Pengertian PHPPengertian PHP

PHP singkatan dari Hypertext Pre-processor atau yang dulunya disebut Personal Home Pages merupakan bahasa scripting server side, bahasa pemrograman yang digunakan untuk pembuatan dan pengembangan situs web baik statis maupun dinamis. PHP sendiri merupakan bahasa pemrograman umum yang dapat disematkan kedalam kode HTML.

Pengertian PHP Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian PHP menurut beberapa ahli :

1. Menurut Arief

PHP adalah Bahasa server-side scripting yang menyatu dengan HTML untuk membuat halaman web yang dinamis. Karena PHP merupakan server-side scripting maka sintaks dan perintah-perintah PHP akan diesksekusi diserver kemudian hasilnya akan dikirimkan ke browser dengan format HTML.

2. Menurut Nugroho

PHP atau singkatan dari Personal Home Page merupakan bahasa skrip yang tertanam dalam HTML untuk dieksekusi bersifat server side. PHP termasuk dalam open source produk, sehingga source code PHP dapat diubah dan didistribusikan secara bebas.

3. Menurut Betha Sidik

PHP merupakan bahasa pemrograman script – script yang membuat dokumen HTML secara on the fly yang dieksekusi di server web, dokumen HTML yang dihasilkan dari suatu aplikasi bukan dokumen HTML yang dibuat dengan menggunakan editor teks atau editor HTML, dikenal juga sebagai bahasa pemrograman server side.

4. Menurut Sibero

PHP adalah pemrograman interpreter yaitu proses penerjemahan baris kode sumber menjadi kode mesin yang dimengerti komputer secara langsung pada saat baris kode dijalankan. Php disebut juga pemrograman Server Side Programming, hal ini dikarenakan seluruh prosesnya dijalankan pada server. PHP adalah suatu bahasa dengan hak cipta terbuka atau yang juga dikenal dengan open source yaitu pengguna data mengembangkan kode-kode fungsi sesuai kebutuhannya.

5. Menurut Supono dan Putratama

PHP adalah suatu bahasa pemrograman yang digunakan untuk menerjemahkan baris kode program menjadi kode mesin yang dapat dimengerti oleh komputer yang berbasis server-side yang dapat ditambahkan ke dalam HTML.

6. Menurut Solichin

PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis web yang ditulis oleh dan untuk pengembang web.

Sejarah Singkat PHP

Sejarah Singkat PHP
Sejarah Singkat PHP

PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995 dengan nama Form Interpreted (FI) berisi sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web, selanjutnya Rasmus kemudian merilis kode sumber tersebut untuk umum dengan nama PHP/FI. Dengan rilisnya kode ini banyak pemrogram yang akhirnya tertarik untuk ikut mengembangkan PHP. Sampai kemudian rilis PHP/FI 2.0 pada November 1997 dimana pada versi 2.0 ini interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C disertai dengan rilisnya beberapa modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.

Pada tahun 1997 pula sebuah perusahaan bernama Zend tertarik untuk menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih cepat, dan tentunya lebih baik. Sampai Juni 1998 akhirnya perusahaan Zend merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan perilisannya sebagai PHP 3.0 dan secara resmi mengubah singkatan PHP yang berawal sebagai Personal Home Pages menjadi Hypertext Preprocessing. Perusahaan Zend kembali merilis interpreter baru pada pertengahan tahu 1999 sebagai PHP 4.0 yang sampai saat ini menjadi versi PHP yang paling banyak dipakai karena pada versi ini PHP dapat membangun aplikasi web kompleks dengan kecepatan yang tetap dan stabilitas tinggi.

Perusahaan Zend kembali merilis PHP versi terbaru yaitu PHP 5.0 pada Juni 2004, banyak perubahan besar pada versi ini, salah satunya adalah adanya model pemrograman berorientasi objek di dalam PHP. PHP terus berkembang, sampai saat ini PHP telah merilis versi terbarunya yaitu PHP 7.4.9 pada bulan Agustus 2020.

Fungsi PHP

Fungsi PHP
Fungsi PHP

Sebenarnya pembuatan sistem berbasis web tidak selalu harus menggunakan PHP, namun hadirnya PHP dengan fitur-fitur yang menarik dan dirasa dapat memudahkan pekerjaan maka banyak sekali pengembang web menggunakan PHP untuk pembuatan sistem webnya. Dalam kehadirannya tentu banyak sekali kemudahan-kemudahan yang didapat dari hadirnya PHP, berikut ini beberapa fungsi dari PHP :

  1. PHP berfungsi dalam mengembangkan web, baik web statis, web dinamis, bahkan aplikasi web.
  2. Pada PHP terdapat perintah yang dapat digunakan untuk menyimpan, menghapus, mengubah, dan membaca data pada database.
  3. Pada PHP terdapat perintah yang dapat digunakan untuk membuat halaman sesuai input dari pengguna.
  4. Pada PHP terdapat perintah yang dapat digunakan untuk memproses form, dan lain sebagainya.

Keunggulan PHP

Berikut ini keunggulan PHP dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain :

  1. Pada PHP pembaharuan diadakan secara teratur mengikuti trend teknologi terbaru.
  2. PHP merupakan bahasa pemrograman open source dan gratis.
  3. PHP merupakan bahasa scripting server-side dimana cukup server saja yang menginstal sedangkan komputer client cukup meminta sumber daya dari server tanpa perlu menginstalnya.
  4. PHP merupakan bahasa lintas platform yang dapat digunakan pada aplikasi di beberapa sistem operasi yang berbeda.
  5. PHP lebih singkat dan lebih mudah untuk dipelajari dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain.
  6. PHP bekerjasama dengan MySQL, namun jika anda memilih sistem manajemen database yang lain anda masih tetap bisa menggunakannya.
  7. Sebagian besar server web hosting mendukung PHP secara default, hal ini tentunya menghemat biaya pembuatan website anda.
  8. Kepopuleran PHP juga tentunya akan mempermudah kita dengan banyaknya dokumentasi-dokumentasi dari berbagai komunitas.

Demikian artikel mengenai PHP, semoga bermanfaat. Terima kasih.

By admin

One thought on “Pengertian PHP, Sejarah, Fungsi dan Keunggulan PHP”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *