12 Universitas Terbaik di Aceh 2019

0
25
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Gelar akademik tak hanya menunjukan suatu kemampuan seseorang dalam suatu bidang tertentu, bahkan menjadi tambahan nilai di hadapan masyarakat maupun suatu perusahaan. Maka memilih suatu Universitas haruslah memerhatikan beberapa aspek pendukung yang akan membuat kamu mendapatkan kualitas pendidikan terbaik di bidangnya. Pada pembahasan kali ini, kami akan memberikan rekomendasi Universitas atau Perguruan Tinggi terbaik yang ada di Aceh. Lalu Universitas apa aja sih yang masuk katergori Universitas terbaik di Aceh ? Berikut daftar Universitas Terbaik di Aceh:

1. Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)

Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)
Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)

Universitas Syiah Kuala menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik yang ada di Aceh. Universitas ini berlokasi di Jalan Teuku Nyak Arief Nomor 441, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Banda Aceh, Aceh. Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) pernah menjadi juara 3 dalam Nasional Bussiness Plan.

Biaya kuliah Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) akan berbeda beda setiap jurusannya. Contohnya saja untuk Program Studi Teknik Sipil akan dikenakan biaya per semester sebesar Rp 5.500.000.

Adapun Fakultas yang terdapat di UNSYIAH, yaitu: Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas KIP,  Fakultas Kedokteran, Fakultas ISIP, Fakultas MIPA, Fakultas Kelautan dan Perikanan, dan Fakultas Keperawatan.

Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) menduduki peringkat 1751 (World) versi webometrics.

Website resmi: unsyiah.ac.id

2. Universitas Malikussaleh (UNIMAL)

Universitas Malikussaleh (UNIMAL)
Universitas Malikussaleh (UNIMAL)

Universitas Malikussaleh menjadi salah satu Universitas terbaik yang terkemuka. Universitas ini berlokasi di Jalan Cot Tengku Nie, Reuleut Batu, Aceh Utara, Aceh, Indonesia. Adapun prestasi Universitas Malikussaleh (UNIMAL), yakni meraih Juara 1 dalam Lomba Essay Muhammadiyah Jakarta Scientific Competition Nasional.

Adapun Fakultas di Universitas Malikussaleh, yaitu : Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, dan  Fakultas Hukum.

Biaya kuliah Universitas Malikussaleh (UNIMAL) dibagi menjadi 3 golongan UKT. Misal untuk jurusan Akuntansi yang mendapat UKT golongan II akan dikenakan biaya sebesar Rp 1.000.000.

Universitas Malikussaleh (UNIMAL) menduduki ranking Universitas Malikussaleh 7296 (World) versi webometrics.

Website resmi: unimal.ac.id

3. Politeknik Negeri Lhokseumawe Aceh (PNL)

Politeknik Negeri Lhokseumawe Aceh (PNL)
Politeknik Negeri Lhokseumawe Aceh (PNL)

Politeknik Negeri Lhokseumawe Aceh  yang berlokasi di Jalan Banda Aceh-Medan KM 280, Buketrata, Mesjid Punteut, Blang Mangat, Lhokseumawe, Aceh 24301 ini menjadi politeknik Negeri yang sangat diminati banyak orang. Salah satu Mahasiswa PNL pernah menjadi duta Pendidikan Nasional pada tahun 2018.

Adapaun Fakultas di Politeknik Negeri Lhokseumawe Aceh, yaitu : Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Tata Niaga, dan Teknologi Informasi dan Komputer.

Biaya kuliah Politeknik Negeri Lhokseumawe Aceh (PNL) menggunakan SPP untuk biaya per semesternya. Contoh jurusan Tekni Sipil, untuk biaya SPP dikenakan sebesar Rp 1.750.000.

Politeknik Negeri Lhokseumawe Aceh (PNL) menduduki peringkat 11458 (World) versi webometrics.

Website Resmi: pnl.ac.id

4. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry terletak di Jalan Ibnu Sina, No. 2, Darussalam, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Aceh. Selain Universitas yang telah disebutkan sebelumnya, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry juga menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang banyak diminati masyarakat  Aceh.

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry menjadi juara III dalam ajang Shanghai Expo-Tiongkok, Turkey, dan Malaysia pada Festival Internasional Folkar Dance.

Adapun Biaya kuliah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry dibedakan menjadi 5 kelompok UKT. Untuk Ilmu Hukum yang mendapatkan UKT kelompok 2, dikenakan biaya sebesar Rp 800.000.

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry menduduki peringkat UIN Ar Raniry 8392 (World) versi webometrics.

