Pengertian Berita, Fungsi, Syarat, Bagian-Bagian dan Jenis-Jenis Berita

Berita adalah sebuah informasi berupa fakta yang sedang terjadi maupun sudah terjadi dan disampaikan melalui perantara media, baik itu media elektronik maupun media cetak.

Berita juga bisa disampaikan melalui mulut ke mulut, namun harus tetap dipastikan bahwa informasi tersebut adalah sebuah fakta bukan karangan fiktif atau cerita yang dibuat-buat.

Karena itu, dalam penyampaiannya harus disertai fakta-fakta yang sifatnya terbaru atau terkini. Karena berita ini berguna untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang sebuah kejadian terbaru. Dan dapat mempengaruhi masyarakat secara luas, karenanya menjadi penting untuk menyajikan berita berdasarkan fakta.

Pengertian Berita Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian Berita menurut para ahli, antara lain sebagai berikut:

1. Catledge Turner

Berita adalah segala sesuatu yang tidak diketahui masyarakat kemarin.

2. Dean M Lyle Spencer

Berita adalah suatu kenyataan atau ide yang benar dan dapat menarik perhatian sebagian besar pembaca.

3. Eric C. Hepwood

Berita adalah laporan pertama dari kejadian penting dan dapat menarik perhatian umum.

4. Gerarld W. Johnson

Berita adalah penyebab dari macam-macam peristiwa yang dijadikan pertimbangan utama oleh orang surat kabar untuk menulis dan mengumumkannya demi memperoleh kepuasan hatinya.

5. J.B. Wahyudi

J.B. Wahyudi yang mendefinisikan berita sebagai laporan tentang sebuah peristiwa yang menarik, memiliki nilai penting bagi khalayak ramai, masih baru, serta dipublikasikan atau disiarkan melalui berbagai media dalam kurun waktu yang periodik.

6. Micthel V. Charnley

Berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadian yang faktual, penting, dan menarik bagi.

7. Mochtar Lubis

Berita adalah apa saja yang ingin diketahui banyak orang dan membacanya.

8. Robert Tyell

Berita adalah informasi yang baru, menarik perhatian, mempengaruhi orang banyak, dan mampu membangkitkan selera masyarakat untuk mengikutinya.

9. United Press Nation

Berita adalah segala sesuatu dan apa saja yang menimbulkan minat akan kehidupan dan barang-barang dalam segala manifestasinya.

10. Willard C. Bleyer

Berita adalah sesuatu yang terkini yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar sehingga mampumenarik menarik minat bagi pembaca.

11. William S. Maulsby

Berita adalah sesuatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta yang punya arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat hal tersebut.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa Pengertian Berita adalah informasi yang penting dan menarik yang harus berupa fakta baik yang sedang atau telah terjadi untuk memberikan informasi kepada masyarakat secara benar.

Fungsi dan Tujuan Berita

Berikut merupakan fungsi dan tujuan dari sebuah berita, antara lain sebagai berikut:

  1. Untuk Menyampaikan Informasi mengenai peristiwa dan kejadian yang sedang maupun sudha terjadi.
  2. Membantu Masyarakat untuk Bersikap lebih Terbuka
  3. Meningkatkan Kesadaran pada Publik atas isu-isu yang sedang berkembang
  4. Membentuk Opini Publik

Syarat Berita

Berikut beberapa syarat dari berita yang sesuai dengan kode etik jurnalistik, antara lain:

1. Berdasarkan fakta

Informasi dalam berita yang disampaikan haruslah sesuai fakta yang sesungguhnya terjadi di lapangan. Berita tidak boleh dibuat berdasarkan cerita fiktif atau karangan belaka.

2. Aktual

Aktual artinya informasi dalam berita yang disampaikan merupakan informasi terkini atau terbaru. Hal ini bisa dibuktikan dengan jarak waktu antara berita disiarkan dengan kejadian yang diberitakan tidak berbeda terlalu jauh.

3. Berimbang

Fakta atau informasi yang disampaikan dalam berita haruslah berupa informasi yang sebenarnya serta tidak memihak maupun memojokkan salah satu pihak. Dengan begitu masyarakat yang membaca atau melihat juga tidak akan terpengaruh.

4. Lengkap

Setiap informasi dalam berita harus disajikan secara lengkap, tidak ada yang disembunyikan atau dikurangi. Dengan begitu masyarakat atau khalayak luas yang membaca atau mendengarkan berita tidak menjadi bingung atas informasi yang disampaikan.

Bagian – Bagian Berita

Bagian-bagian pada berita secara umum diantaranya sebagai berikut:

1. Headline

Headline dapat disebut sebagai judul berfungsi untuk memudahkan para pembaca supaya dapat segera mengetahui peristiwa apa yang akan disampaikan dan menonjolkan berita tersebut dengan dukungan grafik supaya lebih menarik untuk dibaca.

2. Deadline

Deadline biasanya berisi informasi nama media massa, tempat peristiwa dan juga tanggal terjadinya peristiwa.

3. Lead

Lead yang biasa disebut teras berita merupakan inti dari suatu berita yang berfungsi untuk menggambarkan seluruh isi berita secara ringkas, biasanya terletak pada paragraf pertama berita.

4. Body

Body merupakan isi dari sebuah berita, isinya berupa peristiwa-peristiwa yang diberitakan dengan bahasa yang singkat, jelas dan padat. Body dapat disebut juga sebagai bagian dari perkembangan berita.

Jenis – Jenis Berita

Berita terbagai menjadi beberapa jenis, dengan mengetahui berbagai jenis berita ini diharapkan masyarakat bisa membedakan mana berita yang sifatnya penting, berdasarkan opini, dan lainnya. Berikut merupakan jenis-jenis berita, antara lain:

1. Straight News

Straight News merupakan berita langsung, yang ditulis secara singkat, lugas dan apa adanya.

2. Hard News

Hard News merupakan berita yang memiliki nilai lebih, berkualitas dan terkini. Berita ini merupakan berita yang sangat penting maka harus segera disampaikan dan diketauhi oleh masyarakat.

3. Soft News

Soft News merupakan berita pendukung dan berita yang bersifat ringan.

4. Depth News

Dept News merupakan berita yang mendalam (detail), beritanya dikembangkan secara mendalam dengan tujuan untuk mengangkat suatu permasalahan secara lebih mendalam dan terperinci.

5. Investigation News

Investigation news merupakan sebuah berita yang dikembangkan dengan berdasarkan penelitian ataupun penyelidikan yang dilakukan dari segala macam sumber.

6. Interpretative News

Interpretative News merupakan berita yang dikembangkan berdasarkan pendapat atau penelitian yang dilakukan oleh penulisnya.

7. Opinion News

Opinion News merupakan sebuah berita mengenai pendapat seseorang. Contohnya seperit pendapat mahasiswa, pejabat, para ahli tentang suatu kejadian atau peristiwa.

Unsur – Unsur dalam Berita

Berita harus memuat informasi yang lengkap agar tidak menimbulkan berbagai permasalahan yang disebabkan informasi yang tidak jelas. Berikut merupakan unsur-unsur dari berita, antara lain:

1. What (Apa)

What menjelaskan tentang apa berita tersebut. Unsur what ini berkaitan dengan apa yang dibahas dalam berita dan merupakan unsur pembentuk paling penting.

2. Who (Siapa)

Who berkaitan dengan orang atau subjek yang terkait dengan informasi atau berita yang ditulis. Unsur ini memuat tentang siapa yang saja yang harus disebutkan dengan jelas agar tidak terjadi kesalahanan dalam penyampaian informasi.

3. When (Kapan)

When menjelaskan tentang kapan suatu peristiwa yang disebutkan dalam berita terjadi.

4. Where (Dimana)

Where menjelaskan tentang lokasi atau tempat dimana kejadian atau peristiwa terjadi. Namun pada beberapa kasus, sebaiknya tidak mencantumkan lokasi atau tempat kejadian berita secara spesifik untuk melindungi orang-orang yang terlibat dalam kejadian tersebut.

5. Why (Kenapa)

Why merupakan bagian yang harus menjelaskan mengapa atau latar belakang kejadian tersebut. Pada bagian ini bisa juga menjelaskan tentang alasan dari terjadinya peristiwa tersebut.

6. How (Bagaimana)

How menjelaskan bagaimana kronologis kejadian tersebut secara rinci. Dengan begitu masyarakat akan mengetahui rangkaian atau kronologi suatu kejadian dengan lebih rinci.

Demikian pembahasan mengenai pengertian berita, fungsi, tujuan, syarat, bagian, jenis dan unsur berita. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.