17 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Lengkap 2019

0
550
Contoh Surat Lamaran Kerja
Contoh Surat Lamaran Kerja

Bekerja merupakan salah satu pilihan untuk dapat mendapatkan uang demi memenuhi suatu kebutuhan maupun keinginan. Bahkan bekerja menjadi sebuah keharusan untuk seseorang yang sudah berperasn sebagai suami atau tulang punggung keluarga. Meski menjadi pengusaha adalah sebuah opsi lain untuk mendapatkan materi, tetapi lebih banyak orang yang lebih memilih bekerja karena takut akan resiko rugi yang pasti pernah dihadapi oleh setiap pengusaha.

Karena itu akan menjadi sebuah pembahasan penting yang tentunya harus anda tahu, bahwa suatu pekerjaan yang layak tidaklah akan anda dapatkan secara cuma-cuma. Ada beberapa tahapan atau proses yang harus anda lewati. Langkah pertama dan yang tidak kalah pentingnya adalah membuat surat lamaran kerja.

Surat lamaran kerja adalah suatu langkah awal yang seharusnya anda jadikan sebagai salah satu senjata untuk menarik perusahaan agar memilih anda sebagai salah satu kandidat yang layak menempati posisi yang mereka butuhkan.

Maka surat lamaran kerja ini haruslah dapat menjelaskan secara singkat mengenai kelebihan apa yang anda punya, jelaskan potensi diri anda secara singkat, juga mengenai keuntungan apa yang akan perusahaan dapatkan saat memilih anda, intinya anda harus dapat meyakinkan perusahaan untuk meng-hiring anda sebagai karyawan atau pegawai pada perusahaan tersebut.

Banyak hal detail lainnya yang juga harus anda perhatikan. Jangan membuat surat lamaran kerja yang asal-asalan dan biasa biasa saja. Yuk simak penjelasan berikut ini agar anda tahu secara lebih rinci.

Surat lamaran kerja adalah surat yang berisi permohonan untuk bekerja di suatu tempat. Hal-hal yang harus diperhatikan pelamar saat membuat surat lamaran pekerjaan adalah menggunakan bahasa formal yang baik dan benar, menulis dengan susunan format yang rapi dan juga kebersihan, mekengkapi data sesuai keperluan, dan melampirkan surat pendukung.

Struktur Surat Lamaran Kerja

Untuk membuat surat lamaran kerja yang bagus, anda harus memperhatikan struktur dan format yang baik untuk sebuah surat lamaran kerja, seperti berikut ini:

a). Tanggal Penulisan

Contoh:

Jakarta, 08 November 2018

b). Nama dan Alamat Penerima Surat

Contoh:

Kepada Yth,
Bapak Fajar M Sumawijaya, Lc, MA
Rektor Universitas Pagi Jakarta
Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Beji
Kota Depok 16424

c). Salam Pembuka

Contoh:

Dengan hormat,

d). Kalimat Pembuka

Contoh:

  • Melalui surat ini saya, Handy Suhendi, ingin mengajukan lamaran pekerjaan sebagai staf pengajar (dosen) di Universitas Pagi Jakarta untuk mata kuliah Pemrograman Dasar dan Pemrograman Web.
  • Sesuai dengan informasi yang saya baca di instagram @infolokerjakarta pada  tanggal 07 November 2018. Maka saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pada Universitas Pagi Jakarta.

e). Kalimat Isi

Contoh:

  • Saya lulus dari program sarjana untuk bidang IT pada Universitas Suryakancana tahun 2013, dan lulus dari program Magister Institut Teknologi Bandung pada tahun 2015 untuk pembidangan Rekayasa Perangkat Lunak.
  • Sebagai bahan pertimbangan, saya mempunyai pengalaman mengajar di beberapa perguruan tinggi di Bandung. Berdasarkan pengalaman saya selama ini, saya yakin bila saya dapat memenuhi ekspetasi yang Anda harapkan dari saya.
  • Bersama surat lamaran ini, saya lampirkan Curriculum Vitae (CV), Foto copy ijazah dan transkrip nilai, fotocopy KTP, dan foto terbaru.

f). Kalimat Penutup

Contoh:

Demikianlah surat lamaran ini saya buat. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

g). Tanda Tangan dan Nama Lengkap Penulis Surat

Contoh:

Hormat saya,
Fajar M Sukmawijaya

Berbicara mengenai dunia kerja, saat ini untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus sangat sulit. Selain persaingan yang semakin ketat, perusahan juga menuntut agar kita mempunyai pengalaman kerja dan skill di atas rata-rata. Jadi selain CV yang menarik, hal-hal internal juga sangat dipertimbangkan untuk diperhatikan.

Surat lamaran kerja yang anda buat sangat berpengaruh dengan peluang anda diterima di sebuah perusahaan. Mereka akan menilai surta lamaran yang anda buat, seperti kerapihan tulisan (margin, rata tulisan), format, dan kreatifitas.

Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan

Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan

Dalam melakukan penulisan suralt lamaran kerja yang baik dan benar terdapat beberapa item yang perlu diperhatikan sebelum membuat surat lamaran kerja. Hal ini dikarenakan surat lamaran kerja yang akan anda ajukan ke perusahan atau tempat kerja yang daftarkan akan melihat surat lamaran kerja kamu terlebih dahulu.

Ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan dalam cara menulis surat lamaran kerja selain dari struktur surat lamaran kerja yang telah kita bahas diata. Berikut ini adalah beberapa contoh surat lamaran kerja yang perlu dicermati agar kamu siap mendapat panggilan wawancara dari perusahaan yang kamu tuju. Tips surat lamaran kerja diantara:

  1. Memperhatikan bahwasanya surat lamaran yang ditujukan melampirkan nama perusahaan yang benar baik dari penulisan maupun singkatan dari perusahaan tersebut. Dengan penulisan nama perusahaan dengan benar, pihak HRD akan memberikan poin penting bahwasanya kamu merupakan orang yang benar – benar menginginkan posis diperuusahaan tersebut.
  2. Tulislah surat lamaran kerja kamu dengan rapi dan terstruktur. Beberapa perusahaan masih menginginkan kamu mengirinkan surat lamaran pekerjaan dengan bentuk tulisan tangan. Jika demikian maka, tulisalah surat lamaran kerja yang kamu ajukan dengan rapi dan bersih. Jangan sampai terdapat kotoran dikarenakan tulisan tangan kamu yang belepotan serta terdapat tipe-x yang membubuhi kertas.
  3. Penggunaan bahasa yang baku sangat ditentukan dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan. beberapa contoh surat lamaran kerja yang kami sajikan dibawah ini menampilakn beberapa contoh lamaran pekerjaan yang menggunakan bahasa baku yang baik.
  4. Hindari kata-kata yang bertele-tele, singkatan-singkatan yang tidak benar, serta bahasa gaul yang tidak bagus.
  5. Memberikan informasi yang dibutuhkan oleh setiap tempat perusahaan yang kamu ajukan. Agar tidak terjadi kesalahan pemberian infrmasi yang menyebabkan surat lamaran kerja yang kamu ajukan tidak berakhir ditempat sampah.
  6. Ceritakan secara singkat posisi lowongan pekerjaan yang kamu inginkan diperusahaan tersebut.
  7. Yang terakhir, baca dengan seksama kembali jenis lowongan kerja yang kamu ingin daftar disertai penulisan dan tata letak struktur surat lamaran kerja.

Hal-hal yang harus diperhatikan pelamar saat membuat surat lamaran pekerjaan

  1. Menggunakan bahasa formal yang baik dan benar.
  2. Menulis dengan susunan format yang rapi dan memperhatikan kebersihan.
  3. Melengkapi data sesuai keperluan.
  4. Melampirkan surat pendukung, seperti ijazah pendidikan dan sertifikat pengalaman kerja.

Contoh Surat Lamaran Kerja

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Secara Umum

Contoh surat lamaran kerja dalam bentuk seperti di  bawah ini merupakan contoh surat lamaran kerja yang umumnya digunakan oleh banyak orang dengan bahasa formal dan sederhana. Anda dapat menggunakan bentuk surat lamaran kerja ini pada perusahaan manapun, jangan lupa untuk selalu memperhatikan persyaratan lamaran kerja yang tercantum pada informasi lowongan kerja yang Anda dapatkan.

Jakarta, 8 September 2017

Hal : Lamaran pekerjaan

Yth,
Kepala HRD PT. Digital Permai
Jl. Sungai Takwa Iman No. 13a
Jakarta Utara

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Digital Permai yang saya baca dari koran Republika pada tanggal 7 september 2017. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan Bpk / Ibu Pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian digital marketing dengan kode (DM) di perusahaan PT. Rumah Iman.

Nama                             : Muhammad Adnan Syarif
Tempat / tgl. Lahir      : Semarang, 08 Oktober 1991
Pendidikan Terakhir   : S2 manajemen Pemasaran
Alamat                           : Jl. Penawaran No. 202
Telepon (HP)                : 0812-2013-9876
Status                             : Belum Menikah

Saat ini saya dalam keadaan sehat wal afiat. Sebagai tambahan informasi, saya juga fasih berbahasa Arab dan Inggris dengan fasih. Saya selalu bekerja keras dan jujur. Latar pendidikan saya sangat memuaskan. Saya juga dapat mengoperasikan komputer baik itu berbasis windows atau linux, mengusai big data dan program-program marketing online seperti Insight Zilla dan The Graph. Saya juga bisa membuat dan mengembangkan website. Sebagai bahan pertimbangan, saya juga lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Foto copy Ijazah S1 dan S2
  3. Foto copy transkrip nilai
  4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
  5. Pas photo terbaru

Kesempatan wawancara dari bapak / ibu  HRD sangat saya tunggu agar saya dapat menjelaskan lebih detail tentang kemampuan dan Potensi yang saya miliki untuk membantu kemajuan perusahaan yang bapak pimpin.

Demikian surat lamaran ini, saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak.

Hormat saya,

Muhammad Adnan Syarif

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Menurut EYD

Surat lamaran kerja berdasarkan EYD ini  menggunakan tata bahasa dalam Bahasa Indoneia yang baik dan benar dari segi penulisan, pemakaian huruf kapital dan huruf miring sesuai dengan kaidah yang berlaku dalam EYD.

Jakarta, 8 Juli 2017

Hal : Lamaran Pekerjaan

Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Gilland Ganesha
Jl. Raya Kebon Durian No. 11
Jakarta Timur

Dengan hormat,

Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Gilland Ganesha, seperti yang termuat di harian Kompas tanggal 6 Juli 2017. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Gilland Ganesha. Data singkat saya, seperti berikut ini.

Nama                                         : Yahya Agustina
Tempat, Tanggal Lahir          : Cirebon, 16 April 1990
Usia                                            : 21 tahun
Pendidikan Terakhir              : STMIK AMIKOM (S1)
Alamat Asal                              : Kelurahan Gede Bage, Kota Cirebon
Domisili                                    : Jl.Perjuangan, No. 1 Sunyaragi Cirebon
Telepon                                     : 081234567890
Email                                         : yahya_agustina@gmail.com

Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
  3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
  4. Pas foto terbaru.

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Yahya Agustina

3. Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Jika Anda akan membuat surat lamaran kerja untuk melamar ke Bank ada baiknya Anda menggunakan contoh surat lamaran kerja di bawah ini. Tujukan surat lamaran kerja Anda pada bagian HRD Bank dan cantumkan posisi pekerjaan yang Anda inginkan, serta cantumkan hal pendukung lainnya yang akan meyakinkan pihak HRD Bank untuk menerima Anda sebagai kandidat sesuai dengan posisi yang pihak Bank perlukan.

Jakarta, 16 Januari 2015

Yth,
HRD BANK RAKYAT INDONESIA
Cabang Jakarta Pusat
Jln. Jenderal Sudirman Kav. 44-46
Jakarta

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan pada website resmi Bank Rakyak Indonesia (BRI terkait dengan) adanya lowongan kerja di  Bank Rakyat Indonesia bagian Customer Service, maka dengan ini saya:

Nama                               : Muhammad Adnan Syarief
Tempat/Tgl. Lahir        : Magetan, 15 Oktober 1994
Alamat                             : Jl. Mawar anggrek, kalideres 10023
No. Hp                             : 085242487996
Status                               : Belum Menikah
Pendidikan Terakhir     : Strata 1 Ekonomi Perbankan

Bermaksud untuk mengajukan permohonan penempatan pada posisi tersebut. Dan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Curriculum Vitae
  2. Foto copy ijazah S-1 (legalisir)
  3. Foto copy Transkrip Nilai (legalisir)
  4. Foto copy KTP
  5. Pass photo terbaru

Demikianlah surat lamaran ini, sangat besar harapan saya untuk dapat bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, dan tentunya saya akan melakukan yang terbaik untuk Bank Rakyat Indonesia ini.

Atas perhatian dari Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Muhammad Adnan Syarief

4. Contoh Surat Lamaran Kerja Menggunakan Bahasa Inggris

Surat lamaran kerja menggunakan bahasa inggris ini dapat menjadi point tambahan bagi Anda saat mengajukan lamaran kerja pada suatu perusahaan yang memang dibutuhkan staff atau pegawai dengan kemampuan bahasa asing yang baik. Anda dapat menggunakan surat lamaran berbahasa inggris di bawah ini sebagai referensi.

 Jakarta, 10 April 2017

The Administrative Officer
The Royal Thai Embassy in Medan

Dear Sir/Madam,

I am a Communications graduate of Universitas Indonesia with several years of working experience gained from some of the reputable private firms, a non-governmental organization, and government.

I am writing to apply for the position of Executive Assistant advertised on jobstreet.com. on 15 Mei 2015. This position particularly interests me because it would enable me to make full use of my administrative and organizational skills.

I have well-developed written and oral communication skills that can be very useful in carrying out the duties for the above-mentioned position. On top of these competencies, I adhere to a work ethic and can effectively interact with people across all levels of the organizational structure. I believe I can be an asset to your organization.

My resume is enclosed with this cover letter. It shows my overall expertise and experience in the field. I would welcome the opportunity to discuss my suitability for the position and comply with your other requirements. I can be contacted during working hours at 081234567890.

Sincerely,

Noorel Zia

5. Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru

Surat Lamaran Kerja memang pada umumnya akan mempunyai bentuk yang sama, Anda dapat menggunakan tata bahasa seperti contoh berikut ini sebagai contoh surat lamaran kerja terbaru dengan bahasa dan kalimat yang lebih ringkas dan padat.

Jakarta, 18 Mei 2018

Hal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth,
Tim People Operation
PT. Senja 811
Wisma 5 Tower 3 lantai 17
Jakarta Barat

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Senja 811 yang saya dapatkan melalui internet pada tanggal 15 Mei 2015. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MG) di PT. Senja 811.

Berikut ini adalah data singkat saya:
Nama                                 : Meisya Agriani
Tempat/Tgl. Lahir          : Jakarta, 15 Oktober 1994
Alamat                               : Jl. Mawar, Kalideres 10023
No. Hp                               : 081234567890
Pendidikan Terakhir      : Strata 1 Ekonomi Perbankan
Status                                 : Belum Menikah

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S1
3. Foto copy transkrip nilai
4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas photo yang terbaru

Demikian surat lamaran kerja ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

Meisya Agriani

6. Contoh Surat Lamaran Kerja PNS

Sampai saat ini memiliki pekerjaan sebagai Pegaai Negeri Sipil (PNS) masih menjadi primadona bagi sebagian masyarakat Indonesia. Anda dapat meniru contoh surat lamaran kerja PNS dibawah ini, jangan lupa untuk melampirkan data yang lengkap sebagai syarat utamanya.

Jakarta, 15 Juli  2017

Perihal  : Lamaran Kerja

Yth.
Sekretaris Mahkamah Agung RI
d/a. Jl. Medan Merdeka Utara No. 9–13
Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                                    : Puji Prabowo S.H
Tempat, Tanggal Lahir     : Bandung, 12 April 1991
Agama                                  : Islam
Jenis Kelamin                     : Laki-Laki
Pendidikan Terakhir         : S1 Sarjana Hukum
Alamat                                  : Jl. Ismail Marzuki No.12 Jakarta

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak, kiranya dapat diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil sebagai tenaga administrasi di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan:
1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Surat pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
3. Surat Pernyataan tidak akan mengundurkan diri.
4. Foto copy Ijazah terakhir dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir.
5. Foto copy KTP.
6. Foto copy Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Puskesmas/Dokter.
7. Foto copy Sertifikat Komputer.
8. Foto copy SKCK yang telah dilegalilsir.
9. Pas photo hitam putih 3 x 4 sebanyak 2 (dua) lembar.

Demikian permohonan ini disampaikan, besar harapan saya semoga Bapak mempertimbangkan permohonan saya ini dan terima kasih.

Hormat saya,

Puji Prabowo S.H

7. Contoh Surat Lamaran Kerja PT

Contoh surat lamaran kerja untuk mengajukan lamaran kerja pada PT ini sama seperti surat lamaran kerja secara umum, kamu perlu menyantumkan posisi yang akan kamu lamar untuk mempermudah pihak perusahaan dalam hal requirement.

