Kaper Ombudsman Banten mendorong Terwujudnya ZI WBK/WBBM di Kemenkumhan Banten

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten terpilih Dedi Irsan memberikan pengarahan pada kegiatan Penandatanganan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2020. Dalam acara ini, juga Ombudsman menyampaikan komitmen Bersama Pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Kanwil Kemenkumham Banten.

“Harus ada komitmen bersama yang kuat antara Pimpinan Institusi/ lembaga dengan para staf/ yang dipimpin, sehingga predikat WBK dan WBBM ini bisa diperoleh. Tidak bisa hanya satu unsur saja, harus sinergis antara keduanya,” ujar Dedi Irsan.

Dedi menyampaikan dalam pelaksanakan ini, Ombudsman mengacu dan berpedoman kepada PERMENPAN RB RI Nomor 10 Tahun 2019 Tentang Perubahan ata PERMENPAN RB RI Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Dengan memperhatikan enam komponen pengungkit yang terdiri dari, manajemen perubahan, lenataan tatalaksana, penataan sistem Manajemen SDM, penguatan akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Disamping hal tersebut, poin penting dari Ombudsman adalah mematuhi Standar Pelayanan Publik sesuai dengan UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dengan memperhatikan Pengelolaan Pengaduan masyarakat/ pengguna layanan,” ujar pria berkumis ini.

Tak kalah penting, jajaran Kanwil Kemenkumham Banten juga harus memperhatikan sarana pengukuran kepuasan pengguna layanan. Sebab dengan adanya hal tersebut bisa menjadi bahan evaluasi bagi instansi penyelenggara pelayanan publik untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan publiknya.

Deklarasi Kinerja 2020 dan Pencanangan WBK dan WWBM Ombudsman ini dilanjutkan dengan. penandatanganan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2020 dan Komitmen Bersama Pencanangan Pembangunan menuju WBK dan WBBM oleh para Kepala Divisi Kanwil Kemenkumham Banten serta Para Kepala UPT Imigrasi dan Pemasyarakatan di Lingkungan Kanwil Kumham Banten.

Amatan kantor, tampak hadir Kakanwil Kumham Banten Imam Suyudi,Ketua Ketua Pengadilan Tinggi Banten Haryanto, Aspidum Kejati Banten Yudi Hendarto, Polda Banten, BNN Banten, dan sejumlah Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan swasta di Banten.(red/ali)