Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Grobogan, salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini memang mungkin terdengar agak asing bagi sebagian warga dari luar Jawa Tengah.

Namun meski begitu keindahan alam Kabupaten Grobogan juga menjadi salah satu alasan Anda harus mengunjungi kabupaten yang satu ini untuk berwisata.

Tidak hanya keindahan alamnya saja, di Kabupaten Grobogan juga terdapat cerita dibalik beberapa tempat wisatanya lho, selain itu terdapat beberapa tempat yang juga terbilang sebagai fenomena unik yang ada di Kabupaten Grobogan ini.

Jika Anda penasaran tentang tempat wisata yang ada di Kabupaten Grobogan, berikut ini telah kami rangkum beberapa tempat wisata populer yang ada di Kabupaten Grobogan:

1. Desa Wisata Banjarejo

Desa Wisata Banjarejo menjadi salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi jika berada di Grobogan. Salah satu desa wisata yang memiliki beranekaragam fosil makhluk hidup ini tentu akan menambah pengetahuan Anda, tidak jarang para wisatawan ber-swafoto didekat fosil-fosil ini.

Jika sedang musim liburan biasanya Anda dapat melihat pagelaran festival jerami yang diadakan di Desa Wisata Banjarejo ini.

2. Tugulasi

Tugulasi atau yang dikenal dengan sebutan White Canyon ini merupakan tebing dengan keunikannya yang berwarna putih. Tempat yang satu ini cocok bagi Anda yang senang berfoto terlebih di waktu matahari terbit dan matahari tenggelam.

Keindahan Tebing Tugulasi ini juga seringkali digunakan untuk foto pre-wedding lho. Meskipun indah tempat ini hanya bisa dijadikan spot foto saja ya, karena banyaknya debu dari pertambangan sekitar yang tentunya mengganggu jika Anda berdiam diri di tempat ini terlalu lama.

3. Makam Ki Ageng Selo

Ki Ageng Selo memang menjadi salah seorang yang begitu berjasa di Kabupaten Grobogan. Tak heran jika sampai saat ini Makam Ki Ageng Selo seringkali ramai dikunjungi para wisatawan.

Mereka biasanya mendatangi Makam Ki Ageng Selo ini sebagai tanda terima kasih atas jasa-jasa Ki Ageng Selo sambil mengirimkan doa padanya.

4. Wisata Alam Cindelaras

Salah satu tempat wisata yang cukup populer di Grobogan ini memang cukup menarik untuk dikunjungi. Selain menyuguhkan keindahan alam lengkap dengan fasilitas camping groundnya, Anda juga dapat ber-swafoto di beberapa spot foto yang telah disediakan lho.

Selain itu, banyak juga wahana permainan lain yang tentunya menarik untuk Anda coba. Setelah lelah bermain jangan lupa untuk mencoba makanan yang telah disediakan di food court Wisata Alam Cindelaras ini ya.

5. Air Terjun Widuri

Tempat wisata yang berada di Desa Batur ini menyuguhkan keindahan air terjun dengan aliran air yang begitu jernih dan menangkan. Menurut kisah yang beredar tempat wisata yang satu ini dulunya adalah tempat pertemuan antara Jaka Tarub dan Dewi Nawang Wulan.

Nah karena itulah akhirnya air terjun ini dinamai Air Terjun Widuri atau dalam bahasa Indonesia berarti Air Terjun Bidadari. Terlepas dari ceritanya air terjun ini memang begitu mempesona, air terjun yang deras dan pepohonan hijau disekelilingnya ditambah dengan sorotan sinar matahari menjadikan tempat ini seolah surga dunia di Grobogan.

6. Kalibiru Grobogan

Aliran air berwarna biru jernih memang selalu berhasil membuat siapa saja yang melihatnya jatuh cinta. Tidak hanya melihat pemandangan air jernih dan tebing disetiap sisinya, Anda juga dapat merasakan kesegaran air di Kalibiru Grobogan ini secara langsung dengan berenang lho.

Tapi tempat ini tidak direkomendasikan untuk mengajak anak-anak berenang ya, karena kedalaman airnya mencapai 3 meter.

7. Agrowisata Kebun Belimbing Grobogan

Bagi Anda yang senang wisata alam sambil menambah pengetahuan baru, tempat yang satu ini cocok untuk Anda jadikan pilihan. Di tempat ini Anda akan mendapat pengetahuan baru tentang cara budidaya pohon pelimbing, cara memetik belimbing yang benar, dan juga cara membedakan mana buah belimbing yang bagus dan kurang bagus.

Tidak hanya pengetahuan tentang belimbing saja, Anda juga dapat membeli buah belimbing dengan kualitas bagus dan harga murah lho di Agrowisata Kebun Belimbing Grobogan ini.

8. Bukit Pandang Jatipohon

Bagi Anda yang senang melihat keindahan alam dari ketinggian, Bukit Pandang Jatipohon yang berada di Kabupaten Grobogan ini cocok untuk Anda jadikan pilihan.

Begitu sampai di tempat ini Anda akan disuguhkan pemandangan hijau yang memanjakan mata dan udara sejuk yang tentunya membuat Anda betah berlama-lama di bukit ini.

Tidak hanya menawarkan pemandangan Kota Purwodadi yang mempesona, Bukit Pandang Jatipohon ini juga memiliki fasilitas lainnya seperti area berkemah, kolam renang, kolam pancing, dan juga taman bermain. Selain itu, Anda juga akan menemukan beberapa spot foto menarik lho di area ini.

9. Arung Jeram Grobogan

Siapa yang senang berwisata sambil memacu adrenalin ? Arung Jeram Grobongan ini tentu cocok untuk Anda yang memiliki keberanian tinggi. Derasnya debit air di Sungai Tuntang tentu menjadi tantangan tersendiri untuk bermain arung jeram.

Meskipun arusnya deras, tidak perlu khawatir karena kamu akan diberikan alat pengaman lengkap dan didampingi para ahli di tempat ini.

10. Sendang Keongan

Keindahan Sendang Keongan memang sudah tidak diragukan lagi. Mata air yang berada di tepi hutan pegunungan Kendeng Utara ini memang terlihat begitu jernih dan menenangkan.

Meskipun menurut kabar yang beredar area ini cukup kental dengan kesan mistisnya namun keindahan tempat yang satu ini cocok untuk Anda kunjungi bersama orang-orang tersayang sembari bersantai menikmati kebersamaan.

11. Kedung Tlawah

Wisata air memang menjadi salah satu wisata yang menarik perhatian wisatawan. Aliran air yang mirip seperti air terjun kecil-kecilan dengan kolam yang begitu luas memang cukup menyenangkan untuk dikunjungi. Tidak hanya menikmati suasananya saja, Anda juga dapat berenang lho di Kedung Tlawah ini.

12. Puncak Pelangi Gunung Ulo

Bagi Anda yang senang berpetualang, tempat wisata yang satu ini dapat Anda jadikan pilihan. Keindahan alam ditambah sejuknya udara selalu berhasil membuat siapa saja yang mendatanginya melepaskan penat yang ada.

Tidak sekadar menikmati suguhan pemandangan alam yang indah, Puncak Pelangi Gunung Ulo juga memiliki berbagai fasilitas lainnya lho, seperti area berkemah, panjat tebing yang dilengkapi oleh pengaman, hammock, dan juga spot foto yang menarik.

Mengunjungi Puncak Pelangi Gunung Ulo ini tentu akan menjadi salah satu pengalaman menarik bagi Anda selama berada di Grobogan.

13. Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo sendiri jika diartikan kedalam bahasa Indonesia merupakan sebuah kubangan air yang luas. Luas Waduk Kedung Ombo sendiri tidak main-main lho, yaitu membentang di 3 kabupaten sekaligus.

Tidak heran jika tempat yang satu ini menjadi destinasi wisata yang dapat Anda temui di 3 kabupaten, salah satunya adalah Kabupaten Grobogan.

Waduk yang dulunya berfungsi sebagai penopang irigasi ini memang selalu berhasil menarik minat wisatawan karena pemandangannya yang begitu indah, keindahan inilah yang akhirnya menjadikan Waduk Kedung Ombo sebagai tempat wisata unggulan Kabupaten Grobogan.

Tidak hanya menikmati pemandangan indah saja, di tempat ini juga Anda dapat bersantai sambil menyantap makanan yang ada di warung makan sekitaran Waduk Kedung Ombo ini.

14. Goa Urang Grobogan

Dulunya Goa Urang Grobogan ini sangat terkenal dengan udang-udang yang ada didalamnya, sayangnya saat ini sudah semakin jarang sekali kita dapat menemui udang di Goa Urang Grobogan ini.

Selain itu akses masuk menuju goa yang satu ini memang masih begitu sulit, namun bagi Anda yang memang senang menikmati keindahan goa, Goa Urang Grobogan ini patut Anda coba karena masih sangat begitu alami.

15. Objek Wisata Bledug Kuwu Grobogan

Ingin melihat lumpur lampindo di Sidoarjo ? Objek Wisata Bledug Kuwu ini juga memiliki luapan lumpur yang mirip seperti lumpur lapindo lho. Luapannya sendiri terjadi setiap 2 – 3 menit sekali.

Keunikan luapan lumpur yang satu ini berhasil menarik minat para wisatawan, hingga saat ini Objek Wisata Bledug Kuwu Grobogan ini tidak pernah sepi wisatawan.

16. Masterpark Purwodadi

Masterpark Purwodadi juga menjadi salah satu tempat wisata yang cukup menarik di Kabupaten Grobogan. Berbagai fasilitas yang tersedia di lahan dengan luas 4 hektar ini tentu akan membuat Anda merasa puas berwisata.

Anda akan menemukan fasilitas seperti kolam renang, bioskop 3D, permainan simulasi pesawat, dan juga restoran untuk Anda datangi setelah lelah bermain. Tentu menyenangkan bukan mengajak keluarga berwisata ke Masterpark Purwodadi.

17. De Bale Cingkrong

Tempat wisata yang satu ini juga cukup menarik lho untuk Anda kunjungi. Tempat yang dulunya berupa lahan kosong dan diubah menjadi kolam ini memiliki beberapa fasilitas untuk Anda berjalan-jalan di kolam buatan ini, seperti adanya rakit dan juga bebek kayuh.

Selain itu De Bale Cingkrong juga menawarkan Anda pengalaman baru untuk membatik lho, tidak hanya itu saja disini juga terdapat area outbound yang tentunya menambah momen liburan Anda menjadi semakin menyenangkan.

Berwisata haruslah menjadi satu hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Jangan lupa untuk tetap menjaga alam dan diri Anda ya ketika berwisata. Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Grobogan. Semoga dapat dijadikan referensi berwisata Anda. Terima kasih.