Kepada
Yth. Kepala HRD
PT. Pratama Abadi
Jl. Thamrin No.43
Jakarta Barat

Hal : Permohonan Pekerjaan

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini
Nama                                       : Angga Mahesa
Alamat                                     : Jl. Pengangsahan Timur No 42 Depok
Tempat/tanggal lahir           : Bekasi, 15 Oktober 1993
Jenis kelamin                         : Laki-Laki
Agama                                      : Islam
Pendidikan terakhir              : S1 Teknik Elektro

Dengan ini saya mengajukan permohonan kerja pada perusahaan yang bapak/ibu pimpin, selanjutnya besar harapan saya agarpermohonan ini bisa di kabulkan dan ditempatkan pada perusahaan yang bapak/ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan syarat -syarat sebagai berikut:
1. Foto Copy Ijazah terakhir 1 Lembar
2. Daftar Riwayat Hidup 1 Lembar
3. Foto Copy KTP 2 Lembar
4. Foto Copy SKCK 1 Lembar
5. 2 Foto ukuran 3 x 4
6. Foto Copy pengalaman kerja 1 Lembar

Demikian surat permohonan kerja ini saya buat, besar harapan saya  agar saya diterima pada perusahaan Bapak/Ibu pimpin. atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Angga Mahesa

8. Surat Lamaran Kerja Email

Email menjadi media yang lebih sering digunakan untuk melamar kerja pada masa sekarang ini. Kebanyakan pelamar menganggap sepele mengenai lamaran kerja melalui email, dengan tidak memerhatikan Subject dan Isi dari email lamaran kerja tersebut. Padahal hal tersebut menjadi penilaian dari HRD perusahaan mengenai seberapa seriusnya anda ingin bekerja pada perusahaan tersebut. Maka perhatikan dan baca dengan baik informasi lowongan kerja sebelum anda mengirim surat lamaran melalui email. Terkadang perusahaan mencantumkan subject email untuk pelamar agar memudahkan HRD untuk memfilter email masuk berdasarkan subject pada email. Contoh isi dari subject emial: Lamaran Pekerjaan Art Director. Dan berikut adalah contoh surat lamaran kerja via email:

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya kesempatan kerja pada PT Wijaya Setya, maka saya berminat mengajukan lamaran untuk posisi Art Director.

Saat ini saya berusia 23 tahun dan belum menikah. Saya merupakan sarjana Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung dengan IPK 3,25. Saya memiliki pengalaman kerja sebagai  freelancerdi Agency Creative “Kotak Ide”sebagai Copywriter di creative division sejak tanggal 11 Agustus 2011 sampai dengan Mei 2013. Saya juga mendirikan “Klik Photography” dan bekerja sebagai fotografer dan editor sejak 23 Januari 2012 sampai dengan sekarang.

Sebagai bahan pertimbangan selanjutnya saya lampirkan Daftar Riwayat Hidup, scan Ijazah, scan transkrip, scan Kartu Tanda Penduduk, dan pas photo terbaru.

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Atas perhatian serta kesempatan yang Anda berikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Rifqy Ataki

9. Contoh Surat Lamaran Perawat / Rumah Sakit

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat / Rumah Sakit ini haruslah berisi hal-hal pendukung yang akan membuat pihak rekrutmen menjadikan Anda kandidat terpilih untuk melangkah ke tahap selanjutnya, seperti ijazah dan nilai yang Anda dapatkan selama menempuh pendidikan yang menunjang Anda sebagai Perawat / staff Rumah Sakit.

Jambi, 25 Juli 2017

Hal            : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 7 Berkas

Yth. Kepala HRD RSUD Jambi
di
Tempat

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi lamaran pekerjaan yang saya dapatkan dari papan pengumuman RSUD Jambi pada Tanggal 24 Juli 2017. Maka, Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                 : Waffa Khoerunnisa
Tempat, Tanggal Lahir  : Banjamasin, 01 Febuari 1993
Umur                                 : 22 Tahun
Pendikan Terakhir          : S1 Keperawatan UGM
No. Telepon                      : 0812 3456 7890
Alamat                               : Jl A. Yani Sukarejo, Penganggasahn, Jambi

Dengan ini bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di RSUD Jambi sebagai tenaga keperawatan berdasarkan informasi lowongan pekerjaan sebagai tenaga keperawatan . Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan beberapa dokumen administratif yang saya miliki berikut ini,

1. Riwayat Hidup (1 lembar)
2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (1 lembar)
3. Fotokopi Ijazah Terakhir yang telah dilegalisir (1 lembar)
4. Fotokopi Transkrip Nilai yang telah dilegalisr (1 lembar)
5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang telah dilegalisir (1 lembar)
6. Fotokopi Surat Keterangan Dokter yang telah dilegalisir (1 lembar)
7. Pas Photo 4X6 (1 lembar)

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, semoga dapat dipertimbangkan dan ditindaklanjuti sebagaimana mestinya. Atas perhatian Bapak/Ibu Kepala HRD, saya sampaikan terima kasih

Hormat kami,

Waffa Khoerunnisa, S.ST

10. Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Untuk Anda yang baru saja lulus menempuh pendidikan. Berikut merupakan contoh surat lamaran kerja yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda tidak perlu mencantumkan banyak hal namun perusahaan tetap akan memperhitungkan Anda berdasarkan background pendidikan yang sudah Anda tempuh.

Malang, 22 September 2018

Perihal     : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 7 Lembar

Yth.
HRD PT Sinar Utama
Jalan Jendral Ahmad Yani Kav 22 No 08A
Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari harian surat kabar Kompas pada tanggal 13 September 2018, bahwa PT Sinar Utama sedang membuka lowongan pekerjaan pada bagian Teknisi Produksi. Sehubungan dengan hal tersebut maka, saya bermaksud untuk mendaftarkan diri pada perusahan dengan posisi yang sedang dibutuhkan. Berikut ini data diri saya:

Nama                                    : Nandar Putra Pratama S.T
Tempat, Tanggal Lahir     : Malang, 28 April 1994
Jenis Kelamin                     : Laki-Laki
Pendidikan Terakhir         : S-1 Teknik Mesin
Alamat                                  : Jl. Soekarno Hatta No. 22 Kel. Ngrame Kec. Purwosari
Kontak                                  : 0812 3456 7890
Email                                    : PPNandar11@gmail.com

Saya merupakan fresh graduate dari Universitas Sebelas Maret pada jurusan Teknik Mesin dengan nilai IPK 3,80. Saat ini saya telah mampu mengoperasikan berbagai macam mesin produksi baik dari sisi operasional dan maintenance, Disamping itu, saya juga dapat bekerja secara mandiri maupun dengan tim, mementingkan kejujuran dalam bekerja. Latar pendidikan saya lumayan memuaskan dan saya sangat yakin dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya juga melampirkan:

1. Foto copy SKCK
2. Foto copy KTP
3. Foto copy Transkrip Nilai
4. Foto copy Ijazah Terakhir
5. Daftar Riwayat Hidup (CV)
6. Pas foto 3 x 4 terbaru
7. Foto copy sertifikat K3

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan, saya sangat berharap dapat bergabung dengan PT. Yakult Indo Persada. Atas perhatian serta kesempatan yang Bapak/Ibu berikan saya haturkan terima kasih.

Hormat saya,

Nandar Putra Pratama S.T

11. Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

Khusus Surat Lamaran Kerja di Hotel ini Anda sebaiknya melampirkan sertifikat keahlian yang menjadi nilai tambahan pihak hotel dalam melakukan rekrutmen, seperti sertifikat memasak dan lainnya.

Yogyakarta, 15 Mei 2018

Yth. HRD Cavinton Hotel
Jl. Ahmad Dahlan No. 03, Wirobrajan
Yogyakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh pada salah satu media harian cetak Harian Jogja pada tanggal 14 Mei 2018 Edisi VII. Bahwa Cavinton Hotel sedang membuka lowongan kerja pada bagian Koki Masak. Dengan surat ini saya bermaksud untuk mengisi posisi yang Bapak/Ibu tawarkan.

Berikut ini adalah biodata singkat saya:
Nama                                        : Ahmad Saeful
Tempat, Tanggal Lahir         : Yogyakarta, 12 Januari 1995
Usia                                           : 23 tahun
Pendidikan Terakhir              : D3 Tata Boga UGM
Alamat Asal                             : Jl. Ring Road Barat No. 21 Kel. Ngrame Kec. Kasihan
Telepon                                     : 0812 3456 7890
Email                                         : ahmadsaeful@gmail.com

Saat ini saya dalam keadaan sehat baik jasmani maupun rohani. Disamping itu, juga telah mengusai beberapa teknik memasak baik untuk menu berat maupun ringan. Dimana akan membantu saya dalam melaksanakan pekerjaan saya kelak.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya juga melampirkan:

1. Curriculum Vitae
2. Foto copy KTP
3. Foto copy Transkrip Nilai
4. Foto copy Ijazah Terakhir
5. Pas foto 3 x 4 terbaru
6. Foto copy sertifikat Memasak
7. Surat SKCK dari Kepolisian

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan, saya sangat berharap dapat bergabung dalam keluarga Cavinton Hotel yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian serta kesempatan yang Bapak/Ibu berikan saya haturkan terima kasih.