Website resmi: uin.ar-raniry.ac.id

5. Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA)

Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA)
Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA)

Universitas Muhammadiyah Aceh mejadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang sangat diminati oleh banyak orang, karena kualitasnya yang tidak kalah bagus dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Aceh. Universitas ini beralamat di Jalan Muhammadiyah Nomor 91, Batoh, Lueng Bata, Banda Aceh, Aceh 23123. Lebih dari 50 % mahasiswa UNMUHA mendapat IPK diatas 3.60 yang diakui oleh DIKTI, dan tentu hal tersebut menjadi salah satu prestasi, serta menunjukkan kualitas tenaga pendidik, serta kemampuan mahasiswa/i-nya yang sangat baik.

Biaya kuliah Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) akan berbeda setiap tahunnya. Contohnya, untuk semester ganjil di tahun 2018/2019 akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.105.000.

Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) menduduki peringkat 7940 (World) versi webometrics.

Website resmi: unmuha.ac.id

6. Universitas Almuslim (UMUSLIM)

Universitas Almuslim (UMUSLIM)
Universitas Almuslim (UMUSLIM)

Setelah Universitas Muhammadiyah Aceh, Universitas Almuslim menjadi rekomendasi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dapat kamu pilih. Universitas ini beralamat di Jalan Almuslim, Matangglum pangdua, Paya Cut, Peusangan, Kab. Bireuen, Aceh 24261. Dalam ajang Temu Keluarga Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia IV, mahasiswa UMUSLIM mendapatkan juara 1 untuk Auto Cad. Tentu hal tersebut menjadi sebuah hal yang memperlihatkan keunggulan dari Universitas Almuslim, terutama untuk mahasiswa Teknik Sipil.

Adapun Fakultas di Universitas Almuslim, yaitu : Fakultas Pertanian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknik, dan Diploma III Kebidanan.

Biaya kuliah Universitas Almuslim (UMUSLIM) dibilang cukup murah untuk biaya per semesternya. Untuk biaya kuliah yang mana sudah termasuk biaya ujian dan praktikum sebesar Rp 650.000 per bulannya.

Universitas Almuslim (UMUSLIM) menduduki peringkat 7046 (World) versi webometrics.

Website resmi: umuslim.ac.id

7. Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI)

Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI)
Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI)

Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) adalah Perguruan Tinggi terbaik ke 2 di Aceh. Untuk kamu yang berencana melanjutkan sekolah ke jenjang perkuliahan Universitas Ubudiyah Indonesia harus menjadi salah satu yang patut kamu perhitungkan. Dengan prestasi tersebut, tentu Universitas Ubudiyah Indonesia mempunyai tanggung jawab dan kredibilitas yang harus tetap dipertahankan, atau bahkan lebih ditingkatkan. Hal itu akan berdampak baik bagi sistem yang berlaku serta kualitas yang diterapkan di area kampus.

Adapun Fakultas di Universitas Ubudiyah Indonesia , yaitu : Fakultas Ekonomi, Fakultas FKIP, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Kesehatan, dan Fakultas Teknik.

Biaya kuliah Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) akan berbeda – beda setiap jurusan yang diambilnya. Tergantung golongan berapa dia mendapatkan UKT tersebut. Untuk biaya pendaftaran sendiri dikenakan biaya sebesar Rp 200.000.

Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) menduduki peringkat 14762 (World) versi webometrics.

Website resmi: uui.ac.id

8. Universitas Teuku Umar (UTU)

Universitas Teuku Umar (UTU)
Universitas Teuku Umar (UTU)

Perguruan tinggi negeri di Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, yang berdiri pada 10 November 2006. yang diresmikan sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 1 April 2014. Nama Teuku Umar diambil dari nama seorang Pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari Meulaboh Aceh Barat. Teuku Umar (1854 – 11 Februari 1899) adalah pahlawan kemerdekaan Indonesia yang berjuang dengan cara berpura-pura bekerjasama dengan Belanda. Ia melawan Belanda ketika telah mengumpulkan senjata dan uang yang cukup banyak.

Adapun Fakultas di Universitas Teuku Umar, yaitu: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Website resmi: unimal.ac.id

9. Universitas Samudera Langsa

Universitas Samudera Langsa
Universitas Samudera Langsa

Tanggal 13 Mei 2013 Universitas Samudra Langsa menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), sesuai dengan Peraturam Presiden RI Nomor 37 Tahun 2013 dengan nama Universitas Samudra, dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI pada tanggal 04 Juli 2013, yang disaksikan oleh oleh Anggota Komisi X DPR RI, Gubernur Aceh, Ketua DPRA, berserta unsur lainnya. Universitas Samudera Langsa berlokasi di Jalan Meurandeh, Kec. Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh.

Setelah Menjadi PTN, Universitas Samudra (Unsam) telah menjalin kerjasama dengan berbagai Universitas. Unsam memiliki staf pengajar (dosen) yang berkualitas tamatan dari ITB, ITS, UGM, IPB, UI, USU, UNSYIAH dan PTN lainnya di Indonesia. Unsam juga telah merekrut tamatan-tamatan terbaik dari PTN di Aceh untuk dididik menjadi dosen.

Adapun Fakultas di Universitas Samudra Langsa, yaitu : Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Teknik.

Website resmi:unsam.ac.id

10. Universitas Abulyatama (UNAYA)

Universitas Abulyatama (UNAYA)
Universitas Abulyatama (UNAYA)

Universitas Abulyatama (UNAYA) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Aceh yang terus berkembang menuju universitas terkemuka di Indonesia. Didirikan oleh Yayasan Abulyatama Aceh, dengan tujuan membawa dampak yang positif dalam usaha pembangunan dan turut serta mencerdaskan bangsa melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Universitas Abulyatama didirikan pada tahun 1983 dan memiliki gedung dan fasilitas belajar lainnya yang berada dalam satu kompleks milik sendiri di areal kurang lebih 40 Ha, yang terdiri dari Ruang Belajar/Perkuliahan, Perpustakaan Induk, Laboratorium Terpadu Kesehatan yang terdiri dari Laboratorium Skill, Laboratorium OSCE dan Laboratorium dasar kedokteran yang meliputi: Laboratorium Anatomi, Farmakologi, Biologi Medik, Kimia Medik, Patologi Klinik, Fisiologi, Fisika Medik, Parasitologi, Histologi Patologi Anatomi, Biokimia, Mikro Teaching dan Mikro Biologi, serta Laboratorium Teknik, Pertanian, Perikanan, Komputer dan Kesehatan, Lapangan Olah raga dan Tempat ibadah.

Adapun Fakultas di Universitas Abulyatama, yaitu: Fakultas  Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas ertanian, Fakultas Perikanan, Fakultas Ekonomi. Lulusan sarjana S1 yang berprestasi dan bersedia mengabdi dilingkungan Universitas Abulyatama akan diberikan kesempatan untuk melanjutkan studi program megister S2 dengan beasiswa dari yayasan Abulyatama.

Website resmi: abulyatama.ac.id

11. Universitas Serambi Mekkah

Universitas Serambi Mekkah
Universitas Serambi Mekkah

Universitas Serambi Mekkah menyediakan enam fakultas yang dapat kamu pilih, yaitu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dan Fakultas Tarbiyah (FATAR) dibawah pembinaan Ditpertais Depag RI.

Salah satu fakultas yang mengalami perkembangan yang cukup menonjol adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Hingga saat ini FKIP USM telah memiliki 10 program studi yang meliputi 8 (delapan) program S1 dan 2 (dua) program diploma. 11.053 orang, dengan jumlah dosen tetap tahun 2010 berjumlah 267 orang, Dosen Kopertis (PNS) 23 orang dan dosen tetap yayasan 144 orang, 60% telah memiliki kualifikasi pendidikan S2, 2,3% sedang menempuh S3 baik di dalam maupun luar negeri. Jumlah keseluruhan mahasiswa saat ini adalah 13.053 orang yang pada umumnya berasal dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Aceh dan berbagai provinsi lainnya di sekitar wilayah Aceh.

Website resmi: serambimekkah.ac.id

12. Universitas Gajah Putih

Universitas Gajah Putih
Universitas Gajah Putih

Universitas Gajah Putih ini berdiri dan berkembang untuk menyiapkan mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik, juga mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan serta pengaplikasiannya, dan untuk meningkatkan strategi berbasis mutu dalam berbagai ilmu pengetahuan. Visi tersebut terus diupayakan agar Universitas Gajah Putih dapt menjadi salah satu Universitas yang semakin unggul. Perguruan tinggi ini berada di Jalan Aman Dimot No 10 24513 Aceh, Indonesia

Website resmi: staingajahputih.ac.id

Itulah 12 Universitas Terbaik di Aceh yang patut kamu pertimbangkan. Jadilah sebaik-baiknya manusia yang membawa manfaat untuk banyak orang. Tuntutlah ilmu secara sungguh-sungguh, karena keberhasilan yang sejati adalah dimana kamu dapat melewati setiap proses dengan sungguh-sungguh. Jadikan ilmu sebagai sesuatu yang dapat menolong dirimu sendiri dan orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here