Pengertian Microsoft Word, Sejarah, Bagian – Bagian, Fungsi dan Manfaat Microsoft Word

Secara umum, pengertian Micorsoft Word adalah aplikasi pengolah kata (word processor) yang dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen, teks atau tulisan. Microsoft word mempunyai beragam fitur yang dapat membantu kebutuhan para penggunanya. selain masukan huruf dan angka, word juga mendukung penggunaan gambar, tabel, word art, penomoran halaman dan format keluaran file yang beragam mulai dar .txt sampai format pdf.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Pengertian Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang berfungsi untuk membuat, mengedit atau memformat data dalam bentuk dokumen teks atau tulisan yang hasilnya bisa disimpan dalam bentuk softcopy (file) ataupun hardcopy (hasil cetakan printer).

Sejarah Microsoft Word

Program Microsoft Word merupakan sebuah program pengolahan kata, sehingga micorsoft word menjadi salah satu software yang banyak digunakan untuk berbagai kepentingan yang terutama dalam membuat dokumen yang berhubungan dengan kata. Hal ini dapat disebabkan karena ada banyak fungsi yang dimiliki oleh Microsoft Word yang tidak dimiliki oleh bagian Microsoft Office yang lain sehingga pekerjaan akan lebih maksimal jika dilakukan dengan menggunakan program Microsoft Word ini.

Program ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1983, pada masa perkenalannya Microsoft Word ini merupakan program dikenal sebagai Multi Tool World dan digunakan untuk Xenix. Kemudian, setelah itu karena memiliki fungsi yang cukup menguntungkan, program Microsoft Word ini kemudian dikembangkan untuk sistem operasi yang lainnya. Secara resmi, Microsoft Word dapat digunakan dalam sistem operasi Windows pada Microsoft Office 2003 dan hingga saat ini terus berkembang. Dalam perjalanannya, Microsoft Word memiliki perubahan nama yaitu pada tahun 2013 yang berganti nama menjadi Word tapi hingga saat ini nama Microsoft Word terus melekat padanya.

Bagian – Bagian Microsoft Word

Berikut merupakan bagian-bagian yang ada di Microsoft Word, antara lain:

1. Quick Acces Toolbar

Kumpulan ikon yang terletak di bagian pojok kiri atas. Ini merupakan menu yang memudahkan pengguna untuk mengakses perintah yang sering digunakan seperti save, undo, redo dll.

2. Title Bar

Title bar merupakan bagian tengah atas dari lembar kerja Microsoft Word yang menampilkan judul dari file yang sedang kita kerjakan. Bagi file yang belum tersimpan biasanya akan menampilkan judul “Document”.

3. Page Status

Terletak di bagian bawah lembar kerja Microsoft Word dan biasanya berfungsi untuk menampilkan jumlah halaman, kata dan bahasa yang sedang digunakan.

4. Tab Menu

Tab menu merupakan kumpulan menu yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda untuk menyesuaikan pengaturan pada dokumen.

5. Ribbon Tool

Ribbon tools ini merupakan “isi” tab menu, kumpulan ikon yang mewakili berbagai fungsi dan perintah spesifik tertentu.

6. Scroll Bar

Bagian scroll bar ini terdapat ini bagian kiri dan bawah Microsoft Word dan berfungsi untuk menggeser lembar kerja secara horizontal dan vertical.

7. Zoom Menu

Zoom menu ini berada di bagian kiri bawah dan berperan untuk melakukan zooming (memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja MS Word).

8. Windows Menu

Windows Menu ini berisi 3 buah perintah yaitu minimize untuk membaca word ke latar belakang. Maximize/restore down untuk mengubah ukuran tampilan MS Word dan Close untuk menutup lembar kerja Microsoft Word.