Hormat saya,

Ahmad Saeful

12. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Surat Lamarna Kerja secara umum ini dapat Anda jadikan opsi alternatif dalam mengajukan lamaran perkerjaan apapun, yang dapat Anda sesuaikan dengan perusahaan maupun posisi yang Anda akan lamar.

Bandung, 19 Mei 2018

Hal : Lamaran Pekerjaan

Yth.
Human Resources Development Manager
PT. Setya Sukses Jaya
Jalan Ir. Seokarno No.118
Kota Jakarta

Dengan Hormat,

Berdasar informasi yang saya peroleh dari Pameran Perusahaan di Jakarta Expo Center pada tanggal 17 Mei 2018, perusahaan Bapak/Ibu sedang mencari seorang karyawan untuk posisi Marketing lapangan. Melalui surat lamaran ini saya mengajukan diri untuk melamar kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai Marketing Lapangan. Berikut ini data singkat saya:

Nama                                 : Ricko Nugraha
Tempat/tanggal lahir     : Bandung, 21 Januari 1995
Jenis kelamin                   : Laki-laki
Pendidikan                       : S1 Komunikasi
Alamat                               : Jl. Menggenang, RT 03/RW 11 Kec. Batukali, Kab. Bandung
Telepon                              : 0802111000

Saya memiliki keahlian berupa ilmu komunikasi yang baik. Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, saya lampirkan berkas kelengkapan data diri sebagai berikut:

1. Curriculum Vitae
2. Foto copy Transkrip Nilai
3. Surat keterangan pelatihan Marketing Komunikasi Lanjutan (1 lembar)

Demikian Surat lamaran kerja ini saya buat dengan sejujur-jujurnya dan sebenar-benarnya. Atas perhatian serta kerjasama Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ricko Nugraha

13. Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana

Lamaran Kerja tidak harus selalu menampilkan hal yang mendetail, Anda dapat menggunakan surat lamaran kerja secara sederhana ini pada perusahaan dengan level yang tidak terlalu tinggi seperti jenis perusahaan CV.

Yogyakarta, 15 Agustus 2018

Yth.,
PT. Interest Alffy
Jl. Balewarga No. 13
Yogyakarta

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                                  : Reza Wijaya
Tempat, Tanggal Lahir    : Bantul, 17 Agustus 1992
Alamat                                : Jalan Kali Mambu No. 123, Yogyakarta
No. HP                                : 080011223344

Saya mengajukan surat lamaran ini kepada bapak/ibu pimpinan PT. Guna Janji Bersama, supaya dapat diterima sebagai karyawan di perusahaan yang bapak/ibu pimpin. Saya sertakan beberapa lampiran untuk melengkapi berkas yang dibutuhkan.

1. Foto copy KTP
2. Foto copy Kartu Keluarga
3. Daftar Riwayat Hidup
4. Foto copy Ijazah S1
5. Foto copy SKCK
6. Pas Foto 4×6 (3 lembar)

Demikian, agar digunakan sebagai bahan pemeriksaan dalam menyeleksi karyawan. Saya berharap agar diterima di perusahaan yang bapak/ibu pimpin. Saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

Reza Wijaya

14. Surat Lamaran Kerja Pabrik

Dengan banyaknya pabrik di Indonesia ini, tak heran mata pencaharian masyarakat sekitarnya didominasi oleh pegawai pabrik. Bagi Anda yang ingin mengajukan lamaran untuk bekerja di Pabrik surat lamaran di bawah ini dapat Anda jadikan sebagai referensi yang baik.

Jakarta, 19 Januari 2018

Yth.
HRD PT  Lancome Utama
Jalan Simpang Tiga No. 12D
Jakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi dari Surat Kabar Kedaulatan Rakyat tentang adanya lowongan pekerjaan di pabrik yang bapak/ibu pimpin. Melalui surat ini saya mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di pabrik PT. Lancome Utama untuk menjadi staff produksi.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                                 : Indra Wiranto
Tempat, tanggal lahir     : Jakarta, 21 September 1993
Jenis kelamin                   : Laki-laki
Pendidikan                        : SMK
Alamat                                : Jalan Pangeran Hidayatullah No.41 Jakarta 56001
Telpon                                 : 080077993311

Sebagai kelengkapan, saya cantumkan beberapa data saya yang bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan bapak/ibu. Berikut beberapa kelengkapan data diri saya:

