Mau Nyari Janda Muda? Lokasinya Ada di Kampung Daerah Ini…

0
104
Mau Nyari Janda Muda, Lokasinya Ada di Kampung Daerah Ini
Mau Nyari Janda Muda, Lokasinya Ada di Kampung Daerah Ini

Wanita yang tidak mempunyai suami karena meninggal ataupun terlibat perceraian, sering disebut janda. Tapi banyak yang belum tahu kalau di Indonesia ada kampung yang penduduknya merupakan janda sehingga banyak orang menyebutnya kampung janda.

Kampung janda Ciburayut salah satunya, Kampung ini dihuni oleh sebagian besar warganya berstatus janda. Berada di kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor kampung ini mempunyai nama asli kampung Ciburayut tetapi banyak menyebutnya kampung janda. Dirangkum dari beberapa sumber pada, Sabtu (27/4/2019) ada beberapa fakta unik dikampung janda yang satu ini. Berikut ulasanya:

Kampung Ini Ditempati 30 Keluarga Janda

Kampung yang bernama asli kampung Cibarayut ini sering disapa banyak orang dengan nama kampung janda. Terdapat 30 keluarga yang dipimpin oleh Janda dari 65 kepala keluarga. Maka dari itu kampung ini disebut orang banyak sebagai kampung janda.

Kebanyakan Janda Ditinggal Mati oleh Suaminya

Sebagai kawasan pedesaan yang berada di kaki Gunung Salak dan Gede Pangrango, membuat sebagian besar lelaki di sana bekerja menjadi penambang pasir, baik dari menggali dan menyaring pasir, hingga pemecah batu. Kehidupan masyarakat yang berada di garis kemiskinan mengharuskan mereka menambang pasir demi mencari nafkah untuk keluarga. Sering terjadinya longsor di Area kerja membuat jatuhnya banyak korban, tak heran banyak perempuan menjadi janda karena kematian suaminya.

Banyaknya Janda yang Berusia Muda

Penyebab lain banyaknya janda adalah pernikahan dini yang sering terjadi di sana. Nikah di usia muda memang cukup rentan untuk bercerai. Pola pikir dan emosi yang masih labil ditambah dengan kondisi ekonomi yang seadanya, memicu pertengkaran dan perceraian. pernikahan muda di sana terjadi karena rendahnya pendidikan, hal ini menjadi maklum karena kebanyakan warganya hanya lulusan SD. Bahkan disana ada perempuan berusia 17 tahun yang sudah menjanda 2 kali. Tidak heran banyak janda yang berusia muda disana.

Kurangnya Perhatian dari Pemerintah

Kampung janda di Bogor ini memang menyimpan banyak permasalahan di masyarakat yang perlu diperhatikan dan diperbaiki oleh pemerintah, mulai dari perekonomian, lapangan pekerjaan, hingga pendidikan. Jika pendidikan disana sudah membaik, lapangan pekerjaan tersedia banyak dan tidak membahayakan dan ekonomi membaik. Permasalahan ini akan segera berkurang.

Itulah fakta- fakta unik yang ada di Kampung janda ini. Dibalik Keunikan kampung ada keperihatinan yang harus di perhatikan oleh pemerintah.

sumber: okezone.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here