Pengertian Media SosialPengertian Media Sosial

Media sosial adalah sebuah media daring atau online dimana pengguna media sosial dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan juga menciptakan sesuatu dalam media sosial tersebut. Dalam media sosial pengguna juga dapat menciptakan situs web pribadinya, berkomunikasi dengan teman-teman untuk saling berbagi informasi atau sekadar bersilaturahmi. Singkatnya media sosial membuat semua orang dapat memiliki medianya sendiri.

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian media sosial menurut beberapa ahli:

1. Menurut B.K. Lewis

Media sosial adalah label bagi teknologi digital yang memungkinkan orang untuk berhubungan, berinteraksi, memproduksi dan berbagai isi pesan.

2. Menurut Varinder Taprial dan Priya Kanwar

Media sosial adalah media yang digunakan oleh individu agar menjadi sosial, atau menjadi sosial secara daring dengan cara berbagai isi, berita, foto dan lain-lain dengan orang lain.

3. Menurut M. Terry

Media sosial adalah sebagai pengguna isi bersama yang menggunakan teknologi penyiaran berbasis internet berbeda dari media cetak dan media siaran tradisional.

4. Menurut Tracy L. Tulen dan Michael R. Solomon

Media sosial adalah sarana untuk komunikasi, kolaborasi, serta penanaman secara daring diantara jaringan orang-orang, masyarakat, dan organisasi yang saling terkait dan saling tergantung dan diperkuat oleh kemampuan dan mobilitas teknologi.

5. Menurut J. Mike Jacka dan Peter R Scott

Media sosial adalah seperangkat teknologi penyiaran berbasis Web yang meungkinkan terjadinya demokratisasi konten sehingga memberikan individu kemampuan untuk menampilkan konten dari konsumen kepada penerbit.

6. Menurut Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlien

Media sosial adalah sebuah kelompok aplikasi berbasis Internet yang dibagun dengan dasar-dasar ideologis Web 2.0 (yang merupakan platform dari evolusi media sosial) yang memungkinkan terjadinya penciptaan dan pertukaran dari User Generated Content.

7. Menurut R. Shari Veil, Tara Buehner dan Michael J. Palenchar

Media sosial adalah komunikasi antar manusia yang memiliki karakteristik partisipasi, terbuka, percakpaan, komunitas dan keterhubungan

8. Menurut M.L Kent

Media sosial adalah segala bentuk media komunikasi interaktif yang memungkinkan terjadinya interaksi dua arah dan umpan balik.

9. Menurut Dave Kerpen

Media sosial adalah teks, gambar, video, dan kaitan secara daring yang dibagikan diantar orang-orang dan organisasi.

10. Menurut Joyce Kasman Valenza

Media sosial adalah platform internet yang memungkinkan bagi individu untuk berbagi secara segera dan berkomunikasi secara terus menerus dengan komunitasnya.

11. Menurut The ABC

Media sosial merupakan sesuatu yang mewadahi perangkat digital yang memungkinkan terjadinya kegiatan komunikasi dan berbagi melintasi jaringan. Media sosial dipakai secara produktif oleh seluruh ranah masyarakat, bisnis, politik, media, periklanan, polisi, layanan gawat darurat. Media sosial sudah menjadi suatu kunci untuk memprovokasi pemikiran, dialog, dan tindakan seputar isu-isu sosial.

12. Menurut Caleb T. Carr dan Rebecca A. Hayes

Media sosial adalah media berbasis internet yang memungkinakn pengguna berkesempatan untuk berinteraksi dan mempresentasikan diri, baik secara seketika ataupun tertunda, dengan khalayak luas maupun tidak yang mendorong nilai dari user-generated content dan persepsi interaksi dengan orang lain.

13. Menurut Michael Cross

Media sosial adalah sebuah isitilah yang menggambarkan bermacam-macam teknologi yang digunakan untuk mengikat orang-orang ke dalam suatu kolaborasi, saling bertukar informasi dan berinteraksi melalui isi pesan yang berbasis web.

14. Menurut Philip Kotler dan Kevin Lane Keller

Media sosial adalah media yang digunakan oleh konsumen untuk berbasis teks, gambar, suara dan video informasi baik dengan orang lain maupun perusahaan dan vice versa.

15. Menurut Chris Brogan

Media sosial adalah seperangkat alat komunikasi dan kolaborasi baru yang memungkinakn terjadinya berbagai jenis interaksi yang sebelumnya tidak tersedia bagi orang awam.

16. Menurut Russo, J.Watkins, L.Kelly dan S. Chan

Media sosial adalah instrumen yang memfasilitasi komunikasi, jaringan, dan atau kolaborasi secara daring.

Sejarah Singkat Media Sosial

Media sosial terbentuk pada tahun 1978, media sosial berasal dari penemuan sistem papan buletin yang ditemukan oleh Ward Chirtebsen dan Randy Suess, keduanya merupakan pencinta komputer. Pada awal kemunculannya sistem papan buletin ini berfungsi untuk mengunggah, mengunduh, dan berkomunikasi dengan menggunakan surat elektronik yang dihubungkan menggunakan koneksi internet.

Awal mula terciptanya berbagai macam website adalah kemunculan situs bernama Fei Cites pada tahun 1995, dimana situs ini melayani transfer energi hosting seperti penyewaan penyimpanan data agar dapat diakses kapan pun dan dimana pun. Nah pada 1997 mulai muncul situs lain bernama sixdegree.com sampai pada akhirnya di tahun 1999 diciptakanlah blog yang memungkinkan para pengguna untuk bisa menulis blog pribadinya.

Tahun 2002 tercipta sebuah jejaring bernama Friendster disusul dengan Linked dan MySpace pada tahun 2003. Tahun berikutnya muncul sebuah situs bernama Facebook, dua tahun kemudian muncul Twitter, dan pada 2011 muncul jejaring sosial bernama google+. Hingga saat ini sudah banyak bermunculan jejaring sosial baru dan juga blog pribadi. Seluruh media sosial yang ada semakin mengembangkan teknologi didalamnya.

Fungsi Media Sosial

Fungsi Media Sosial
Fungsi Media Sosial

Berikut ini merupakan fungsi media sosial secara umum:

  1. Memperluas interaksi sosial manusia dengan memanfaatkan teknologi internet dan juga website.
  2. Menciptakan komunikasi dialogis antara banyak audiens tanpa mengenal jarak dan waktu.
  3. Melakukan transformasi manusia yang dulunya pemakai isi pesan berubah menjadi pesan itu sendiri.
  4. Sebagai media komunikasi antara pengusaha ataupun tokoh masyarakat dengan para pengguna media sosial lainnya.
  5. Membangun personal branding bagi para pengusaha ataupun tokoh masyarakat.

Tujuan Media Sosial

Tujuan Media Sosial
Tujuan Media Sosial

Berikut ini merupakan tujuan media sosial secara umum:

1. Membentuk Komunitas

Adanya media sosial memunculkan banyak komunitas online, baik dalam forum atau situs sosial lainnya. Media sosial menjadi tempat berkumpulnya masyarakat secara online dimana mereka bersatu karena adanya minat yang sama terhadap sesuatu. Adanya media sosial tentunya membuat mereka dengan mudah berinteraksi tanpa harus tatap muka dan mengenal secara langsung.

2. Menjalin Hubungan Pribadi

Percaya atau tidak sosial media memiliki peran dalam hubungan personal orang-orang. Sosial media menjadi wadah pertemuan secara online bagi sahabat, rekan bisnis, atau bahkan beberapa orang berhasil menemukan pasangan hidupnya melalui media sosial.

3. Aktualisasi Diri

Beberapa orang menjadikan media sosial sebagai tempat aktualisasi diri. Banyak orang-orang yang lebih berani menunjukan bakat dan juga keunikannya di media sosial untuk dilihat khalayak ramai, hal ini dibuktikan dengan banyaknya artis-artis media sosial yang ada saat ini.

4. Media Pemasaran

Banyaknya orang yang menggunakan media sosial tentunya menarik banyak pebisnis untuk masuk kedalamnya, hal ini menjadikan media sosial potensial untuk memasarkan sesuatu karena banyak orang yang terlibat didalam media sosial. Saat ini banyak sekali online shop yang berkembang pesat karena memanfaatkan media sosial sebagai tempat promosinya.

Demikian artikel mengenai pengertian, sejarah, fungsi dan tujuan media sosial. Semoga bermanfaat.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *