Rumah adalah kebutuhan primer, terutama untuk yang sudah berkeluarga. Untuk anak muda yang usianya masih menginjak 20-an biasa mereka tidak memikirkan tentang itu. Mereka lebih mengutamakan untuk bersenang-senang menikmati masa mudanya.

Hanya sedikit yang memikirkan di mana dan seperti apa hunian yang akan mereka tempati pada masa depan.

Padahal harga properti khususnya rumah, mengalami kenaikan harga setiap tahunnya. Itulah sebabnya beberapa orang tinggal di rumah kontrakan hingga akhir hayatnya.

Tidak dengan Juan Exsaudia, pria yang berprofesi sebagi streamer game sekaligus mahasiswa ini , sudah memikirkannya dari jauh hari, dia sudah membeli rumah dari uang hasil streaming Youtubenya.

Untuk kamu yang umur 20-an dan bingung bagaimana caranya, berikut tips dari Juan:

1). Kerja

Bagi Juan, ini merupakan hal yang terpentig, karena kalau kita hanya bermimpi saja untuk membeli rumah tanpa adanya pendapatan yang kita hasilkan. Maka itu sama aja dengan bermimpi.

2). Jangan beli rumah kalau hanya untuk gaya-gayaan

Bagi kalian yang mau beli rumah di usia 20-an hanya untuk pamer ke orang lain, dan uang yang kalian punya hanya pas-pasan lebih baik kalian mengurungkan niat kalian itu.

Karena Juan sendiri membeli rumah, karena kebetulan ia mendapat harga rumah yang cukup murah, sehingga ia memutuskan untuk membelinya.

3). Melakukan manajemen keuangan

Ini bagian yang terpenting, karena menurut Juan kalau kita mempunyai penghasilan yang besar, namun tidka melakukan manajemen keuangan maka itu akan sia-sia.

Juan sendiri memiliki cara manajemen keuangan tersendiri, yakni 70% investasi dan 30% untuk kesenangan/kebutuhan.
Juan mengatakan “Hampir semua uang yang aku dapatkan itu di investasikan, dan menggunakan uang untuk kebutuhan aja, tidak ada untuk gaya hidup.”

Itulah dia tips dari Juan yang dia sendiri sudah berhasil membeli rumah di umur 20. Inti dari semuanya adalah jangan boros dalam menggunakan uang, dan pintar-pintar lah dalam mengelola keuangan sesuai dengan porsi pendapatan kita.(red-Noy)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *