23 Siswa SMP di Sergai Ikuti Kelas Menulis Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Teropong.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melakukan kegiatan Kelas Menulis yang diikuti siswa-siswi SMP di Ruang Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Selasa (19/7/2022) pukul 09.00 WIB.

Kegiatan Kelas Menulis ini diikuti perwakilan siswa-siswi dari SMP Negeri 1 Perbaungan, SMP Negeri 2 Perbaungan, SMP Negeri 3 Perbaungan, SMP Negeri 1 Pegajahan dan SMP Negeri 1 Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Serdang Bedagai, Elinda Sitianur, SE melalui Kabid Perpustakaan Dewi Sulistriani, SSos menjelaskan kegiatan kelas menulis ini merupakan salah satu kegiatan dalam program Perpustakaan Nasional jadi program prioritas.

“Perpustakaan nasional itu salah satunya program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Nah di dalam program ini, melibatkan masyarakat jadi ada pelibatan masyarakat di dalamnya. Artinya, perpustakaan itu bukan hanya sebagai tempat baca buku tetapi ada wadah masyarakat untuk berkegiatan di dalam perpustakaan. Makanya kita buatlah tapi untuk mensejahterakan artinya program perpustakaan berbasis influensi sosial itu adalah program untuk mensejahterakan masyarakat jadi literasi untuk kesejahteraan,” ujarnya.

Menurut Kabid Perpustakaan Sergai, Dewi Sulistriani, dampak dari kegiatan kelas menulis ini contohnya jadi akan menelurkan, menerbitkan, mengeluarkan dan membuat generasi agar mau menulis.

“Tapi dengan mengingat baca ya jadi kan, dengan menulis dia kan membaca, dengan membaca dulu kemudian dia menulis. Bisalah dia menjadi penulis, setelah dia menjadi penulis kan otomatis dia ada suatu pekerjaan. Artinya ada profesi mereka nantinya mau jadi penulis dan pengeluaran hasil dari itu karya mereka bisa kita orbitkan atau karyanya bisa kita kasih ke penerbit untuk diterbitkan,” ucapnya.

Dia menyebut hasil karya para peserta itu nantinya akan menjadi salah satu koleksi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sergai. “Kami berharap sih Dinas membuat kegiatan ini, agar karya-karya mereka itu bisa menjadi salah satu koleksi di Perpustakaan kita,” ungkapnya.

Untuk pesertanya kategorikan khusus, saat ini tingkat SMP. “Jadi kita akan memberikan wawasan menulis dari sejak dini jadi enggak dari SD sih. Memang kami memulai dari SMP karena di SMP itu mereka sudah mulai berimajinasi mereka bisa menulis mereka bisa berpikir menuangkan imajinasi mereka dalam tulisan,” tuturnya.

Dikatakannya, tingkat SMP yang dijadikan peserta saat ini dari daerah dekat Dinas Perpustakaan dengan jumlah 23 peserta terdiri dari SMP 1 Perbaungan, SMP 1 Pantai Cermin, SMP 1 Pegajahan, SMP 2 Perbaungan dan SMP 3 Perbaungan. “Sebanyak 23 orang, harapan ke depannya kami berharap generasi muda pada saat sekarang saya berharap lah generasi muda ke depannya,” bebernya.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sergai sejak dini menyiapkan mereka untuk membaca, pengembangan untuk minat baca sehingga dari mereka suka membaca mereka jadi menulis.

“Nah, dari menulis itu mereka bisa membuat karya tulisan yang yang nantinya karya mereka bisa menjadikan produk untuk salah satunya menjadi koleksi di Perpustakaan dan kedua menjadi penghasilan mereka. Kan mereka bisa jadi penulis gitu sih,” harapnya. (zul)