Tempat Wisata di Gombong yang Wajib Dikunjungi

Mendengar nama daerah Gombong mungkin memang masih agak asing di telinga. Gombong sendiri merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Kebumen.

Meskipun daerahnya tidak begitu terkenal, tapi Gombong memiliki beberapa tempat wisata yang menarik untuk Anda kunjungi, mulai dari bangunan peninggalan Belanda, tempat wisata bersejarah, dan keindahan alam yang mempesona.

Jika Anda berkunjung ke Kebumen dan ada di Kecamatan Gombong, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata untuk Anda:

1. Rumah Martha Tilaar

Rumah Martha Tilaar menjadi salah satu tempat yang tidak boleh Anda lewatkan selama berada di Gombong. Martha Tilaar sendiri merupakan nama dari seorang pakar kosmetika yang tentunya sudah sering Anda dengar namanya.

Rumah yang menjadi tempat wisata sejarah ini memiliki bangunan klasik khas zaman dulu. Tidak hanya bangunannya yang bergaya klasik, Anda juga akan menemukan berbagai ornamen-ornamen klasik didalamnya, selain itu juga terdapat banyak foto-foto Martha Tilaar didalam bangunan ini.

2. Pantai Menganti

Pantai pasir putih memang selalu menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Meskipun banyak ditemui diberbagai daerah tapi tetap saja pantai pasir putih tidak pernah bosan untuk dikunjungi ketika berwisata.

Pantai Menganti juga menjadi salah satu pantai pasir putih yang ada di Gombong. Selain keindahan pasir putihnya, air laut yang begitu jernih berwarna kebiruan ditambah tebing tinggi dan juga pemandangan bukit hijau yang mempesona tentu menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Menganti ini.

Selain menikmati keindahan pemandangannya dari tepi pantai, Anda juga akan menemukan puncak mercusuar dengan tinggi 20 meter yang merupakan peninggalan zaman Belanda lho.

3. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar memang sudah dibuat untuk menjadi tempat wisata. Tidak sekadar keeksotisan dari Goa Jatijajar, Anda juga dapat menikmati keindahan dari patung-patung buatan yang menceritakan kisah Raden Kamandaka dan Dewi Ciptoroso.

Selain itu lantai Goa Jatijajar pun memang telah diubah dan dibuat sedemikian rupa agar memudahkan pengunjung dalam menikmati goa ini. Meski lantainya telah diubah, namun keindahan bagian atas goa masih begitu alami lho. Sejuknya aliran air yang berada di Goa Jatijajar bahkan dikabarkan dapat membuat Anda awet muda lho.

4. Waduk Sempor

Waduk Sempor sendiri sebenarnya merupakan sebuah bendungan yang difungsikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air, namun keindahan Waduk Sempor yang mempesona dan begitu menenangkan justru menarik banyak para wisatawan untuk berdatangan ke tempat ini.

Udara sejuk dengan banyaknya pepohonan hijau rimbun ditepi Waduk Sempor ini memang membuat para wisatawan betah berlama-lama menikmati suasananya.

5. Pantai Karang Agung

Berbeda dengan pantai pada umumnya, Pantai Karang Agung tidak memiliki pasir pantai lho. Tapi uniknya justru Anda akan melihat secara langsung banyaknya batu karang sepanjang pantau yang menjorok ke laut secara langsung lho. Keindahan Pantai Karang Agung pun disebut-sebut mirip seperti Tanah Lot yang berada di Bali.

6. Pantai Logending

Terlepas dari isu mengenai keberadaan Nyi Roro Kidul di Pantai Logending yang menjadi gerbang kerajaan ghaib pantai selatan ini, keindahan dari Pantai Logending sendiri memang sangat mempesona.

Pantai yang berada diantara dua gunung tinggi ini memang membuat sekelilingnya terlihat begitu hijau. Selain menikmati suasana Pantai Logending Anda juga dapat membeli ikan-ikan segar langsung dari para nelayan lho.

7. Hutan Mangrove Logending

Sudah berwisata di Pantai Logending, jangan lupa untuk mengunjungi Hutan Mangrove Logending yang juga tidak kalah mempesona. Hutan bakau yang dikelilingi oleh perbukitan Karst Gombong Selatan ini menyuguhkan pemandangan hamparan tanaman bakau, pantai, dan juga segerombolan burung dengan suaranya yang membuat para wisatawan betah berlama-lama di Hutan Mangrove Logending.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan hutan mangrove dari ketinggian Anda juga dapat menaiki gardu pandang lho yang memang telah disediakan di tempat ini.

8. Benteng Van Der Wijck

Benteng Van Der Wijck memang sudah banyak dikenal karena sejarahnya pada masa penjajahan Belanda. Tak heran jika hingga saat ini Benteng Van Der Wijck menjadi salah satu tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Cerita dibaliknya dan bangunan tua khas Belanda memang menjadi daya tarik tersendiri dari Benteng Van Der Wijck ini.

9. Klenteng Hok Tek Bio

Klenteng Hok Tek Bio memang dapat Anda temui diberbagai daerah. Tempat ibadah yang dijuluki sebagai “Tempat Ibadah Tri Dharma” ini memiliki keunikan tersendiri karena digunakan oleh tiga aliran agama sekaligus yaitu Buddha, Kong Hu Chu, dan Taoisme.

Selain itu klenteng yang satu ini juga sudah ada sejak 1950-an, meski bangunannya sudah pernah dirombak pada tahun 2003 namun Klenteng Hok Tek Bio ini masih menjadi salah satu tempat yang diminati para wisatawan jika berada di Gombong.

10. Air Terjun Sudimoro

Air terjun dengan 4 tingkatan dan menjadi air terjun tertinggi di Kebumen ini memang memiliki keindahan yang begitu eksotis. Meskipun akses jalan menuju Air Terjun Sudimoro ini terbilang sulit karena melalui jalan berbatu dan menanjak namun banyak wisatawan yang tidak keberatan dengan hal ini, terlebih karena keindahan dan suasana sejuk yang masih begitu alami yang disugukan oleh Air Terjun Sudimoro ini.

Namun disarankan untuk tidak mendatangi air terjun yang satu ini pada saat musim penghujan, karena dianggap cukup membahayakan.

11. Air Terjun Sawangan Kebumen

Bagi Anda yang mungkin tidak ingin merasakan akses jalan yang cukup ekstrim seperti akses jalan menuju Air Terjun Sudimoro, Air Terjun Sawangan Kebumen ini dapat Anda jadikan pilihan.

Air terjun yang terbilang tenang ini juga tentu lebih aman untuk Anda kunjungi, debit airnya yang memang stabil bahkan cenderung mengecil ketika musim kemarau tiba.

Namun meskipun debit air dari Air Terjun Sawangan Kebumen ini tidak begitu tinggi, keindahannya tetap patut Anda datangi, sejuknya suasana air terjun juga tentu dapat menghilangkan penat setelah melewati aktivitas sehari-hari.

12. Alun-Alun Gombong

Tempat wisata yang selanjutnya adalah Alun-Alun Gombong. Alun-alun memang menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi. Hamparan rumput hijau, ditambah beberapa fasilitas yang memungkinkan untuk Anda bersantai di tempat yang satu ini tentu menjadi poin plus untuk Anda kunjungi.

Bahkan disekitaran Alun-Alun Gombong juga Anda akan menemukan berbagai kuliner yang menarik untuk Anda coba lho.

Jangan lupa untuk selalu menjaga keindahan alam yang ada dan mentaati peraturan yang memang diberlakukan di setiap tempatnya ya. Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Gombong. Semoga dapat menjadi referensi berwisata Anda. Terima kasih.