Proyek Simangkuk-Sarulla Siap Tahun Ini, Sumut Semakin Terang

PLNĀ Unit Induk Pembangunan (UIP) Sumbagut mengadakan Media Gathering yang dihadiri oleh wartawan IWO dan Forwalis. Acara yang diadakan di Aula rapat Lantai II kantor PLN UIP Sumbagut ini memaparkan berbagai proyek yang sedang dan akan dikerjakan oleh PLN. Salah satunya adalah pembangunan jaringan Simangkuk-Sarulla yang akan siap tahun ini.

GM PLNĀ Unit Induk Pembangunan (UIP) Sumbagut, Octavianus Padudung mengatakan “Pembangunan jaringan Simangkuk-Sarulla akan selesai di semester I ini Tahun 2019”. Katanya kepada wartawan IWO dan Forwalis, Senin (27/05).

Senior Manager Pertanahan dan Komunikasi UIP Sumbagut, Agus Johari dengan beberapa manager lainnya juga mengatakan, “jika cuaca dalam kondisi stabil, pembangunan dipastikan akan selesai di Semester I Tahun 2019 ini,” tambahnya.

Adapun proyek semester berikutnya yang akan dikerjakan oleh PLN yaitu proyek Gitet 275 kV, seperti Galang-Simangkuk, Medan Barat-Pangkalan Susu-Arun, Arun-Sigli, Sigli-Ulee Kareng, Sarulla-Rantau Prapat, masih dalan tahap perencanaan, proses CODnya melalui Pak Binara sebagai Manager. Ini akan dilakukan pengerjaannya pada tahun 2021/2022 nanti.

Octavianus juga mengatakan saat ini pihaknya tengah fokus untuk menyelesaikan pekerjaan Simangkuk-Sarulla, karena energi murah yang ada di Lahat seperti PLTA maupun PLTU itu bisa ditransferkan ke Sumatera Utara dan begitu sebaliknya ketika terjadi defisit kita bisa mentransferkan kesana. “Jadi itulah guna interkoneksi atau beck bone tersebut,” ujarnya.

Itu dikawasan lahat banyak dibangun pembangkit tenaga air yang biaya produksi jauh lebih murah dibandingkan yang lain” selain itu juga juga dibangun PLTU multi tambang jadi tidak ada biaya tranportasinya, karena hampir setiap pertambangan dibangun PLTU menjadikan energi yang dibangkitkan lebih murah.

Dan semua itu akan disalurkan melalui Klirian Jao, Payakumbuh, Padangsidempuan, Sidempuan-Sarulla. Disini jika Sarulla-Simangkuk selesai maka dari Lahat ke Pangkalan Susu akan tersambung secara langsung.

Dalam pertemuan dengan awak media, Padudung melanjutkan acara berbuka puasa bersama pegawai UIP Sumbagut sekaligus memberikan santunan kepada anak yatim dan fakir miskin yang berdomisili diKantor UIP Sumbagut. (Wen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *