Pengertian Disclaimer, Fungsi dan Cara Membuat Disclaimer

Mungkin anda pernah atau bahkan sering membaca disclaimer baik didalam website, video youtube yang sedang anda tonton, atau diberbagai konten lainnya. Kira kira apa sih disclaimer itu ?

Disclaimer merupakan pernyataan penyangkalan diberikan dengan tujuan perlindungan bagi pemilik website atau situs sebagai pemberi informasi. Pembaca suatu situs dianggap secara otomatis menerima syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs tersebut, termasuk klausul (ketentuan atau perjanjian) yang ditulis pada disclaimer.

Dalam bentuk video disclaimer biasanya menjadi sebuah peringatan atau himbauan karena memberikan tayangan yang mungkin bisa membuat beberapa orang tidak nyaman atau bahkan membahayakan. Meski begitu disclaimer tidak otomatis melepaskan tanggung jawab hukum seseorang. Jaksa juga akan melihat profil dari seorang tersangka, terutama untuk mengetahui apakah yang bersangkutan mempunyai catatan kejahatan. Pada prinsipnya, sah-sah saja menempatkan semacam barrier (disclaimer) di sebuah sistem elektronik, tapi orang yang bersangkutan tetap wajib untuk mengawasi/mengatur lalu lintas informasi.

Fungsi Disclaimer

Keberadaan disclaimer pada suatu konten memiliki fungsi untuk membatasi ruang lingkup dan melepas tanggung jawab kepada para pengguna ataupun pengunjung. Ketika terdapat disclaimer pada suatu konten maka kita bisa memilih untuk mengikutinya atau tidak, misalnya video kecelakaan parah hingga menyebabkan korban tewas ditempat yang sebelum ditayangkan videonya ditulis disclaimer maka orang yang mengupload video tidak bertanggung jawab jika setelah anda menonton membuat perasaan anda terganggu atau mungkin anda jadi terbayang bayang kondisi korban kecelakaan tersebut.

Atau contoh lainnya adalah mengenai review skincare yang mungkin sedang marak dikalangan perempuan saat ini, dengan adanya disclaimer ketika suatu produk cocok di kulit orang yang melakukan review namun ketika anda coba ternyata tidak cocok dikulit anda maka orang yang melakukan review tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada kulit anda. Fungsi disclaimer ini berbeda beda tergantung konteksnya, intinya disclaimer ini berguna agar pengguna tidak menyalahkan pembuat ketika terjadi sesuatu yang tidak sesuai.

Cara Membuat Disclaimer

Membuat disclaimer sebenarnya mudah karena hanya berisi sebuah peringatan dalam suatu konten, namun yang perlu diperhatikan adalah cara penyampaian disclaimer yang tentunya harus dengan cara yang baik dan sopan. Nah berikut ini terdapat cara sederhana untuk membuat disclaimer pada sebuah blog:

  1. Buka situs Privacy Policy Online
  2. Klik Disclaimer Generator yang terdapat pada bagian header
  3. Isi informasi utama yang dimiliki oleh blog kamu
  4. Setelah mengisi informasi lengkap jangan lupa untuk memastikan informasi tersebut benar
  5. Klik Generate Disclaimer
  6. Setelah proses selesai kamu bisa copy hasil disclaimer tersebut kedalam blog yang kamu miliki

Sekian artikel mengenai Disclaimer, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih.