Arti dan Kepanjangan Covid-19 Serta Istilah Lain Terkait Virus Corona

Kata “Corona” sendiri berasal dari bahasa Latin yang artinya crown atau mahkota. Diberi nama Corona karena saat dilihat menggunakan mikroskop bentuk virus ini tampak seperti mahkota. Bentuk mahkota ini ditandai oleh “Protein S” yang berupa sepatu, sehingga dinamakan spike protein, yang tersebar di sekeliling permukaan virus. “Protein S” inilah yang berperan penting dalam proses infeksi virus terhadap manusia.

Coronavirus (CoV) merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit, mulai dari gejala ringan sampai berat. Setidaknya ada dua jenis coronavirus yang diketahui menimbulkan gejala berat, antara lain Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Coronavirus Disease adalah virus jenis baru yang pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China, dan dilaporkan oleh World Health Organization (WHO) China Country Office pada 31 Desember 2019. Kemudian virus tersebut diberi nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2) dan menyebabkan penyakit Corona Disease-19 atau yang biasa kita sebut sebagai COVID-19.

Dalam masa pandemi ini mungkin beberapa orang merasa bingung dengan banyaknya istilah baru terkait Corona, berikut ini beberapa istilah terkait Corona beserta penjelasannya:

1. Pasien Dalam Pengawasan (PDP)

PDP adalah mereka yang memiliki gejala panas badan dan gangguan saluran pernapasan. Gangguan saluran pernapasan itu bisa ringan atau berat. Serta, pernah berkunjung atau bahkan tinggal di daerah yang diketahui merupakan daerah penularan Covid-19. Tidak hanya itu, PDP ini juga memiliki indikasi atau diketahui pernah berkontak dengan langsung dengan kasus yang terkonfirmasi atau probabel Covid-19.

2. Orang Dalam Pemantauan (ODP)

ODP adalah mereka yang memiliki gejala panas badan atau gangguan saluran pernapasan ringan, dan pernah mengunjungi atau tinggal di daerah yang diketahui merupakan daerah penularan virus tersebut.

3. Suspect (Pasien yang dicurigai)

Apabila PDP diduga kuat telah melakukan kontak dengan penderita COVID-19. Pasien ini akan diperiksa spesimennya menggunakan dua metode, yaitu Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Genome Sequencing.

4. Confirm (Pasien Positif COVID-19)

Apabila hasil dari pemeriksaan positif, maka status pasien yang dicurigai (suspect) akan menjadi “confirm” COVID-19.

5. Social Distancing (Jaga Jarak)

Jaga jarak adalah upaya untuk menjauhi perkumpulan, menghindari pertemuan massal, dan menjaga jarak antar manusia. Jarak yang dianjurkan sekitar dua meter.

6. Isolasi

Isolasi adalah upaya memisahkan orang sakit yang memiliki penyakit menular dari orang sehat untuk mencegah penyebaran penyakit.

7. Karantina

Upaya memisahkan dan membatasi pergerakan orang yang masuk dalam dugaan terpapar penyakit menular lalu memantau kelangsungan kondisinya.

8. Work From Home (WFH)

Work From Home adalah bekerja dari rumah. Dimana segala aktivitas pekerjaan yang biasa dikerjakan di kantor menjadi harus bisa dilakukan di rumah.

9. Imported Case

Menunjukan bahwa kasus penularan virus corona diperoleh dari luar area pelaporan (dari luar negeri).

10. Local Transmission

Local Transmission adalah istilah untuk pasien tertular diwilayah dimana kasus ditemukan.

11. Epidemi

Epidemi adalah bentuk penyebaran penyakit dengan jumlah banyak yang menyerang secara cepat.

12. Pandemi

Pandemi adalah penyakit yang menyerang orang dalam jumlah banyak dan terjadi di banyak tempat. Lebih singkatnya pandemi adalah epidemi yang tersebar secara besar-besaran.

13. Endemi

Endemi merupakan penyakit yang menjangkit orang dalam jumlah besar yang terjadi di suatu wilayah atau populasi tertentu.

14. Cluster (Klaster)

Cluster ini menunjukkan terjadinya penyakit yang serupa pada suatu waktu dan Kawasan yang sama.

15. Sub-Cluster

Adapun Sub-Cluster adalah penularan virus yang berkembang dari sebuah cluster dan menularkannya ke kelompok yang berbeda.

16. Wabah

Wabah adalah penyakit menular yang menimpa banyak orang di satu waktu.

17. Airborne

Airborne adalah penularan penyakit atau virus melalui udara. Info terakhir Covid-19 juga bersifat airborne atau menular lewat udara. Virus tersebut bisa bertahan di udara selama beberapa jam dan bisa masuk ke tubuh manusia dengan cara terhirup melalui hidung atau mulut.

18. Pnemonia

Penyakit gangguan pernapasan yang diakibatkan masalah di paru-paru. Penyakit pnemonia ditandai infeksi yang mengakibatkan peradangan pada kantong-kantong udara di salah satu atau kedua paru-paru. Pada penderita pneumonia, sekumpulan kantong-kantong udara kecil di ujung saluran pernapasan dalam paru-paru (alveoli) akan meradang dan dipenuhi cairan atau nanah. Akibatnya, penderita mengalami sesak napas, batuk berdahak, demam, atau menggigil.

19. Lockdown

Lockdown adalah penutupan dan pembatasan gerak warga yang dilakukan secara paksa oleh pemerintah agar virus tidak menyebar.

20. Rapid Test Covid 19 Kit

Rapid Test Covid 19 Kita adalah alat untuk mendeteksi virus corona dalam tubuh manusia. Cara kerjanya dengan mengambil sampel darah lalu dites apakah ada virus atau tidak.

21. APD (Alat Pelindung Diri)

APD adalah serangkaian alat yang digunakan tim medis untuk menghadapi pasien terjangkit Covid 19. Contoh APD adalah masker, pakaian anti virus, pelindung wajah, sarung tangan dan lainnya.

22. Physical Distancing

Hampir sama dengan social distancing, Physical Distancing adalah pembatasan jarak manusia secara fisik saja. Beda physical distancing dan social distancing cukup jelas. Karena physical distancing hanya menjaga jarang secara fisik dan bukan berarti memutuskan hubungan kerabat atau hubungan sosial.

23. SWAB Test

SWAB Test menjadi salah satu cara mendeteksi virus corona secara lebih akurat dengan cara mengambil sampel lendir.

Demikian artikel mengenai Arti dan Kepanjangan Covid-19 Serta Istilah Lain Terkait Corona. Semoga masa pandemi ini segera berlalu, tetap jaga jarak, selalu gunakan masker, dan tidak lupa mencuci tangan. Jangan bepergian untuk hal yang tidak penting, jaga kesehatan. Terima kasih.