KPU Deli Serdang Gelar Ujian CAT PPK untuk Pemilu 2024

Teropong.id – KPU Kabupaten Deli Serdang melaksanakan ujian tertulis calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Deli Serdang dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) di Ruang Laboratorium TIK SMK Negeri 1 Percut Seituan Jalan Kolam, Kecamatan Percut Seituan Kabupaten Deli Serdang.

Ujian tertulis dilaksanakan secara bergelombang selama dua hari, pada Selasa (6/12/2022) dan Rabu (7/12/2022) yang diikuti sebanyak 870 orang calon PPK dari 22 kecamatan di Kabupaten Deli Serdang. Ujian tertulis ini berjalan lancar meski sempat terjadi gangguan jaringan pada server komputer.

Ketua KPU Deli Serdang, Syahrial Effendi didampingi Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Deli Serdang Timo Dahlia Daulay memonitoring pelaksanaan ujian tersebut.

“Total peserta yang mengikuti ujian CAT sebanyak 870 peserta dan yang tidak lolos administrasi ada 12 peserta. 870 orang ini sedang mengikuti ujian selama dua hari dengan berbeda gelombang sesuai kecamatannya masing-masing,” papar Syahrial, Rabu (7/12/2022).

Terkait kendala selama ujian CAT yang sempat terjadi gangguan, kata Syahrial, yakni masalah jaringan dan kesiapan aplikasi dari KPU RI.

“Sehingga ada jeda antar sesi ujian dan para peserta jadi harus lebih lama menunggu dalam mengerjakan soal karena padatnya jaringan dari server yang kita pakai. Tapi ini sudah membaik jaringannya,” sebutnya.

Menurut Syahrial, dengan mengikuti ujian CAT ini, KPU Deli Serdang berharap mendapatkan orang-orang yang mempunyai pengetahuan umum, kepemiluan dan wawasan kebangsaan yang baik diantara peserta di kecamatannya.

“Karena sangat diharapakan sebagai penyelengggara di tingkat kecamatan mampu menguasai ketiga hal diatas. Dan nanti ditahap selanjutnya akan kita lakukan sesi wawancara untuk menentukan rangking 10 besar serta rangking 5 tertinggi akan dilantik bulan depan,” harapnya.

Turut hadir Ketua Bawaslu Deli Serdang, M Ali Sitorus juga melakukan pengawasan ujian tertulis berbasis CAT itu. KPU Deli Serdang telah mengumumkan secara terbuka hasil CAT setelah ujian berlangsung setiap kecamatan di lokasi ujian. (ri)