1. Daftar riwayat hidup
2. Foto copy ijazah terakhir
3. Foto copy KTP
4. Foto copy SKHUN
5. Foto copy Sertifikat PKL
6. Pas Photo terbaru

Demikian surat ini saya buat dengan data yang benar, atas perhatian bapak/ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Indra Wiranto

15. Tulis Tangan

Beberapa perusahaan biasanya lebih senang dengan surat lamaran kerja yang dibuat dengan tulisan tangan, karena dari tulisan tangan tersebut dapat menunjukkan karakter pelamar Bagi Anda yang mempunyai tulisan yang rapi dan bagus sebaiknya Anda melampirkan surat lamaran dengan tulisan tangan ini yang dapat menjadi point plus.

Contoh Surat Tulisan Tangan
Contoh surat tulisan tangan

16. Surat Lamaran Kerja untuk Marketing

Posisi sebagai marketing ini dapat Anda raih dengan mencantumkan kelebihan dan kemampuann Anda yang relevan dengan dunia marketing, seperti: kemampuan komunikasi, kemampuan bekerja mandiri maupun dalam tim, dan lainnya.

Yogyakarta, 11 Maret 2017

Yth.
HRD PT Novva Tri
Jl. K.H. Jundullah No. 01
Sleman, Yogyakarta

Dengan Hormat,

Saya tertarik dengan lowongan pekerjaan Marketing Komunikasi di PT. Novva Tri yang diiklankan di Kedaulatan Rakyat pada tanggal 9 Maret 2017. Saya berumur 25 tahun dan merupakan lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada tahun 2014. Setelah lulus dari perguruan tinggi, saya sudah bekerja di perusahaan produk keuangan di Jakarta selama dua tahun.

Saya bermaksud melamar posisi Marketing Komunikasi di perusahaan bapak/ibu. Saya memiliki fisik dan kesehatan yang baik, selalu ingin berkembang, cepat belajar, baik bekarja sendiri maupun dalam tim. Saya memiliki kendaraan pribadi dan juga SIM A dan C. Kemampuan komunikasi saya juga fasih, baik itu bahasa Indonesia atau Inggris.

Saya juga melampirkan berkas berupa curiculum vitae, foto copy ijazah, transkrip nilai, sertifikat, dan dokumen lain yang relevan. Saya akan sangat senang jika lolos dan maju ke tahap wawancara.

Terimakasih atas perhatian dan pertimbangan dari bapak/ibu. Saya harap segera mendapat informasi dan balasan segera.

Hormat saya,

Shivo Tezzar

17. Contoh Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Iklan di Internet

Dunia internet sudah menjadi hal yang tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari semua orang pada era sekarang ini. Tak heran Anda dapat menemukan banyak lowongan kerja dalam berbagai macam website maupun media sosial, berikut contoh surat lamaran kerja berdasarkan iklan internet yang dapat Anda gunakan, jangan lupa untuk mencantumkan posisi pekerjaan yang Anda lamar.

Bantul, 12 Desember 2017

Hal            : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 1 set

Yth. HRD PT Glostar
Jalan Mentri Pagi No.118
Yogyakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi dari laman www.lowongankerjasaatini.com pada tanggal www.lokerlampung.com tanggal 10 Desember 2017 tentang lowongan pekerjaan di perusahaan yang bapak/ibu pimpin. Melalui surat ini, saya mengajukan diri ingin melamar pekerjaan sebagai Akuntan Profesional. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                               : Fandi Atmojo
Tempat, tanggal lahir   : Kulon Progo, 16 Januari 1992
Pendidikan                     : S1 Akuntansi
Alamat                             : Jalan Wahid Isnain Tsalasah No. 123, Margijuonu
No. HP                             : 080044115533

Untuk melengkapi data yang diperlukan, saya lampirkan kelengkapan data diri.

1. Daftar riwayat hidup
2. Foto copy KTP
3. Foto copy ijazah
4. Foto copy transkrip nilai
5. Pas foto 4×6

Demikian surat ini saya buat, semoga bisa menjadi pertimbangan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Fandi Atmojo

Nah, sudah lihat kan beberapa contoh surat lamaran kerja yang dapat anda jadikan sebagai referensi. Kamu dapat mengubah maupun menambah beberapa kata atau kalimat untuk lebih meyakinkan HRD agar memilih mu sebagai kandidat yang terpilih, tapi ingat jangan sampai terlalu panjang dan membosankan  juga ya..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here