Pengertian Lingkungan Hidup, Unsur dan Pelestarian Lingkungan Hidup

Dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 dijelaskan bahwa lingkungan hidup adalah kesatuan ruang semua benda, daya, keadaan, makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan perikehidupan, dan kesejahteraan manusia serta makhlik hidup lain.

Sederhananya lingkungan hidup adalah sebuah kesatuan yang meliputi berbagai makhluk hidup beserta seluruh komponen disekitarnya meliputi komponen fisik, kimia, sosial budaya, dan komponen-komponen lainnya.

Lingkungan hidup merupakan sinonim dari kata habitat, maka dari itu lingkungan hidup juga dapat diartikan sebagai ruang kesatuan dengan segala sesuatu dan makhluk hidup didalamnya.

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian lingkungan hidup menurut beberapa ahli, antara lain sebagai berikut:

1. Menurut Emil Salim

Lingkungan hidup sebagai suatu benda, kondisi, keadaan dan pengaruh yang terdapat dalam ruang yang anda tempati dan akan mempengaruhi hal yang hidup termasuk kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

2. Menurut Bintarto

Lingkungan hidup adalah segalah hal yang berada di sekitar kita, baik itu benda ataupun makhluk hidup yang terpengaruh oleh kegiatan yang dilakukan manusia.

3. Menurut Soemarwoto

Lingkungan hidup adalah seluruh benda dan juga kondisi yang berada di dalam ruangan yang sedang kita tempati dan mempengaruhi kehidupan kita.

4. Menurut Munadjat Danusaputro

Lingkungan hidup adalah seluruh benda dan daya serta kondisi termasuk di dalamnya manusia dan tingkah lakunya yang terdapat dalam ruang dimana manusia berada dan mempengaruhi kelangsungan hidup dari makhluk yang lainnya. Dengan demikian membuat lingkungan hidup bisa dibagi menjadi dua lingkungan yaitu fisik dan budaya.

5. Menurut Sambas Wirakusumah

Lingkungan merupakan segala aspek kondisi eksternal biologis yang di mana organisme hidup dan ilmu – ilmu lingkungan menjadi sebuah studi aspek lingkungan organisme tersebut.

Unsur Lingkungan Hidup

Berikut ini merupakan unsur lingkungan hidup, antara lain sebagai berikut:

  1. Unsur lingkungan biotik atau hayati. Komponen lingkungan ini terdiri dari makhluk hidup seperti manusia, hewan atau satwa atau fauna, tumbuhan atau flora.
  2. Unsur lingkungan abiotik. Komponen lingkungan ini terdiri dari berbagai benda-benda tidak hidup, seperti tanah, air, udara, iklim, dan sebagainya
  3. Unsur sosial budaya, unsur sosial budaya adalah lingkungan sosial dan budaya yang ada di sekitar manusia. Hal ini merupakan sistem nilai, gagasan, keyakinan dalam menentukan perilaku manusia sebagai makhluk sosial.

Pelestarian Lingkungan Hidup

Berikut ini beberapa cara pelestarian lingkungan yang dapat kita lakukan:

  1. Kurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai. Menggunakan tas khusus, misalnya tas kain, yang dapat anda pakai berulang kali.
  2. Tanam pohon sebanyak mungkin. Bergabung dengan organisasi yang melakukan aktifitas penanaman pohon sangat dianjurkan sehingga anda juga dapat belajar cara menanam yang baik.
  3. Mengumpulkan sampah organik yang kita hasilkan. Kemudian jadikan pupuk kompos.
  4. Kurangi frekuensi perjalanan, jika tidak terlalu dibutuhkan. Selain menghemat pengeluaran, kita juga menghemat BBM. BBM berasal dari bahan bakar fosil dan merupakan sumber utama pencemaran udara.
  5. Gunakan transportasi umum untuk transportasi sehari-hari.
  6. Mengurangi jumlah daging yang kita makan. Hal ini dikarenakan peternakan sapi menghasilkan jumlah gas metana, gas ini merupakan penyumbang terbesar dalam menciptakan efek rumah kaca dan pemanasan global.
  7. Membentuk kawasan konservasi alam seperti taman nasional, suaka margasatwa. Menetapkan satwa dan tumbuhan dilindungi adalah contoh pelestarian lingkungan hidup lainnya.
  8. Kumpulkan sampah yang bisa didaur ulang seperti botol plasti, botol kaca, baterai, besi. Jual atau berikan kepada pengepul.
  9. Pisahkan sampah yang dapat terdegradasi secara alamiah, bisa didaur ulang limbah, dan sampah non-biodegradable.

Macam – Macam Lingkungan Hidup

Berikut ini 2 (dua) macam lingkungan hidup yang bisa ditemui disekitar kita:

1. Lingkungan Alami

Lingkungan alami adalah sebuah lingkungan yang muncul dan terbentuk dari proses alamiah dan terdiri atas berbagai sumber yang alami. Sumber alami tersebut termasuk juga ekosistem dan berbagai komponen fisik seperti unsur biologi.

Lingkungan hidup yang alami sudah terbentuk secara dinamis dan tidak ada sama sekali campur tangan dari manusia. Lingkungan alami mempunyai tingkat keberagaman atau heterogenitas makhluk hidup yang sangat tinggi. Contoh dari lingkungan hidup alami adalah gunung, danau, laut, hingga hutan yang sangat luas.

2. Lingkungan Buatan

Lingkungan buatan adalah sebuah lingkungan yang dibuat langsung dan terlibat dengan campur tangan dari manusia dan terjadi dengan sebuah perencanaan sebelumnya.

Lingkungan buatan disiapkan dan dikembangkan dengan menggunakan teknologi yang modern agar bisa mempunyai fungsi yang baik. Tujuan dari lingkungan buatan tentunya demi membuat sebuah lingkungan baru agar bisa ditempati oleh manusia.

Salah satu bentuk lingkungan buatan yang paling sederhana adalah waduk hingga daerah perkembangan baru. Sedangkan lingkungan buatan yang membutuhkan perencanaan dan biaya yang tidak sedikit adalalah seperti pulau reklamasi.

Demikian artikel mengenai pengertian, unsur, pelestarian dan macam-macam lingkungan hidup. Semoga bermanfaat. Terima kasih.