Viral Daging Babi Disulap Seperti Daging Sapi Lalu Dijual ke Pasar, Ini Tips Cara Membedakannya

Beberapa hari ini, masyarakat Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dihebohkan dengan ditangkapnya penjual daging babi, yang disulap mirip dengan daging sapi. Hal ini tentunya sangat meresahkan masyarakat, apalagi di saat bulan Ramadan menjelang Hari Raya Idul Fitri seperti ini, dimana konsumsi daging sapi dipastikan bakal meningkat.

Aksi para pelaku ini, ternyata sudah berlangsung selama satu tahun, dan daging babi yang sudah diedarkan mencapai 63 ton. Buat masyarakat yang ingin tahu cara membedakan daging babi dengan daging sapi asli, berikut ini tips nya yang kita kutip dari berbagai sumber.

1. Warna

Warna daging babi dan daging sapi memiliki perbedaan yang mencolok, yakni warna daging babi terlihat lebih pucat dari daging sapi, apalagi jika daging babi tersebut dioplos, warna merahnya akan semakin luntur. Ingat ya warna daging sapi tidak akan berubah walau dicuci dengan air berkali-kali. Warna daging sapi bakal terlihat lebih segar dan cerah.

2. Serat

Perbedaan serat daging babi dan daging sapi juga sangat mencolok. Daging sapi memiliki serat yang kaku, padat, dan garisnya terlihat sangat jelas. Hal ini berbeda dengan daging babi yang memiliki serat lembek, dan garis seratnya hampir tidak terlihat alias samar-samar. ketika ditarik, maka seratnya akan merenggang.

3. Lemak

Masyarakat hati-hati membedakan lemak ginjal daging babi dan sapi, karena keduanya terlihat mirip. Namun lemak daging sapi cenderung lebih elastis, susah lepas dari daging dan cenderung basah. Sementara itu lemak daging babi, terkenal kering, berserat dan lebih kaku.

4. Tekstur

Untuk tekstur, daging sapi memiliki tekstur yang padat dan keras, sementara itu daging babi teksturnya lebih kenyal dan lembut.

5. Aroma

Pada aroma daging sapi, tentunya memiliki bau yang anyir dan masyarakat pasti bisa menciumnya, sementara itu daging babi cenderung tidak mengeluarkan bau. Daging babi tentunya berbeda soal aroma dengan daging hewan pada umumnya.

Nah, buat para ibu maupun pedagang bakso ataupun yang berhubungan dengan daging, jangan sampai tertipu lagi dengan penjual daging babi yang menyulap seperti daging sapi. Semoga tips ini bermanfaat.