Pengertian PTK, Tujuan, Manfaat dan Karakterisik dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

PTK atau Penelitian Tindakan Kelas berasal dari bahasa inggris, yaitu Classrom Action Research, yang berarti penelitian dengan melakukan tindakan yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya, untuk mengetahui akibat dari tindakan yang diterapkan pada suatu objek penelitian dikelas tersebut. Pertama kali penelitian tindakan kelas diperkenalkan oleh Kurt Lewin pada tahun 1946, yang selanjutnya dikembangkan oleh Stephen Kemmis, Robin Mc, Taggart, John Elliot, Dave Ebbutt dan lainnya.

Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian praktik yang dimaksud untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. PTK dapat diartikan sebagai proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas.

Pengertian PTK Menurut Para Ahli

Berikut pengertian tentang Penelitian Tindakan Kelas atau PTK menurut para ahli:

1. David Hopkins (2010)

PTK adalah sebuah bentuk kegiatan refleksi diri yang dilakukan oleh para pelaku pendidikan dalam suatu situasi kependidikan untuk memperbaiki rasionalitas dan keadilan tentang:

  • Praktik – praktik kependidikan
  • Pemahaman tentang praktik tersebut
  • Situasi dimana praktik tersebut dilaksanakan

2. Jonh Elliot

Penelitian tindakan kelas merupakan kajian tentang situasi sosial dengan maksud untuk meningkatkan kualitas tindakan didalamnya.

3. Igak Wardani

Penelitian tindakan kelas merupan tindakan yang dilakuan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, yang bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki kinerja sebagai guru, sehingga diharapkan tujuan tindakan kelas dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

4. Sulipan, M.pd

Penelitian tindakan kelas atau PTK adalah suatu jenis penilaian yang dilakukan oleh seorang peneliti di dalam kelas, guna mengetahui berbagai faktor tindakan yang dilakukan akibat metode dalam pendidikan.

5. Kunandar (2008)

Penelitian tindakan kelas adalah sustu jenis kegiatan yang dilakukan oleh guru yang berguna untuk meningkatkan mutu pendidikan di dalam kelas .

6. Rustam dan Mundilarto (2004)

Menurut pendapat mereka penelitian tindakan kelas merupakan sebuah penelitian yang dilakukan oleh pendidik atau guru di kelasnya sendiri dengan jalan yang merancang, melaksanakan dan mereflesikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif, dangan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai tenaga pendidik, sehingga hasil belajar peserta didiknya dapat meningkat.

7. Rochman Nata Wijaya (1977)

PTK adalah pengkajian terhadap permasalahan praktis yang bersifat situasional dan kontekstual, yang ditujukan untuk menentukan tindakan yang tepat dalam rangka pemecahan masalah yang dihadapi atau memperbaiki sesuatu.

8. Suyanto

PTK adalah suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif denagn melakukan tindakan – tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik – praktik pembelajaran di dalam kelas secara profesional.

9. Suhardjono

Penelitian tindakan kelas sebagai tindakan yang dilakukan di ruangan kelas dengan tujuan memperbaiki mutu proses atau praktik pembelajaran.

10. Kemmis dan Mc. Taggart (1988)

Penelitian tindakan kelas ialah suatu bentuk refleksi diri kolektif yang dilakukan oleh peserta – pesertanya dalam situasi sosial untuk meningkatkan penalaran dan keadilan praktik – praktik itu dan terhadap situasi tempat dilakukannya.

Tujuan PTK Menurut Para Ahli

Tujuan PTK yaitu memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran juga membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah atu tempat pendidikan lain. Adapun beberapa tujuan menurut para ahli yaitu sebagai beriku:

1. Menurut Suhadjono (2007)

  • Meningkatkan mutu isi, masukan, proses, serta hasil pendidikan dan pembelajaran disekolah.
  • Meningkatkan sikaf profesional pendidikan dan tenaga kependidikan.
  • Membantu guru dan tenaga pengajar lainnya mengatasi masalah pembelajaran dan pendidikan di dalam kelas.
  • Menumbuh kembangkan budaya akadamemik dilingkungan sekolah sehingga tercipta sikaf proaktif di dalam melakukan perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran secara berkelanjutan.

2. Bahri (2012)

Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki praktik dalam pembelajaran agar menjadi lebih berkualitas dalam prosesnya agar hasil belajar pun dapat meningkat. Secara lebih luasnya bertujuan untuk meningkatkan pelayanan pendidikan disekolah dan masyarakat.

3. Sanjaya (2010)

Menurut Sanjaya tujuan utama PTK adalah peningkatan kualitas proses belajar dan kualitas hasil belajar, dimana peningkatan itu dilakukan secara peraktis, yang artinya pelaksanan nya kadang tidak memperhatikan kaidah ilmiah tetapi lebih kepada sitiasi dan kondisi yang secaranya terjadi di lapangan.

4. Asikin (2009)

  • Untuk memperbaiki dan meningkatkan kulitas pembelajaran.
  • Untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan profesional pendidikan.
  • Menangani proses belajar mengajar di kelas.
  • Pengembangan keterampilan proses pembelajaran guru didalam kelas.
  • Sebagai proses latihan dalam jabatan dan layanan pembelajaran yang akurat.

5. Suyanto

Tujuan utama PTK adalah meningkatkan dan/atau memperbaiki praktik pembelajaran di sekolah, meningkatkan relevansi pendidikan, meningkatkan mutu pendidikan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan.

Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa tujuan umum dari penelitian tindakan kelas, adalah untuk memecahkan permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran di kelas sehingga tercipta perbaikan dan peningkatan mutu dan kualitas pembelajaran.

Manfaat PTK

Manfaat PTK bagi guru:

  • Memperbaiki kualitas pembelajaran.
  • Meningkatkan profesionalisme.
  • Meningkatkan rasa percaya diri.
  • Melalui PTK, para pengajar mendapat kesempatan untuk berperan aktif meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, wawasan dan keterampilannya.
  • Mendorong para guru melakukan refleksi terhadap praktik pembelajarannya dan mengembangkan hubungan – hubungan personal dan sosial antar guru.

Manfaat PTK bagi siswa:

  • Peningkatan atau perbaikan kinerja siswa di sekolah.
  • Peningkatan atau perbaikan masalah – masalah pendidikan anak di sekolah .
  • Peningkatan kualitas dalam penerapan kurikulum dan pengembangan kompetensi siswa di sekolah.
  • Memupuk dan meningkatkan keterlibatan, kegairahan, ketertarikan, kenyamanan dalam diri siswa untuk mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Di samping itu, hasil belajar siswa pun dapat meningkat.
  • Memberi bekal kecakapan berpikir ilmiah melalui keterlibatan siswa dalam kegiatan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru.

Manfaat PTK bagi sekolah:

  • Meningkatkan mutu isi, masukan, proses, dan hasil pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
  • Meningkatkan sikap profesional pendidik dan tenaga kependidikan.
  • Memberi nilai tambah yang positif bagi sekolah.
  • Menjadi alat evaluator dari program dan kebijakan pengelolaan sekolah yang sudah berjalan.
  • Menumbuh – kembangkan budaya ilmiah di lingkungan sekolah, untuk proaktif dalam melakukan perbaikan mutu pendidikan secara berkelanjutan.
  • Membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam mengatasi masalah pembelajaran dan pendidikan di dalam dan di luar kelas.

Karakterisik dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

PTK berbeda dengan penelitian formal, pada umumnya PTK memilik karakteristik sebagai berikut:

  1. Fokus penelitian tindakan yang praktis, Tujuan dari PTK adalah untuk menangani suatu problematika actual pada perbaikan pendidikan. Dengan demikian, para peneliti PTK mengkaji isu – isu praktis yang akan menghasilkan keuntungan bagi pendidikan. Para Peneliti Tindakan Kelas tidak melaksanakan bentuk penelitian ini untuk memajukan pengetahuan untuk kepentingan ilmu pengetahuan akan tetapi untuk memecahkan suatu problem tersebut sifatnya terapan.
  2. PTK terikat siklus – siklus seperti perencanaan, pemberian, tindakan, pengamatan, dan refleksi sebagai prosedur baku penelitian.
  3. PTK harus berlangsung dalam jangka waktu tertentu secara kontinyu untuk memperoleh data yang diperlukan.
  4. Hasilnya tidak untuk digeneraliasi meskipun mungkin diterapkan oleh orang lain dan di tempat lain yang konteknya mirip.
  5. PTK memandang pembelajaran menurut sudut pandang orang dalam yang tidak berjarak dengan hal yang diteliti, bukan menurut sudut pandang orang luar yang berjarak dengan hal yang diteliti.
  6. Pelaksanaan PTK tidak perlu di manipulasi dan atau direkayasa demi kebutuhan, kepentingan, dan tercapainya tujuan penelitian.
  7. PTK menggarap kasus – kasus spesifik atau tertentu dalam pembelajaran yang sifatnya nyata dan terjangkau oleh guru tidak menggarap masalah – masalah besar.
  8. Bermaksud mengubah kenyataan, keadaan dan situasi pembelajaran menjadi lebih baik dan memenuhi harapan, bukan bermaksud membangun teori dan menguji hipotesis. Sehingga membantu pendidik untuk menjadi lebih sabar terhadap masalah – masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru dari siswa dikelas.
  9. Masalah penelitian dianggap dari peristiwa yang mengganggu peneliti dalam pembelajaran sehari – hari, misalnya strategi pembelajaran.
  10. Dalam pelaksanaan PTK selalu terjadi kerja sama atau kerja bersama antara peneliti dan pihak lain demi ke absahan dan tercapainya tujuan penelitian.

Demikian penjelasan mengenai pengertian PTK, tujuan, manfaat dan karakterisik dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih