Rangkuman Materi Pelajaran Kelas 5 SD/MIRangkuman Materi Pelajaran Kelas 5 SD/MI

Materi pelajaran adalah seperangkat substansi pembelajaran yang telah disiapkan sebagai guide dan telah disusun secara sistematis untuk guru agar proses penyampaian materi sesuai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang telah ditetapkan pemerintah akan sangat memudahkan berlangsungnya proses pembelajaran. Isi dari materi pelajaran yang penuh, tidak mungkin bisa disampaikan secara utuh pada siswa. Apalagi proses pembelajaran saat ini dilakukan secara online.

Orangtua memiliki peran utama yang sangat penting selama proses pembelajaran online ini. Karena bagaimana pun anak tetap membutuhkan bimbingan untuk memperjelas materi pelajaran yang diterima dari guru melalui media yang sangat terbatas ruangnya. Maka rangkuman materi pelajaran akan menjadi media yang sangat membantu proses pembelajaran tersebut.

Rangkuman materi akan memuat informasi secara garis besar atau menyajikan point penting dari sebuah informasi yang ada sehingga memiliki bentuk yang lebih padat dan efektif. Dengan penyajian informasi yang singkat akan membuat siswa lebih mudah dalam memahami materi pelajaran, karena isi bacaan akan dapat lebih mudah untuk diingat dan dipahami. Sehingga siswa mendapatkan informasi dengan lebih cepat. Dengan kata lain rangkuman adalah bentuk buku baru yang memiliki informasi penting, yang merupakan hasil dari membaca sebuah buku yang lengkap.

Untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan Rangkuman Materi Pelajaran, berikut telah kami sediakan Rangkuman Materi Pelajaran Kelas 5 SD/MI :

Rangkuman Materi Pelajaran IPA

BAB 1 Alat Pernapasan Makhluk Hidup

  • Alat pernapasan manusia terdiri atas hidung, tenggorokan, dan paru-paru (cabang tenggorokan/ bronkus, bronkiolus, alveolus/ tempat pertukaran gas oksigen dengan karbon dioksida).
  • Alat pernapasan hewan berbeda-beda, tergantung pada lingkungan tempat hidupnya.
  • Burung, mamalia, dan reptil bernapas dengan paru-paru.
  • Amfibi : berudu bernapas dengan insang, katak bernapas dengan paru-paru dan kulit.
  • Ikan bernapas dengan insang.
  • Serangga bernapas dengan trakea.
  • Gangguan alat pernapasan dapat terjadi karena debu, asap, bau tak sedap, dan kuman penyakit.
  • Penyakit yang menyerang alat pernapasan manusia antara lain influenza, flu burung, asma, TBC, salesma, radang paru-paru, bronkitis, batuk, pneumonia, dan SARS.
  • Cara meningkatkan kesehatan alat pernapasan, yaitu: (makan makanan bergizi, – olahraga teratur, – menjaga kebersihan, menjauhi asap kendaraan, pabrik-pabrik, dan lain-lain).

BAB 2 Alat Pencernaan Manusia, Makanan dan Kesehatan

  • Makanan dimakan dan dicerna oleh sistem pencernaan.
  • Sistem pencernaan terdiri atas alat-alat pencernaan
  • Alat pencernaan terdiri atas rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus
  • Di dalam rongga mulut, makanan dipotong-potong, di dalam kerongkongan terjadi gerak peristaltik yang mendorong makanan masuk ke lambung. Di dalam lambung, makanan dihancurkan dan dihaluskan dengan bantuan berbagai enzim. Makanan yang sudah halus diserap oleh usus halus. Sisa makanan yang tidak terserap oleh usus halus dibusukkan di dalam usus besar, selanjutnya dibuang melalui anus.
  • Gangguan alat pencernaan terjadi karena makan yang berlebihan, pola makan yang tidak teratur, makanan yang tidak hancur sempurna, dan kurang menjaga kebersihan makanan dan alat makan.
  • Penyakit yang menyerang alat pencernaan manusia, antara lain maag, diare, tifus, radang usus buntu, kolik, dan sembelit.
  • Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan alat pencernaan adalah membiasakan diri hidup sehat dengan makan teratur, menjaga kebersihan makanan, dan makan makanan yang bergizi.
  • Zat gizi dalam makanan yang dibutuhkan oleh tubuh adalah karbohidrat, lemak, protein, vitamin, air, dan mineral
  • Makanan yang bergizi simbang adalah makanan yang mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh dengan jumlah yang memadai.
  • Mutu makanan sangat dipengaruhi oleh kebersihan dan kesegaran makanan.

BAB 3 Alat Peredaran Darah Manusia

  • Alat peredaran darah manusia terdiri atas jantung dan pembuluh darah.
  • Jantung berfungsi sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh.
  • Jantung terdapat empat ruangan, yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri.
  • Pembuluh darah merupakan saluran-saluran yang berfungsi sebagai alat pengangkut darah.
  • Pembuluh darah dibedakan menjadi dua, yaitu pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena).
  • Pembuluh nadi adalah pembuluh darah yang mengangkut darah dari jantung ke seluruh tubuh.
  • Pembuluh balik adalah pembuluh darah yang mengangkut darah dari seluruh tubuh ke jantung.
  • Peredaran darah kecil adalah peredarah darah dari jantung ke paru-paru, dan kembali ke jantung.
  • Peredaran darah besar adalah peredarah darah dari jantung ke seluruh tubuh, dan kembali ke jantung.
  • Penyakit yang dapat mengganggu sistem peredaran darah, antara lain anemia, leukemia, hipertensi, penyakit jantung bawaan, dan pembuluh nadi mengeras.

BAB 4 Tumbuhan Hijau

  • Tumbuhan hijau dapat membuat makanan sendiri karena memiliki klorofil.
  • Proses membuat makanan sendiri pada tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya disebut fotosintesis.
  • Fotosintesis pada umumnya terjadi pada siang hari.
  • Hasil fotosintesis adalah oksigen dan karbohidrat.
  • Hasil fotosintesis yang berupa karbohidrat, sebagian digunakan untuk mencukupi kebutuhan tumbuhan itu sendiri dan disimpan di umbi, biji, buah, dan batang.
  • Manusia dan hewan membutuhkan tumbuhan hijau sebagai sumber makanan. Selain itu, manusia juga memfaatkan tumbuhan hijau untuk memenuhi kebutuhannya. Misalnya membuat meja, kursi, lemari, pakaian, dan sebagainya.

BAB 5 Penyesuaian Diri Makhluk Hidup dengan Lingkungannya

  • Setiap makhluk hidup mempunyai cara tertentu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
  • Penyesuaian diri makhluk hidup dengan lingkungannya bertujuan untuk memperoleh makanan dan mempertahankan diri dari musuh.
  • Kemampuan makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya disebut adaptasi.
  • Hewan mencari makanan yang sesuai dengan bentuk bagian tubuhnya.
  • Setiap hewan mempunyai cara sendiri-sendiri untuk melindungi diri dari musuhnya.
  • Tumbuhan dapat menyesuaikan diri sesuai dengan tempat hidupnya.
  • Beberapa tumbuhan mempunyai struktur dan perilaku khusus untuk melindungi diri dari musuh.

BAB 6 Benda Dan Sifatnya

  • Susunan bagian-bagian pada suatu benda disebut struktur benda.
  • Dengan mengatur strukturnya, sifat suatu benda dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Tali dapat dibuat dari serat alami dan serat buatan.
  • Sifat atau ciri utama benda yang dapat digunakan sebagai tali yang baik, antara lain lentur dan kuat.
  • Kain memiliki sifat lentur, mudah dibentuk, mudah dipotong, dan ringan.
  • Kain terbuat dari serat alami dan serat buatan.
  • Bahan baku pembuat kertas adalah kayu.
  • Ada hubungan yang erat antara jenis bahan dengan kekuatannya.
  • Sifat benda yang mengalami perubahan dapat dilihat pada wujud, bentuk warna, kelenturan, kekerasan, dan bau.
  • Faktor-faktor yang menyebabkan perubahan benda, antara lain pemanasan, pendinginan, pembakaran, penyubliman, percampuran dengan benda lain, pembusukan, dan perkaratan.
  • Perubahan wujud benda dapat dibedakan menjadi perubahan tetap dan perubahan sementara.

Ringkasan Materi IPA Kelas 5 SD/MI semester 2

BAB 7 Gaya

  • Gaya dapat berupa tarikan atau dorongan.
  • Gaya penyebab timbulnya percepatan atau perlambatan.
  • Gerak menambah kecepatan disebut percepatan.
  • Gerak mengurangi kecepatan/melambat disebut perlambatan.
  • Macam-macam gaya antara lain: gaya gravitasi, gaya gesek, dan gaya magnet.
  • Gaya gravitasi menyebabkan benda tertarik ke atas.
  • Gaya gesek adalah gaya yang menghambat gerakan benda pada suatu percobaan.
  • Gaya gesek pada permukaan kasar lebih besar dari pada permukaan licin.
  • Gaya magnet adalah gaya pada magnet untuk menarik sebuah benda logam.
  • Kutub magnet terdiri atas kutup utara dan kutub barat.
  • Magnet yang sejenis akan saling tari-menarik.
  • Magnet yang tidak sejenis akan saling tolak-menolak.
  • Gaya magnet dapat dihilangkan dengan cara induksi, mengosok, dan aliran listrik.
  • Gerak adalah nama lain dari perpindahan tempat .
  • Energi dapat diubah, tetapi tidak dapat diubah atau diciptakan.

BAB 8 Pesawat Sederhana

  • Alat yang dapat memudahkan pekerjaan disebut pesawat.
  • Pesawat terdiri dari pesawat sederhana dan pesawat rumit.
  • Berdasarkan jenisnya pesawat sederhana dibedakan menjadi empat yaitu tuas (pengungkit), bidang miring, katrol, dan roda berporos.
  • Tuas digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu:. Tuas jenis I, posisi titik tumpu berada diantara, beban dan kuasa. Tuas jenis II, posisi beban berada diantara titik tumpu dan kuasa.Tuas jenis III, posisi kuasa berada diantara titik tumpu dan beban.
  • Bidang miring adalah permukaan datar yang salah satu ujungnya lebih tinggi daripada ujung yang lain.
  • Katrol merupakan roda yang berputar pada porosnya.
  • Berdasarkan posisinya, katrol dobedakan menjadi empat, yaitu katrol tetap, katrol bebas, katrol majemuk, dan blok katrol.
  • Roda berporos banyak digunakan untuk memudahkan pemindahan benda.

BAB 9 Cahaya dan Sifat-sifatnya

  • Cahaya berasal dari sumber cahaya. Matahari merupakan sumber cahaya yang paling utama.
  • Cahaya mempunyai sifat merambat lurus, menembus benda bening, dapat dipantulkan, dan dapat dibiaskan.
  • Benda-benda di muka cermin datar memiliki bayangan yang bersifat semu, tegak, dan ukurannya sama dengan bendanya.
  • Benda-benda di muka cermin cekung bayangan yang bergantung letak benda terhadap cermin.
  • Benda-benda di muka cermin cembung bayangan yang terbentuk bersifat semu, tegak, dan ukurannya lebih kecil dari benda aslinya.
  • Cahaya dapat dibiaskan jika cahaya merambat melalui dua medium yang berbeda.
  • Cahaya Matahari yang terlihat putih sebenarnya merupakan paduan dari berbagai warna cahaya yang disebut spektrum.

BAB 10 Bumi dan Alam Sekitarnya

  • Tanah merupakan hasil pelapukan batuan dan sisa makhluk hidup.
  • Berdasarkan proses pembentukannya, batuan dibedakan menjadi tiga, yaitu batuan beku, batuan sedimen (endapan), dan batuan metamorf atau malihan.
  • Berdasarkan cara terjadinya, pelapukan dibedakan menjadi tiga, yaitu pelapukan fisika, pelapukan kimia, dan pelapukan biologi.
  • Beberapa jenis tanah, antara lain: tanah humus, tanah liat, tanah pasir, tanah gambut, dan tanah kapur.
  • Struktur bumi terdiri atas beberapa lapisan, yaitu lapisan kerak bumi, lapisan mantel bumi, lapisan inti luar, dan lapisan inti dalam.

BAB 11 Daur Air Dan Peristiwa Alam

  • Air sangat penting bagi kehidupan.
  • Air mempunyai daur (siklus), sehingga air yang menguap akan kembali lagi ke daratan.
  • Penebangan hutan, pengurangan daerah resapan air merupakan kegiatan manusia yang dapat memengaruhi daur air.
  • Walaupun air di bumi tidak akan habis, kita harus menggunakan air secara hemat.
  • Peristiwa alam dapat Gempa bumi disebabkan oleh getaran kulit bumi yang berasal dari kekuatan-kekuatan yang ada di dalam bumi.
  • Kegiatan manusi yang dapat merubah permukaan bumi antara lain mengubah permukaan tanah untuk pertanian, jalan, perkotaan, dan bangunan.

Rangkuman Materi Pelajaran PKn

Bab 1 Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

  • Bangsa adalah suatu masyarakat dalam suatu daerah yang sama dan mereka tunduk kepada kedaulatan negaranya.
  • Negara adalah bentuk organisasi dari masyarakat atau kelompok orang yang mempunyai kekuasaan untuk mengatur hubungan, menyelenggarakan ketertiban, dan menetapkan tujuan-tujuan dari kehidupan bersama.
  • Unsur-unsur teoritis berdirinya suatu negara, terdiri dari unsur konstitusif dan unsur deklaratif.
  • Tahap-tahap yang merupakan proses terbentuknya negara bagi bangsa Indonesia:
    = Perjuangan pergerakan kemederkaan Indonesia.
    = Proklamasi sebagai pintu gerbang kemerdekaan.
    = Terjadinya NKRI (kemerdekaan RI 17 Agustus 1945).
  • Tujuan NKRI tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alenia keempat, antara lain:
    = Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
    = Memajukan kesejahteraan umum.
    = Mencerdaskan kehidupan bangsa.
    = Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
  • Fungsi negara, terdiri dari: Melaksanakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, Pertahanan, Menegakkan keadilan.
  • Keutuhan wilayah suatu negara menentukan berlangsung tidaknya pemerintahan suatu negara.
  • Sikap-sikap yang harus dimiliki oleh bangsa Indonesia untuk melindungi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, antara lain:
    = Menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan, dan keselamatan negara di atas pribadi dan golongan.
    = Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.
    = Sanggup dan rela bekorban untuk kepentingan bangsa dan negara.
    = Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.
    = Mengembangkan rasa bangga berbangsa dan bertanah air Indonesia.
    = Mengurangi ketegangan dalam segala hal pada negara asing.
    = Meningkatkan kesadaran rakyat akan pentingnya menjaga keutuhan wilayah negara.
  • Upaya-upaya dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    = Keikutsertaan rakyat demi menjaga keutuhan NKRI dapat dilakukan melalui bela negara, baik secara fisik maupun nonfisik.
    = Partisipasi dalam menjaga keutuhan NKRI dapat dimulai dari: Lingkungan keluarga, Lingkungan sekolah, Lingkungan masyarakat.

Bab 2 Peraturan Perundang-Undangan

  • Peraturan adalah ketentuan yang harus dilakukan atau tidak boleh dilakukan.
  • Ditinjau dari tingkatannya, ada dua tingkat peraturan yaitu peraturan perundangan tingkat pusat dan peratuan daerah.
  • Sumber hukum peraturan perundang-undangan adalah: Undang-undang, Kebiasaan (hukum tidak tertulis), Yurisprudensi, Traktat, Doktrin.
  • Tata urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2004.
  • Tata urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia terdiri dari:
    = Undang-Undang Dasar Republik Undonesia Tahun 1945
    = Undang-undang/peraturan pemerintah pengganti undang-undang
    = Peraturan pemerintah
    = Peraturan presiden
    = Peraturan daerah
  • Peraturan pusat adalah peraturan yang dibuat oleh pemerintah pusat.
  • Contoh peraturan pusat di antaranya adalah undang-undang korupsi, undang-undang hak asasi manusia, undang-undang perpajakan, undang-undang lalu lintas, dan sebagainya.
  • Peraturan daerah adalah peraturan yang dibuat oleh pemerintah daerah.
  • Contoh dari peraturan daerah adalah:
    = Perda Kota Bandung No. 03 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan.
    = Perda No. 2 tahun 2001 tentang Program Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur 2001 – 2005 dan sebagainya.
  • Pentingnya peraturan perundang-undangan nasional bagi warga negara adalah:
    = Memberikan kepastian hukum bagi warga negara.
    = Melindungi dan mengayomi hak-hak warga negara.
    = Memberikan rasa keadilan bagi warga negara.
    = Menciptakan ketertiban dan ketenteraman.

Rangkuman materi pelajaran PKn kelas 5 SD/MI Semester 2

Bab 3 Kebebasan Berorganisasi

  • Organisasi merupakan suatu perkumpulan yang anggotanya terdiri atas beberapa orang yang bekerja sama dalam upaya mencapai tujuan bersama.
  • Tujuan dibentuknya organisasi adalah agar suatu kegiatan berjalan lancar dan dapat mencapai tujuan.
  • Organisasi ada di lingkungan sekolah dan masyarakat.
  • Macam-macam organisasi sekolah: OSIS, Komite Sekolah, Pramuka, PMR, UKS, Koperasi Sekolah
  • Macam-macam organisasi masyarakat
    = RT 5, Karang taruna, RW, Desa/kelurahan, BPD, Dewan kelurahan, PKK, Posyandu
  • Manfaat berorganisasi:
    = Melatih tanggung jawab.
    = Belajar rela berkorban.
    = Melatih bekerja keras.
    = Dapat lebih maju dalam bidang tertentu.
    = Dapat belajar menjadi warga negara yang baik.
    = Dapat mengembangkan potensi kepemimpinan.
  • Kebebasan berorganisasi berarti hak asasi seseorang untuk memilih atau bergabung dengan suatu organisasi sesuai dengan hati nuraninya.
  • Kebebasan berorganisasi di Indonesia diatur oleh undang-undang yang bersirat dalam Pancasila dan tercantum dalam UUD 1945 Pasal 28 E Ayat (3).

Bab 4 Keputusan Bersama

  • Keputusan bersama adalah keputusan yang diambil dengan melibatkan banyak orang dan untuk kepentingan bersama.
  • Bentuk-bentuk keputusan adalah:
    = Keputusan tertulis.
    = Keputusan lisan.
  • Musyawarah adalah salat satu cara untuk menyelesaikan bersama suatu persoalan dengan maksud untuk mencapai kata mufakat.
  • Votting adalah pengambilan keputusan bersama melalui pemungutan suara.
  • Menerima keputusan bersama harus dengan rasa ikhlas, bertanggung jawab, dan lapang dada.
  • Pelaksanaan hasil keputusan bersama dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
  • Hambatan-hambatan dalam mematuhi keputusan bersama dapat berasal dari dalam ataupun dari luar pribadi pengambil keputusan.

Daftar Istilah

  1. Amandemen adalah usul, perubahan rancangan undang-undang yang dibicarakan dalam DPR
  2. Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara dalam menjaga kelangsungan hidup negaranya
  3. Berdaulat adalah mempunyai kekuasaan tertinggi atas suatu pemerintahan negara/daerah
  4. Berserikat adalah bersatu
  5. Bilateral adalah kerja sama yang dilakukan oleh dua pihak saja
  6. De facto : menurut kenyataan yang sesungguhnya (pengakuan atas suatu pemerintahan) menurut hakikatnya
  7. De jure adalah berdasarkan hukum (pengakuan atas suatu pemerintahan)
  8. Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat
  9. Fraksi adalah bagian kecil, pecahan, kelompok dalam DPR yag terdiri atas partai-partai politik dalam pemilu
  10. Elemen negara adalah unsur negara
  11. Grasi adalah ampunan yang diberikan oleh kepala negara kepada orang yang telah dijatuhi hukuman
  12. Inovator adalah gagasan atau metode yang menyangkut hal-hal baru
  13. Kemajemukan adalah terjadi dari beberapa bagian yang merupakan kesatuan
  14. Musyawarah adalah cara menyelesaikan masalah secara demokratis demi kepentingan bersama
  15. Mahkamah adalah badan tempat memutuskan hukum atas suatu perkara, pelanggaran, dan pengadilan
  16. Negara adalah organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat
  17. Organisasi adalah kesatuan/kelompok yang terdiri atas bagian-bagian di dalam suatu perkumpulan dan sebagainya untuk mencapai tujuan bersama
  18. Perda adalah pemerintahan daerah
  19. Piagam adalah surat resmi yang berisi pernyataan atau peneguhan mengenai suatu hal
  20. Pluralistik adalah banyak macam atau terdiri dari berbagai macam hal
  21. Proklamasi adalah pemberitahuan resmi kepada semuruh rakyat/pengumuman Kemerdekaan Negara Republik Indonesia 17 Agustus 1945
  22. Repelita adalah rencana pembangunan lima tahun
  23. Sanksi adalah hukuman yang diberikan kepada seseorang yang telah melanggar aturan
  24. Supremasi adalah kekuasaan tertinggi dalam suatu negara
  25. Stabilisator adalah sesuatu yang membuat stabil
  26. Vooting adalah pemungutan suara terbanyak

Rangkuman Materi Pelajaran IPS

Bab 1 Mengenal Peninggalan Sejarah Masa Hindu, Buddha, dan Islam

  • Sejarah merupakan kisah atau cerita yang mengupas peristiwa kehidupan manusia pada masa lampau.
  • Sumber sejarah dapat berupa lisan, tulisan, dan benda.
  • Peninggalan sejarah pada masa Hindu-Budha berupa hal-hal berikut.
    = Bangunan yang terdiri atas candi dan prasasti. Misalnya, Candi Borobudur dan Prasasti Yupa.
    = Kitab dan karya sastra seperti Nagarakarta gama karya Mpu Prapanca yang menceritakan kerajaan Majapahit dan Singhasari.
    = Adat istiadat dan budaya. Misalnya, upacara ngaben di Bali.
  • Peninggalan sejarah pada masa Islam dikelompokkan menjadi tiga kelompok berikut.
    = Bangunan yang terdiri dari masjid dan istana. Misalnya, Masjid Baiturrahman di Aceh dan Istana Maemun.
    = Karya sastra dan seni seperti syair, suluk, dan hikayat.
    = Adat istiadat dan budaya seperti budaya Dhug Dher di Semarang.
  • Pada masa Hindu-Buddha dan Islam, ada beberapa tokoh yang berpengaruh. Misalnya, Raja Sanjaya, Ken Arok, Sultan Hasanuddin, dan Raden Patah.

Bab 2 Karagaman Kenampakan Alam dan Buatan di Indonesia

  • Secara astronomis, Indonesia terletak di antara 60 LU–110 LS dan 950 BT–1410 BT.
  • Secara geografis, Indonesia terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta di antara Benua Australia dan Benua Asia.
  • Beradasarkan letak garis bujur, wilayah Indonesia memiliki tiga daerah waktu, yaitu sebagai berikut.
    = Waktu Indonesia Barat (WIB) meliputi Sumatra, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah. Selisih waktu di wilayah-wilayah ini 7 jam lebih awal dari Greenwich.
    = Waktu Indonesia Tengah (WITA) meliputi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur. Selisih waktu di wilayah-wilayah ini 8 jam lebih awal dari waktu Greenwich.
    = Waktu Indonesia Timur (WIT) meliputi Irian Jaya dan Maluku. Selisih waktunya 9 jam lebih awal dari Greenwich.
  • Flora di Indonesia dikelompokan menjadi beberapa kelompok, yaitu:
    = hutan musim terdapat di daerah yang memiliki musim kemarau yang panjang seperti Jawa Tengah, Jawa Timur dan Nusa Tenggara;
    = hutan hujan tropis terletak di sekitar garis khatulistiwa seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua;
    = sabana, yaitu padang rumput yang luas diselingi pepohonan, seperti sabana daerah Nusa Tenggara;
    = stepa merupakan padang rumput yang sangat luas yang biasa dimanfaatkan sebagai area perternakan, misalnya stepa di Nusa Tenggara Timur; dan
    = hutan bakau (mangrove) yaitu bakau tumbuh di daerah pantai, hutan bakau di pantai Jawa, Papua, dan Sumatra bagian timur.
  • Fauna di Indonesia dikelompokan menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut.
    = Fauna tipe asiatis seperti gajah, harimau, orang utan, dan badak.
    = Fauna tipe peralihan seperti komodo, babi rusa, anoa, biawak, koala, dan burung maleo.
    = Fauna tipe australis, misalnya kangguru, cendrawasih, kasuari, kakatua, kuskus, dan nuri.
  • Kenampakan alam dapat dibedakan menjadi dua.
    = Kenampakan alam alami, yaitu kenampakan alam yang terbentuk dengan sendirinya. Misalnya, gunung, pegunungan, danau, laut, pantai, dan sungai.
    = Kenampakan alam buatan, yaitu kenampakan alam yang sengaja dibentuk oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Misalnya, perkebunan, kawasan industri, dan bendungan.

Bab 3 Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia

  • Ada dua faktor yang menyebabkan perbedaan suku bangsa di Indonesia yaitu lingkungan geografis dan induk suku bangsa.
  • Bentuk-bentuk kebudayaan daerah antara lain rumah adat, lagu daerah, tari daerah, alat musik, senjata tradisional, dan upacara adat.
  • Manfaat keragaman budaya Indonesia yaitu:
    = mempererat tali persaudaraan,
    = menjadi aset wisata yang dapat menghasilkan pendapatan bagi negara, dan
    = memperkaya kebudayaan nasional.
  • Menghormati budaya daerah lain dapat diwujudkan melalui beberapa sikap berikut.
    = Tidak menonjolkan budaya daerah sendiri.
    = Tidak menjelek-jelekan budaya daerah lain.
    = Mau menonton pertunjukan budaya daerah lain.
    = Mau mempelajari budaya daerah lain.
    = Bersikap positif terhadap budaya daerah lain.

Bab 4 Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia

  • Jenis-jenis usaha perekonomian yaitu: industri, agraris,. ekstra
  • Jenis-jenis kegiatan ekonomi yaitu: produksi, distribusi, dan konsumsi
  • Jenis-jenis pengelolaan usaha yaitu sebagai berikut.
    = Usaha yang dikelola perseorangan.
    = Usaha yang dikelola kelompok : CV, Firma, PT, Yayasan, Koperasi.
  • Jenis-jenis badan usaha yaitu sebagai berikut.
    = BUMN, yaitu badan ekonomi yang dimiliki oleh negara.
    = BUMS, yaitu badan usaha yang sebagian besar atau seluruh modalnya dimiliki oleh swasta.
    = BUMD, yaitu badan usaha yang dimiliki oleh pemerintah daerah.

Rangkuman Materi Pelajaran IPS kelas 5 SD/MI Semester 2

Bab 5 Perjuangan pada Masa Penjajahan Belanda dan Jepang

  • Belanda pertama kali masuk Indonesia pada 1596 di bawah pimpinan Cornelis de Houtman. Mereka sampai di Banten yang saat itu merupakan pelabuhan lada utama di Jawa Barat.
  • Untuk menghindari persaingan antara para pedagang Belanda, pemerintah Belanda membentuk persekutuan atau kongsi dagang yang diberi nama Vereenigde Ooost Indische Compagnie (VOC) pada 20 Maret 1602.
  • Jan Pieterzoon Coen merupakan Gubernur Jendral VOC pertama di Indonesia. Jan Pieterzoon Coen berhasil menyerang dan merebut Jayakarta dari Pangeran Wijayakrama dan mengganti nama Jayakarta menjadi Batavia.
  • Deandels memberlakukan kerja paksa, yang dinamakan rodi, untuk membangun jalan dari Anyer sampai Panarukan yang panjangnya ± 1.100 km. Ribuan rakyat Indonesia dipaksa bekerja tanpa henti dan tanpa makanan yang cukup untuk membangun jalan ini. Akibatnya, banyak rakyat Indonesia yang meninggal dalam kerja paksa ini.
  • Thomas Stamford Raffles ditunjuk sebagai gubernur jendral yang mewakili pemerintah Inggris di Nusantara. Raffles memberlakukan kebijakan wajib kerja untuk menanam tanaman yang laku di pasaran dunia seperti kopi dan kayu jati.
  • Pada masa pemerintahannya, Van den Bosch memberlakukan sistem tanam paksa atau Cultuur Stelsel.
  • Beberapa tokoh yang memimpin perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah antara lain Pattimura, Tuanku Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro, pangeran Antasari, Sisingamangaraja XII, dan Teuku Umar.
  • Pada 7 Desember 1941, Jepang berhasil menyerang Pearl Harbour yang merupakan pangkalan perang Amerika Serikat di Pasifik.
  • Pada 8 Maret 1942 Belanda menyerah tanpa syarat pada Jepang. Penyerahan tersebut ditandai dengan ditandatanganinya perjanjian di Kalijati, Subang.
  • Untuk memikat hati rakyat Indonesia dan mau membantu Jepang dalam berperang, Jepang melakukan berbagai cara. Cara-cara tersebut antara lain sebagai berikut.
    = Jepang mengizinkan bendera merah putih berkibar.
    = Jepang mengizinkan lagu Indonesia raya dinyanyikan.
    = Jepang mengizinkan penggunaan Bahasa Indonesia.
  • Beberapa tokoh yang memimpin rakyatnya untuk berjuang melawan penjajah Jepang antara lain Teuku Abdul Jalil, Teuku Abdul Hamid, K.H. Zaenal Mustafa, dan Supriyadi.

Bab 6 Persiapan Kemerdekaan Indonesia

  • Sejak 1908, di Indonesia berdiri beberapa organisasi pergerakan. Organisasi-organisasi tersebut antara lain Budi Utomo, Syarikat Islam, Indische Partij, Indische Social Demokratische Vereeniging (ISDV), Perhimpunan Indonesia, Partai Nasional Indonesia, Partindo dan PNI baru, Partai Indonesia Raya, serta Gabungan Politik Indonesia (GAPI).
  • Salah satu peristiwa penting terjadi pada masa pergerakan ini, yaitu peristiwa Sumpah Pemuda.
  • Pada 1 Maret 1945 Pemerintah Jepang membentuk Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Dokuritsu Junbi Cosakai. BPUPKI bertugas mempelajari dan menyelidiki hal-hal penting menyangkut kehidupan politik dan ekonomi dalam upaya pembentukan Negara Indonesia merdeka.
  • Pengurus BPUPKI diangkat pada 29 April 1945. Dr. Radjiman Widyodiningrat dipilih sebagai ketua BPUPKI dan Raden Panji Suroso dipilih sebagai kepala sekretariat BPUPKI.
  • Sidang pertama BPUKPI dilaksanakan pada 29 Mei–1 Juni 1945. Sidang ini melakukan pembahasan mengenai dasar negara. Beberapa tokoh yang memberikan usul mengenai dasar negara adalah Mr. Muh. Yamin, Prof. DR. Mr. Supomo, dan Ir. sukarno.
  • Sidang Panitia Sembilan telah berhasil merumuskan rancangan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang di dalamnya termuat pula dasar negara Indonesia merdeka. Dokumen ini oleh Mr. Muh. Yamin diberi nama Piagam Jakarta atau Jakarta Charter.
  • Pada 7 Agustus 1945 dibentuklah Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) atau Dokuritsu Junbi Inkai. Tugas PPKI adalah mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kemerdekaan Indonesia.
  • Beberapa cara untuk mengenang dan menghargai jasa pahlawan antara lain sebagai berikut.
    = Meniru semangat juang para pahlawan dan mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.
    = Melakukan ziarah ke makam pahlawan dan mendoakan mereka.
    = Mengheningkan cipta untuk mengenang jasa pahlawan.
    = Menggunakan nama pahlawan untuk menamai jalan atau gedung.

Bab 7 Perjuangan Memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia

  • Pada 14 Agustus 1945, Presiden Amerika Serikat mengumumkan bahwa Jepang telah menyerah tanpa syarat kepada sekutu.
  • Berita kekalahan Jepang ini mendorong para pemuda untuk menghadap Ir. Soekarno dan meminta agar Ir. Sukarno segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 16 Agustus 1945.
  • Ir. Sukarno menolak usulan golongan muda dengan alasan beliau akan bermusyawarah dulu dengan anggota PPKI yang lain.
  • Pada 16 Agustus 1945, golongan muda membawa Ir. Sukarno dan Drs. Moh. Hatta ke Rengasdengklok, Karawang.
  • Pada 17 Agustus 1945 pukul 02.00, Ir. Sukarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Ahmad Subarjo membahas perumusan isi naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Rapat ini dilakukan di ruang makan rumah Laksamana Tadashi Maeda.
  • Naskah Proklamasi dibacakan oleh Ir. Soekarno dan didampingi oleh Drs. Moh. Hatta pada Jumat 17 Agustus 1945.
  • Dengan dikumandangkannya Proklamasi, sejak hari itu lahirlah sebuah negara baru, yaitu Republik Indonesia.

Bab 8 Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

  • Secara umum perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia ini dibagi menjadi dua cara, yaitu perjuangan secara fisik dengan mengangkat senjata dan perjuangan melalui jalur diplomasi atau perundingan.
  • Pada 29 September 1945, tentara Inggris mendarat di Jakarta di bawah pimpinan Sir Philip Christison, yaitu pimpinan AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indie) atau Pasukan Sekutu Hindia Belanda. Tujuan AFNEI yang datang atas nama sekutu ini adalah untuk melucuti senjata tentara Jepang.
  • Tentara Inggris yang datang ke Indonesia ini diboncengi oleh NICA (Netherlands Indies Civil Administration), yaitu pemerintahan sipil Belanda atas Indonesia.
  • Beberapa pertempuran untuk mempertahankan kemerdekaan yang terjadi di Indonesia antara lain pertempuran Surabaya, pertempuran Ambarawa, pertempuran Medan Area, dan peristiwa Bandung Lautan Api.
  • Beberapa perundingan yang dilakukan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia antara lain perundingan Linggajati, perjanjian Renville, perundingan Roem-Royen, dan Konferensi Meja Bundar.

Daftar istilah

  • adat istiadat adalah aturan yang sudang dilakukan sejak dahulu
  • agraris adalah mengenai pertanian atau tanah pertanian
  • candi adalah bangunan kuno yang dibuat dari batu
  • delegasi adalah orang yang diutus untuk menghadiri perundingan
  • diplomasi adalah urusan perhubungan resmi antara suatu negara dan negara lain
  • distribusi adalah penyaluran
  • ikrar adalah janji yang sungguh-sungguh; janji dengan sumpah
  • industri adalah kegiatan mengolah barang dengan mesin
  • kerajaan adalah pemerintahanyang dipimpin oleh seorang raja
  • kolonial adalah behubungan dengan cara menjajah
  • konsumsi adalah pemakaian barang atau jasa
  • layak adalah pantas; wajar
  • lokal adalah suatu tempat
  • maklumat adalah pemberitahuan; pengumuman
  • martabat adalah harga diri
  • mengenyam adalah memperoleh; mendapatkan
  • monopoli adalah hak tunggal untuk berusaha
  • pabrik adalah bangunan dengan perlengkapan mesin untuk mengolah barang
  • pajak adalah pungutan wajib biasanya berupa uang sebagai sumbangan kepada negara
  • pelopor adalah perintis
  • pemancar adalah alat untuk memancarkan (radio)
  • politik adalah segala urusan tentang pemerintahan suatu negara terhadap negara lain
  • pribumi adalah penduduk asli
  • produksi adalah pengolahan barang atau jasa
  • realisasi adalah perwujudan; proses menjadikan nyata
  • saran adalah pendapat atau usulan yang diberikan untuk dipertimbangkan
  • tradisional adalah sikap yang selalu berpegang teguh pada aturan dan kebiasaan yang ada secara turuntemurun
  • transportasi adalah pengangkutan barang oleh berbagai jenis kendaraan
  • upah adalah uang dan sebagainya yang dibayarkan sebagai pembalas jasa
  • variasi adalah bentuk yang lain

Rangkuman Materi Pelajaran SBK

Bab 1 Motif Hias

  • Motif hias adalah bentuk dasar darisuatu bidang atau ruang yang membentuk sesuatu yang indah
  • Motif hias yang terdapat pada suatu kain makna tersendiri, contohnya adalah motif tumbuhan. Beberapa tumbuhan di antaranya bunga cengkih, bungan melati, dan bunga tanjung yang melambangkan kesucian.
  • Bentuk apresiasi motif hias dapat dilakukan dengan cara mempelajari motif-motif hias yang ada di daerah kita.
  • Gambar dekoratif adalah gambar hiasan yang digunakan untuk menghias sesuatu sehingga terlihat indah dan menarik. Keindahan gambar dekoratif terletak pada komposisi. warna, garis, dan bentuk motifnya.

Bab 2 Ragam Lagu Daerah

  • Musik Ansambel adalah musik yang disajikan secara bersama-sama dengan menggunakan alat musik yang sejenis.
  • Musik Rakyat adalah musik daerah yang lahir masyarakat perdesaan serta hidup di tengah-tengah rakyat. Musik rakyat pada umumnya dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu rakyat yang tidak diketahui penciptanya.
  • Musik Tradisional klasik merupakan musik tradisional pilihan yang dikembangkan di pusat pemerintah kerajaan. Contoh musik tradisional klasik dapat ditemukan gamelan jawa, sunda, dan bali.
  • Musik daerah mempunyai fungsi sebagai sarana upacara adat, pengiring tari, iringan pertunjukan, dan sarana bermain.

Bab 3 Mari Menari

  • Gerak dalam menari dibagi menjadi gerak murni dan gerak bermakna. Gerak murni adalah gerak yang mengandung unsur keindahan, tidak memiliki makna, berfungsi menambah keindahan sebuah tarian.
  • Gerak bermakna adalah gerakan yang mengandung arti. Melalui gerakan itu, penari dapat menyampaikan maksud yang terkandung dalam tarian. Contoh gerak tari bermakna misalnya gerakan berhias, mencangkul, dan menimang bayi.
  • Masing-masing tari daerah mempunyai keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari. Gerak tari dari setiap daerah berbeda-beda.
  • Properti adalah perlengkapan dan alat-alat yang dipakai untuk kegiatan menari.

Bab 4 Mari Berkarya

  • Meronce adalah teknik membuat benda pakai atau benda hias dari manik-manik, biji-bijian, atau bahan lain yang dapat dilubangi dengan alat tusuk sehingga dapat dipakai. Benda pakai yang dibuat dengan meronce antara lain : kalung, gelang, tirai pada jendela rumah, dan lain-lain.
  • Berikut ini adalah contoh benda pakai atau benda hias dengan teknik meronce.
    = a. Roncean dari bunga biji-bijian atau manik-manik digunakan sebagai perhiasan atau aksesoris lainnya.
    = b. Ronce dari bunga melati digunakan untuk perlengkapan aksesoris pengantin.
    = c. Roncean dari kertas berwarna-warni digunakan sebagai hiasan pada jendela rumah.
    = d. Roncean dari cangkang kerang digunakan sebagai tirai pada pintu atau jendela.
  • Salah satu permainan yang digerakkan dengan tali misalnya layang-layang, gangsing, yoyo, dan pancingan.

Bab 5 Seni Rupa

  • Motif hias adalah susunan pola hias yang menggunakan motif hias berdasarkan kaidah-kaidah tertentu pada suatu bidang sehingga menghasilkan bentuk-bentuk yang indah. Keanekaragaman motif hias disebut juga ragam hias.
  • Sikap apresiatif terhadap karya seni rupa adalah kemampuan untuk menikmati dan menghargai karya seni rupa melalui kegiatan pendalaman, penghayatan, dan pengalaman berkarya.
  • Topeng adalah penutup muka dari kayu, kertas, atau bahan lainnya yang menyerupai muka orang atau binatang.
  • Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum pelaksanaan pameran sebagai berikut.
    = a. Membentuk panitia
    = b. Memilih hasil karya yang akan dipamerkan
    = c. Menyiapkan lokasi pameran.
    = d. Menyiapkan dekorasi
    = e. Pelaksanaan pameran

Bab 6 Bermain Musik

  • Bermain musik ansembel gabungan adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggabungkan beberapa alat musik.
  • Beberapa contoh alat musik tradisional adalah talempong, kenong, gender, bonang, dan gendang. Alat musik modern misalnya biola, terompet, dan gitar.
  • Jenis lagu wajib indonesia diantaranya lagu : indonesia raya dan Indonesia Pusaka.
  • Pertunjukkan adalah menampilkan karya musik yang dirancang untuk dinikmati oleh orang lain.
  • Dalam pertunjukkan musik hendaknya dapat memilih tempat yang memadai, mudah dilihat dan dinikmati oleh orang lain.

Bab 7 Seni Tari Nusantara

  • Aneka tarian tarian tradisional nusantara daerah lain terdapat hal-hal yang sangat unik. Keunikkannya tersebut dapat dilihat melalui gerak, tata busana dan perlengkapan.
  • Fungsi busana tari adalah sebagai berikut.
    = a. Membedakan masing-masing peran atau tokoh
    = b. Membantu menghidupkan watak penari
    = c. memberi fasilitas dan membantu gerak (tidak menggunakan selendang atau panah)
    = d. menambah keindahan penampilan dan kesopanan penari
  • Pergelaran adalah mempertunjukkan karya seni (musik dan tari kepada masyarakat agar mendapat tanggapan dan penilaian )
  • Setelah pementasan tari selesai, tahap yang terakhir adalah evaluasi, pada tahap ini, akan dibahas tentang kekurangan maupun kelebihan saat pementasan. Tahap ini merupakan bentuk perbaikan yang berguna bagi pelaksanaan berikutnya. Dalam tahap ini diadakan pula pembubaran panitia. Sebelum panitia dibubarkan setiap seksi mempertanggungjawabkan pekerjaannya masing-masing.

Bab 8 Mari Berkarya tahap 2

  • Benda-benda yang dibuat dengan teknik makrame berguna sebagai benda hias atau benda pakai.
  • Beberapa contoh hasil kerajinan dengan teknik makrame antara lain : gantungan peluit, tas gantung, dan tambang plastik, dan gelang tangan dari benang.
  • Bahan buatan pabrik adalah bahan tali yang berasal dari serat sintesis. Jenis bahan tali buatan pabrik ada tiga macam:
    = a. Tali nilon yang bersifsat agak kaku, bewarna mengkilat, warnanya putih kekuning-kuningan, dan memiliki tekstur yang halus.
    = b. Tali metalik, merupakan campuran antara metal dan rayon, memiliki penampilan sangat menarik karena warna cerah dan mengkilat.
    = c. Tali polyester, bewarna terang, teksturnya lembut, dan halus serta mengkilat
  • Contoh mainan yang digerakkan dengan tali adalah wayang dan boneka kertas.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *