Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Provinsi Jawa Tengah yang memiliki 29 kabupaten dan 6 kota ini dikenal sebagai “jantung” dari budaya Jawa. Tidak heran jika hingga saat ini masih banyak sekali kita temukan budaya yang masih lestari di Jawa Tengah ini.

Tidak hanya budaya dan sejarahnya saja, Banyak sekali keindahan alam yang dapat kita temukan di Jawa Tengah. Bahkan menariknya salah satu dari 7 Keajaiban Dunia juga terdapat di Jawa Tengah.

Banyak sekali tempat menarik yang dapat Anda kunjungi di Jawa Tengah, untuk memudahkan Anda dalam memilih destinasi wisata selama berada di Jawa Tengah, berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata yang paling populer di Jawa Tengah untuk Anda:

1. Candi Borobudur di Magelang

Candi Borobudur memang menjadi candi yang paling terkenal di Indonesia. Candi yang juga diakui sebagai World Heritage Sites oleh UNESCO ini juga menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia lho.

Bangunan yang membuat heran para ilmuan ini memang masih menjadi misteri tentang bagaimana cerita dibalik terbentuknya Candi Borobudur ini. Tidak hanya menarik perhatian para wisatawan lokal, Candi Borobudur juga seringkali dikunjungi oleh para wisatawan asing lho karena keindahannya.

2. Candi Prambanan di Klaten

Selain Candi Borobudur, Candi Prambanan juga menjadi salah satu candi yang ada di Jawa Tengah. Candi yang juga tidak kalah megahnya dengan Candi Borobudur ini memang menjadi salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi jika datang ke Provinsi Jawa Tengah.

Terlepas dari cerita dibalik adanya candi ini yang disebut-sebut merupakan sosok Roro Jongrang yang dikutuk oleh Bandung Bondowoso, keindahan candi yang begitu megah dan alam hijau yang mengelilinginya tentu akan membuat Anda merasa senang mengunjungi tempat yang satu ini.

3. Candi Ngempon di Semarang

Candi selanjutnya yang juga ada di Jawa Tengah adalah Candi Ngempon. Salah satu candi Hindu yang berada di Semarang ini memiliki banyak sekali candi-candi kembar lho, sayangnya beberapa candi keadannya sudah mulai hancur.

Namun kemegahan candi dengan patung-patung didalamnya tetap menarik untuk Anda kunjungi. Jika Anda tertarik dengan cerita dibalik Candi Ngempon ini Anda dapat menyewa guide untuk menemani Anda sambil menceritakan legenda-legenda Hindu tua dan juga cerita dibalik Candi Ngempon ini.

4. Lawang Sewu di Semarang

Tempat yang memang sudah populer dengan hal-hal mistis didalamnya ini menjadi salah satu tempat yang seringkali menarik perhatian para wisatawan untuk mengunjunginya.

Sebuah bangunan kuno peninggalan Belanda ini disebut Lawang Sewu atau dalam bahasa Indonesia Seribu Pintu ini memang memiliki 1.200 daun pintu dan 429 buah lubang pintu. Terlepas dari kesan mistisnya bangunan tua khas Belanda yang memang begitu mengagumkan ini tidak jarang dijadikan tempat untuk foto pre-wedding lho.

5. Telaga Sunyi di Banyumas

Telaga yang memiliki air jernih dengan pemandangan alamnya yang begitu asri ini tentu cocok untuk Anda kunjungi dikala ingin menenangkan diri. Selain menikmati keindahannya Anda juga dapat merasakan sensasi mandi dan bermain air di Telaga Sunyi ini.

Bahkan sebelum Anda sampai di tempat ini Anda akan melewati jalan setapak dengan pemandangan yang tak kalah indahnya.

6. Kampung Batik Laweyan di Solo

Jika Anda datang ke Jawa Tengah khususnya Solo, tempat yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan. Uniknya Kampung Batik yang sudah ada sejak abad ke-16 ini memiliki desain arsitektur Eropa lho.

Anda dapat mendatangi satu per satu toko yang ada di Kampung Batik ini baik untuk membeli batik atau bahkan belajar membatik sendiri. Selain itu, tempat yang satu ini juga cocok untuk membeli oleh-oleh kain batik bagi orang-orang tersayang.

7. Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo

Dataran Tinggi Dieng sebenarnya memiliki banyak sekali objek wisata yang menarik. Di tempat yang disebut sebagai persemayaman para dewa dewi ini dapat Anda temukan berbagai candi Hindu, Sumur Jalatunda, Bukit Sikunir Dieng, dan juga Telaga Warna Dieng yang menyuguhkan pemandangan eksotis yang menakjubkan.

8. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Solo

Keraton Kasunanan Surakarta ini memang menyimpan banyak sekali sejarah. Tempat yang sudah ada sejak tahun 1744 ini bahkan disebut sebagai tempat pertemuan antara Susuhunan dan Nyai Roro Kidul.

Terlepas dari cerita dibaliknya, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini memiliki museum dengan barang-barang peninggalann keraton didalamnya. Tentu tempat ini sangat menarik untuk Anda kunjungi karena memberikan pengetahuan baru tentang sejarah keraton masa lampau.

9. Museum Purbakala Sangiran di Sragen

Bagi Anda yang tertarik dengan kehidupan manusia purba, tempat yang satu ini cocok untuk Anda kunjungi. Tempat yang memiliki situs terlengkap tentang arkeologi manusia purba di Asia ini bahkan diresmikan menjadi World Heritage Sites oleh UNESCO.

Tempat yang satu ini tentu menjadi pilihan wisata yang tepat untuk Anda berwisata sambil menambah pengetahuan baru.

10. Umbul Ponggok di Klaten

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi menyelam sambil melihat kehidupan di dasar laut, tempat yang satu ini cocok untuk Anda kunjungi. Tidak hanya kehidupan dasar laut pada umumnya, ketika Anda menyelam di Umbul Ponggok Anda akan menemukan berbagai fasilitas seperti didaratan lho, ada motor, televisi, dan juga video gambar lho.

Ya, kolam renang berbentuk raksasa ini memang telah dibuat semirip mungkin lho dengan dasar lautan lengkap dengan pasir, karang, dan juga ikan-ikannya. Menarik bukan ? Anda juga dapat berfoto didalam air lho.

11. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu memang menawarkan pemandangan alam yang begitu indah, gunung yang berada di wilayan Semarang, Salatiga, Boyolali, dan Magelang ini memang cocok bagi Anda yang senang mendaki.

Gunung Merbabu menjadi salah satu gunung yang memiliki tingkat kesulitan sedang, maka dari itu banyak pendaki yang mau mendaki di Gunung Merbabu ini.

Uniknya Gunung Merbabu memiliki dua puncak tertinggi lho yaitu Puncak Kenteng Songo dan Puncak Syarif. Tidak hanya pemandangan gunung dan sekitarnya saja, Anda juga akan menemukan lima buah kawah yang begitu mempesona di area Gunung Merbabu ini.

12. Gunung Slamet di Purwokerto

Jika Anda ingin mendaki gunung yang lebih menantang selain Gunung Merbabu, Anda dapat mencoba Gunung Slamet. Gunung tertinggi di Jawa Tengah ini juga merupakan gunung api yang masih aktif lho.

Maka dari itu, jika Anda berminat untuk mendaki Gunung Slamet pastikan dfisik Anda kuat ya menghadapi medan yang cukup berat.

13. Brown Canyon di Semarang

Bebatuan yang berwarna coklat orange ini menawarkan pemandangan yang mirip seperti Grand Canyon Amerika. Keindahan Brown Canyon ini bahkan seringkali dijadikan objek foto para pecinta fotografi.

Anda juga dapat mengelilingi tempat yang satu ini lho sambil mengagumi keindahan bebatuan coklat yang menjulang tunggi dengan beberapa pohon diatasnya ini.

14. Museum R. A. Kartini di Jepara

Sejarah memang menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilupakan. Di museum yang satu ini selain Anda dapat melihat berbagai foto R. A. Kartini dan benda-benda peninggalannya, Anda juga dapat melihat benda-benda peninggalan lainnya yang memiliki nilai sejarah tinggi, bahkan terdapat beberapa kerajinan khas Jepara juga lho di tempat ini.

Uniknya di ruangan terakhir museum ini Anda akan menemukan tulang ikan raksasa dengan panjang 16 meter yang ditemukan di Kepulauan Karumunjawa pada tahun 1989.

15. Goa Maria Kaliori di Purwokerto

Goa Maria Kaliori ini menjadi tempat ziarah bagi umat Katolik. Suasana didalam goa yang begitu sunyi dengan pohon-pohon dan tebing ini membuat siapa saja yang memasukinya akan merasakan kedamaian.

Tidak sekadar berwisata religi saja Anda juga dapat menikmati pemandangan indah yang disuguhkan di dalam Goa Maria Kaliori ini.

16. Goa Jatijajar di Kebumen

Jika Goa Maria dikhususkan untuk wisata umat Katolik. Goa Jatijajar ini dapat dikunjungi oleh siapapun. Keindahan stalagmit dan juga stalagtit memang sudah sangat memanjakan mata, namun selain itu Anda juga dapat melihat 32 patung lho yang ada didalam goa ini.

Di bawah ruangan Goa Jatijajar Anda akan menemukan 4 sendang, nah keempatnya ini disebut-sebut memiliki khasiat yang berbeda, namun terlepas dari benar atau tidaknya air di goa ini memang begitu sangat menyegarkan lho.

17. Taman Nasional Karimunjawa di Jepara

Keindahan Karimunjawa memang membuatnya menjadi tempat wisata yang populer akhir-akhir ini. Pesona lautan dengan pasir putihnya memang menjadi salah satu hal yang menarik para wisatawan datang ke tempat ini.

Selain menikmati keindahannya sambil berjemur Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas lainnya lho seperti snorkeling, memancing, berenang, dan juga menyelam.

18. Museum Ronggowarsito di Semarang

Lokasi Museum Ronggowarsito yang berada dekat dengan Bandara Ahmad Yani memang seringkali membuatnya dijadikan objek wisata pertama yang dikunjungi ketika sampai di Semarang.

Berbagai koleksi barang-barang peninggalan masa lampau yang ada di museum ini bahkan mencapai 59.814 buah lho. Di dalamnya juga terdapat 4 bangunan dengan sejarah yang berbeda-beda. Menyenangkan bukan berwisata sambil menambah wawasan tentang sejarah.

19. Tlogo Muncar di Sleman

Tlogo Muncar menyuguhkan keindahan air terjun yang tinggi dan juga pemandangan pepohonan yang hijau menyegarkan mata. Bebatuan yang ada disekitaran air terjun juga menambah keasrian Tlogo Muncar ini. Selain keindahannya udara di Tlogo Muncar juga sejuk lho bahkan terbilang begitu dingin.

20. Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang

Salah satu tempat yang tidak boleh dilupakan ketika berada di Jawa Tengah khususnya Semarang adalah berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah, selain tentunya untuk beribadah Masjid Agung Jawa Tengah ini juga memiliki berbagai fasilitas lain lho seperti museum, Al-Qur’an raksasa, payung elektrik, studio radio, dan berbagai fasilitas lainnya.

Sejarah dan budaya yang masih begitu kental di Jawa Tengah ini tentu harus kita hormati dan hargai, untuk itu taatilah setiap peraturan yang dibuat disetiap tempat dan jaga alamnya agar tetap asri. Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Jawa Tengah. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.