Pengertian PembelajaranPengertian Pembelajaran

Pembelajaran merupakan sebuah proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada lingkungan belajar, dimana hal ini meliputi guru dan siswa yang saling bertukar informasi. Dalam prosesnya pembelajaran juga diartikan sebagai tenaga didik yang membatu peserta didik untuk belajar dengan baik, dimana adanya perubahan tingkah laku pada siswa dan juga kemampuan-kemampuan baru.

Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian pembelajaran menurut beberapa ahli:

1. Menurut Dimyati dan Mudjiono

Pembelajaran merupakan kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar aktif, yang menekankan pada penyediaan sumber belajar.

2. Menurut Trianto

Pembelajaran merupakan aspek kegiatan manusia yang kompleks yang tidak sepenuhnya dapat dijelaskan. Pembelajaran secara simpel dapat diartikan sebagai produk interaksi berkelanjutan antara pengembangan dan pengalaman hidup.

3. Menurut Knowles

Pembelajaran adalah suatu cara pengorganisasian peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan.

4. Menurut Gagne

Pembelajaran adalah seperangkat peristiwa-peristiwa eksternal yang dirancang untuk mendukung beberapa proses belajar yang bersifat internal.

5. Menurut Munif Chatib

Pembelajaran merupakan proses tranfer ilmu dua arah, antara guru sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai penerima informasi.

6. Menurut Warsita

Pembelajaran merupakan suatau usaha untuk membuat peserta didik belajar atau suatu kegiatan untuk membelajarkan peserta didik.

7. Menurut Gagne dan Briggs

Pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal.

8. Menurut Achjar Chalil

Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

9. Menurut G.A Kimbleg

Pembelajaran adalah sebuah perubahan kekal secara relatif dalam keupayaan kelakukan akibat latihan yang diperkukuh.

10. Menurut Syaiful Sagala

Pembelajaran adalah membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar yang merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan. Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah. Mengajar dilakukan pihak guru sebagai pendidik, sedangkan belajar oleh peserta didik.

11. Menurut Corey

Pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seeorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku dalam kondisi khusus atau menghasilkan respon terhadap situasi tertentu.

12. Menurut Crow

Pembelajaran merupakan suatu proses pemerolehan tabiat, pengetahuan dan sikap.

13. Menurut Komalasari

Pembelajaran merupakan suatu sistem atau proses membelajarkan pembelajar yang direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi secara sistematis agar pembelajar dapat mencapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien.

14. Menurut Syah

Pembelajaran dapat diartikan sebagai sebuah upaya yang dilakukan seseorang agar orang lain belajar.

15. Menurut Sudjana

Pembelajaran merupakan upaya yang sistematik dan sengaja untuk menciptakan agar terjadi kegiatan interaksi edukatif antara dua pihak yaitu antara peserta didik sebagai warga belajar dan pendidik sebagai sumber belajar yang melakukan kegiatan membelajarkan.

16. Menurut Rahil Mahyuddin

Pembelajaran adalah perubahan tingkah laku yang melibatkan ketrampilan kognitif yaitu penguasaan ilmu dan perkembangan kemahiran intelek.

17. Menurut Arifin

Pembelajaran merupakan suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan sistemik yang bersifat interaktif dan komunikatif antara pendidik (guru) dengan siswa, sumber belajar, dan lingkungan untuk menciptakan suatu kondisi yang memungkinkan terjadinya tindakan belajar siswa.

18. Menurut Sanjaya

Pembelajaran merupakan suatu sistem yang kompleks yang keberhasilannya dapat dilihat dari dua aspek yaitu aspek produk dan aspek proses. Keberhasilan pembelajaran dilihat dari sisi produk adalah keberhasilan siswa mengenai hasil yang diperoleh dengan mengabaikan proses pembelajaran.

19. Menurut Slavin

Pembelajaran merupakan sebuah perubahan tingkah laku individu yang disebabkan oleh pengalaman.

Ciri – Ciri Pembelajaran

Ciri - Ciri Pembelajaran
Ciri – Ciri Pembelajaran

Berikut ini merupakan beberapa ciri dari pembelajaran:

  1. Memiliki tujuan. Tujuan dalamm pembelajaran berfungsi untuk membentuk para siswa dalam suatu perkembangan tertentu.
  2. Adanya suatu aktivitas siswa
  3. Adanya peran guru yang cermat dan juga tepat.
  4. Adanya pola aturan yang ditaati oleh guru dan siswa dalam proporsinya masing-masing.
  5. Terdapat mekanisme, prosedur, langkah-langkah, metode, dan teknik yang direncanakan dan didesain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  6. Fokus hanya pada materi ajar yang terarah dan terencana dengan baik.
  7. Tedapat limit waktu dalam mencapai tujuan pembelajaran.
  8. Evaluasi hasilnya, baik evaluasi dalam proses ataupun pada hasil akhirnya.

Manfaat Pembelajaran

Manfaat Pembelajaran
Manfaat Pembelajaran

Menurut Nana Syaodih Sukmadinata terdapat 4 (empat) manfaat dari pembelajaran, sebagai berikut:

  1. Memudahkan dalam mengkomunikasikan maksud kegiatan belajar mengajar kepada siswa, sehingga siswa dapat melakukan perbuatan belajarnya secara lebih mandiri,
  2. Memudahkan guru memilih dan menyusun bahan ajar,
  3. Membantu memudahkan guru menentukan kegiatan belajar dan media pembelajaran,
  4. Memudahkan guru mengadakan penilaian.

Jenis – Jenis Strategi Pembelajaran

Berikut ini beberapa jenis strategi dalam pembelajaran:

1. Strategi Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)

Jenis strategi ini merupakan strategi pembelajaran yang memiliki kadar konsentrasi yang tinggi, inilah alasan mengapa strategi ini paling sering digunakan dalam pembelajaran. Contoh strategi pembelajaran seperti: ceramah, pertanyaan dedaktik, pengajaran eksplisit dan latihan, dan juga demonstrasi.

2. Strategi Pembelajaran Tidak Langsung (Indirect Instruction)

Jenis strategi ini merupakan strategi pembelajaran yang banyak melibatkan siswa, pada strategi ini guru berperan sebagai penyelidik, penggambaran inferensi data, dan pembentuk hipotesis.

3. Strategi Pembelajaran Interaktif (Interactive Instruction)

Jenis strategi ini merupakan strategi pembelajaran yang lebih mengarah kepada bentuk diskusi dan berbagi informasi antara siswa.

4. Strategi Pembelajaran Melalui Pengalaman

Jenis strategi ini merupakan strategi pembelajaran yang memaknai sekuens infuktif dimana hal ini mengarah pada pusat siswa dan orientasinya pada suatu kegiatan.

5. Strategi Pembelajaran Mandiri

Jenis strategi ini merupakan strategi pembelajaran yang bertujuan untuk membangun adanya inisiatif individu, kemandirian, dan juga peningkatan kualitas diri.

Demikian artikel mengenai pengertian pembelajaran, ciri – ciri, manfaat dan jenis – jenis strategi pembelajaran. Semoga bermanfaat.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *