Pengertian Metode, Karakteristik, Macam – Macam dan Data yang Digunakan dalam Metode Penelitian

Secara etimologis, kata metode berasal dari bahasa Yunani “methodos” yang tersusun dari kata “meta” dan “hodos“. Meta berarti menuju, melalui, mengikuti, atau sesudah. Sedangkan hodos berarti jalan, cara, atau arah. Kata tersebut kemudian diserap dalam bahasa Inggris menjadi kata “method” yang berarti suatu bentuk prosedur tertentu untuk mencapai atau mendekati suatu tujuan, terutama cara yang sistematis.

Berdasarkan KBBI, pengertian metode adalah cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki; cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.

Secara umum, pengertian metode adalah cara atau prosedur yang dikakukan secara sistematis sebagai upaya ilmiah dalam mencapai suatu tujuan. Dengan adanya metode maka suatu kegiatan dapat dilakukan dengan akurat dan efisien.

Pengertian Metode Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian Metode menurut para ahli:

1. Almadk

Metode adalah suatu cara dengan menerapkan berbagai prinsip yang logis terhadap suatu penemuan dan penjelasan kebenaran.

2. Departemen Sosial RI

Metode adalah cara teratur yang digunakan dalam menjalankan suatu pekerjaan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

3. Drs.Agus M. Hardjana

Metode adalah cara yang telah dipikirkan secara matang yang dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah tertentu demi tercapainya sebuah tujuan.

4. Hamid Darmadi

Metode adalah suatu cara atau jalan yang harus dilalui dalam upaya untuk mencapai sebuah tujuan.

5. Hebert Bisno

Metode adalah teknik-teknik yang digeneralisasikan dengan baik agar dapat diterima dan digunakan secara sama dalam suatu disiplin, praktik, serta bidang-bidangnya.

6. Heri Rahyubi

Metode adalah suatu model cara yang bisa dilakukan dalam kegiatan belajar-mengajar untuk mencapai proses pembelajaran yang baik.

7. Macquarie

Metode adalah suatu cara dalam melakukan sesuatu terutama suatu hal yang berkaitan dengan rencana tertentu.

8. Max Siporin

Metode adalah suatu orientasi kegiatan yang secara khusus ditujukan sebagai persyaratan berbagai tugas serta tujuan yang nyata.

9. Pius Partanto & M. Dahlan Barry

Metode adalah cara yang teratur dan sistematis dalam melakukan suatu kegiatan.

10. Rosdy Ruslan

Metode adalah kegiatan ilmiah yang berhubungan dengan cara kerja dalam memahami suatu objek penelitian dalam upaya menemukan jawaban secara ilmiah dan keabsahannya dari sesuatu yang diteliti.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa Pengertian Metode adalah suatu cara atau proses sistematis yang digunakan untuk melakukan suatu kegiatan agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Metode memuat urutan langkah-langkah yang teratur sehingga dapat dijadikan sebagai acuan kegiatan sehingga proses mencapai tujuan menjadi lebih efisien. Adapun dalam upaya ilmiah, metode merupakan cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan.

Karakteristik Metode

Berikut merupakan karakteristik dari metode, antara lain:

  1. Metode merupakan suatu aktivitas yang mapan yang dipakai dalam melakukan kegiatan tertentu oleh suatu kelompok.
  2. Metode merupakan aktivitas yang rutin karena relatif mapan dan sudah terbiasa dilakukan oleh suatu kelompok.
  3. Suatu metode yang mapan dan rutin dilakukan akan menjadi tindakan yang logis atau proses sistematis untuk mencapai suatu tujuan dengan tingkat akurasi dan efisiensi yang baik.

Macam – Macam Metode

Berikut merupakan macam-macam metode, antara lain:

1. Metode Ilmiah

Secara singkat, metode ilmiah merupakan langkah-langkah yang ditempuh untuk memperoleh hasil ilmiah. Metode ilmiah ini adalah suatu cara sistematis yang digunakan para ilmuwan dalam memecahkan atau mencari jawaban atas masalah-masalah yang dihadapi dalam penelitian. Penelitian sendiri merupakan usaha untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan yang dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah.

2. Metode Ilmu Komputer

Ilmu Komputer adalah sebuah ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisis abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Berbeda dengan Teknik Informatika yang lebih menekankan pada sisi penerapannya, program studi Ilmu Komputer lebih fokus pada ‘sains’ dari bidang komputer itu sendiri. Dalam ilmu komuper, metode merupakan suatu bagian kode yang digunakan untuk melakukan suatu tugas.

3. Metode Pengajaran Musik

Metode dalam pengajaran musik ini berupa buku teks untuk membantu murid belajar memainkan alat musik. Metode pengajaran musik itu sendiri ialah cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan suatu pengajaran musik secara bertahap menurut urutan yang logis. Pengajaran musik dapat menggunakan metode seperti cramah, tanya jawab, demonstrasi, latihan, tugas dan sebagainya.

4. Metode Mengajar

Metode mengajar adalah teknik penyajian yang digunakan oleh guru untuk mengajar atau menyajikan bahan pelajaran kepada siswa di kelas agar pelajaran tersebut ditangkap, dipahami, dan digunakan oleh siswa dengan baik.

Data yang Digunakan dalam Metode Penelitian

Data meupakan sekumpulan informasi yang perlu diolah lebih lanjut untuk mendapatkan kunci yang bisa dijadikan untuk pengambilan keputusan dalam suatu permasalahan. Data menjadi sangat penting, sebab diperoleh dengan pengukuran terhadap objek yang diberi nilai. Data yang baik sebaiknya bersifat objektif dan data representatif. Adapun data yang digunakan dalam metode penelitan, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Berikut penjelasannya.

1. Data kualitatif

Data kualitatif merupakan jenis data yang penyajiannya tidak menggunakan angka, sebagai contoh penelitian berkaitan dnegan sikap konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh perbankan syariah “Berkah” sangat negative, layanan yang diberikan oleh BMT sungguh memuaskan, produk perbankan syariah yang digemari msyarakat DIY adalah tabungan wadiah dan lain sebagainya.

2. Data kuantitatif

Data kuantitatif biasanya disajikan dalam bentuk angka, grafik, dan umumnya menggunakan rumus statisika dalam perhitungannya. Misalkan, rata-rata jumlah pembiayaan yang dijalankan oleh Bank syariah sebesar 20%, penjualan buku “Pengantar Akutansi” dalam rata-rata bulan ini mencapai angka 25%, dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Metode, Pengertian Menurut Para Ahli, Karakteristik, Macam-Macam Metode, dan Data yang Digunakan dalam Metode Penelitian. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.