akun Whatsapp. Ini sebenarnya sama seperti poin update sebelumnya. Bedanya, saat Anda mencoba melakukan login namun pengaturan waktu salah, biasanya akan muncul notifikasi untuk memperbaiki pengaturan tersebut terlebih dahulu.

Untuk cara memperbaikinya mudah, Anda tinggal buka Settings >> Tanggal dan waktu >> Kemudian ubah zona waktu menjadi otomatis.

7. Clear Data Aplikasi WhatsApp

Clear data pada WhatsApp, kurang lebih sama dengan clear cache. Bedanya, dengan melakukan clear data, WA akan otomatis direset semua settingannya. Nah, karena seluruh setting dihapus, otomatis error yang ada juga bisa saja terhapus. Karena itulah bisa dibilang cara ini cukup efektif.

Untuk cara clear datanya mudah saja. Silakan buka menu Settings >> Aplikasi >> Cari WhatsApp >> Kemudian silakan klik Clear Data disana. Setelah clear data dilakukan, coba restart HP terlebih dahulu untuk merefresh.

8. Reinstall WhatsApp

Kalau clear data fungsinya untuk menghapus setting. Nah, sedangkan tujuan dari melakukan reinstall WhatsApp ini adalah untuk mengganti data pada WhatsApp secara keseluruhan. Tujuannya sebenarnya sama, yakni untuk menghilangkan bug atau error yang mungkin ada pada WhatsApp, yang menyebabkan ada tidak bisa login.

  • Untuk melakukan reinstallnya bisa melalui Settings >> Aplikasi  >> Cari WhatsApp >> Kemudian klik Uninstall.
  • Setelah itu, silakan buka Playstore >> Cari WhatsApp >> Kemudian silakan install lagi.
  • Jika sudah, silakan coba login kembali.

9. Login Melalui HP Lain

Bukan hanya WhatsAppnya saja, sistem yang error juga kadang bisa berpengaruh. Untuk penyebabnya sendiri kadang acak. Namun, untuk mengeceknya Anda bisa mencoba terlebih dahulu melakukan login di HP lain atau perangkat lain (Seperti login WA di Laptop ini misalnya).

10. Pastikan Koneksi Internet Memadai

Untuk masuk atau login akun WhatsApp, internet yang dipakai harus memadai, atau setidaknya stabil dalam artian tetap terkoneksi. Alasannya, jika internet tiba-tiba disconnect atau mengalami RTO (Request timed out), otomatis respon dari aplikasi WhatsApp juga akan berhenti.

Itulah dia pembahasan mengenai WhatsApp yang harus Anda ketahui agar dapat memudahkan Anda ketika mengalami kendala dalam menggunakan aplikasi chat WhatsApp. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.