Jempol Trump Bikin Harga Minyak Meroket 5% Lebih

0
152
Kilang Minyak
Kilang Minyak

Teropong.id – Harga minyak melesat naik, Kamis (20/6/2019), setelah Iran menembak jatuh drone militer milik Amerika Serikat (AS). Selain menambah ketegangan antara kedua negara, insiden itu membuat Presiden AS Donald Trump menyerang Iran di akun Twitter resminya.

Harga minyak acuan AS, West Texas Intermediate (WTI), ditutup melejit 5,4% menjadi US$56,65 per barel setelah sempat meroket 6% sekitar Kamis pagi waktu AS. Sementara itu, harga minyak acuan global, Brent, melompat 4,5% ke posisi US$64,61 per barel.

Trump pada Kamis pagi waktu setempat mengkritik apa yang disebut oleh pejabat AS sebagai serangan Iran terhadap drone pengawasan miliknya.

“Iran membuat kesalahan yang sangat besar!” tulisnya di Twitter.

Di hari yang sama, Trump kemudian mengatakan publik akan tahu mengenai apakah AS berencana membalas kejadian itu dengan serangan militer. Namun, ia juga menambahkan bahwa dirinya tidak yakin insiden itu adalah sesuatu yang disengaja.

Seorang pejabat AS mengatakan salah satu pesawat tanpa awak atau drone militer negara itu ditembak jatuh oleh rudal Iran. Drone tersebut ditembak di wilayah udara internasional di atas Selat Hormuz oleh rudal Iran.

Pasukan Pengawal Revolusi Iran pada Kamis waktu setempat juga mengatakan telah menembak sebuah drone AS, RQ-4 Global Hawk.

Ketegangan antara AS dan Iran meningkat menyusul keputusan Trump untuk menarik diri dari kesepakatan nuklir Teheran setahun yang lalu. Kesepakatan itu dibuat oleh Iran, AS, dan beberapa negara besar lainnya untuk meringankan sanksi ekonomi terhadap negara Islam itu dengan timbal balik berupa penghentian program pengayaan uranium.

sumber: cnbcindonesia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here