Fungsi Microsoft Word

Berikut merupakan beberapa fungsi dari Microsoft Word yang akan memudahkan pekerjaan Anda, antara lain:

  1. Untuk membuat dokumen dengan cepat dan tepat.
  2. Untuk membuat dokumen yang dapat dicetak (print).
  3. Untuk membuat surat-menyurat dalam urusan resmi maupun tidak resmi.
  4. Untuk membuat dokumen yang lebih profesional dengan gaya penulisan yang beragam, seperti jenis font, warna, dan lain-lain.
  5. Untuk membuat keperluan tipografi penulisan.
  6. Untuk menyimpan dokumen dalam format tertentu dengan ukuran kecil.
  7. Membuat dokumen ilmiah dengan fitur References untuk mempermudah penulisan ilmiah.
  8. Terkoneksi dengan SkyDrive untuk menyimpan dokumen otomatis secara online.
  9. Dapat digunakan untuk membuat surat dengan tujuan pengirim yang berbeda dengan mudah.

Manfaat Microsoft Word

Berikut merupakan beberapa manfaat dari program Microsoft Word, antara lain:

  1. Memudahkan Pengguna untuk Mengolah Data berbentuk Kata
    Microsoft Word menjadi salah satu program pengolah data paling banyak dan mudah untuk ditemui. Bahkan, program satu ini dapat di-install baik di PC atau pun perangkat ponsel pintar. Tidak heran jika Anda akan lebih mudah dalam mengolah data atau menyimpan data yang mengandung kata-kata di mana saja. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi berbasis Microsoft Word yang sudah dikembangkan untuk pengguna Android mau pun iOS.
  2. Dapat Meminimalisir Kesalahan Penulisan
    Sebagai aplikasi pengolah kata, Microsoft Word ini dapat menghapus sebuah kata jika terjadi kekeliruan ataupun kesalahan lainnya. Hal ini tentu tidak berlaku dalam pembuatan dokumen melalui mesin tik. Maka dengan menggunakan Microsoft Word dapat meminimalisir kesalahan penulisan sebelum nantinya dicetak dalam bentuk hardcopy.
  3. Penggunaan Lebih Flexibel
    Selain lebih praktis, penggunaan MS Word juga dinilai lebih efisien bagi banyak orang. Tidak heran jika hampir 90% orang lebih suka menggunakan MS Word untuk mengolah data kata.
  4. Memiliki Panel Navigasi yang Mudah Digunakan
    Saat Anda mengarahkan kursor pada setiap panel navigasi yang ada di Microsoft Word, maka program tersebut akan secara otomatis menampilkan fungsi ikon tersebut. Maka dari itu Microsoft Word menjadi program pengolah data paling banyak digunakan karena sangat mudah untuk digunakan sehingga berbagai pekerjaan dapat selesai lebih cepat.

Kelebihan Microsoft Word

Berikut merupakan kelebihan dari Microsoft Word, diantaranya:

  1. Dapat menyimpan dokumen dengan berbagai format dan dapat dibuka kapan saja.
  2. Dokumen yang tersimpan relatif kecil sehingga tidak banyak memakan ruang penyimpanan.
  3. Ada banyak template yang tersedia dan bebas digunakan.
  4. Terdapat variasi gaya tulisan yang menarik.
  5. Terdapat ftur untuk memasukkan gambar.
  6. Terdapat pengaturan tulisan mengenai warna, ukuran, jarak, dan lain sebagainya.
  7. Adanya fitur find and replace yang bisa memudahkan dalam mencari kata.
  8. Memiliki fitur bullet and numbering yang bisa memudahkan dalam pembuatan poin penting di dalam dokumen.

Kekurangan Microsoft Word

Berikut merupakan kekurangan dari Microsoft Word, diantaranya:

  1. Ukuran dari penginstallan cukup besar yang bisa memakan ruang penyimpanan pada komputer.
  2. Program ini merupakan program aplikasi yang berbayar.
  3. Harus update program untuk mendapatkan fitur yang terbaru.
  4. Hanya bisa digunakan pada operasi system Windows saja.
  5. Terdapat perbedaan hasil jika melakukan save pada aplikasi lama, kemudian membukanya di Ms. Word baru.

Demikian pembahasan mengenai pengertian microsoft word, sejarah, bagian – bagian, fungsi dan manfaat microsoft word. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.