12 Contoh Surat Penawaran Barang / Harga / Jasa / Kerjasama Lengkap 2019

0
229
Contoh Surat Penawaran
Contoh Surat Penawaran

Surat penawaran merupakan media penawaran yang disampaikan secara tertulis dari pihak pengusaha kepada calon konsumen ataupun pihak yang akan diajak bekerjasama. Surat ini bisa berisikan penawaran akan barang, jasa ataupun tawaran kerjasama lainnya yang tentunya membawa nilai positif dan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Membuat surat penawaran pun perlu dilakukan dengan benar supaya bisa membuat pihak yang akan Anda ajak bekerja sama dapat merasa yakin dengan penawaran yang Anda ajukan, terlebih jika Anda akan bekerjasama dengan pihak-pihak profesional.

Surat penawaran ini perlu dibuat dengan panduan kaidah penulisan yang benar dengan bahasa yang resmi, sopan dan efektif agar inti surat dapat dengan mudah ditangkap oleh penerima. Penyusunan surat penawaran ini sedikit banyak bisa memberikan pengaruh terhadap keberhasilan Anda dalam menawarkan produk barang dan jasa yang Anda miliki.

Surat penawaran termasuk dalam kategori surat resmi yang pembuatannya perlu mengikuti kaidah penyusunan yang benar. Penyusunan serta isi dari surat penawaran yang diberikan dapat memberikan gambaran mengenai profesionalisme dari sebuah perusahaan. Maka dari itu pembuatannya memerlukan perhatian khusus.

Informasi Uang Wajib Ada di Surat Penawaran

Pada sebuah surat penawaran ada beberapa informasi yang wajib dicantumkan untuk membuat penerima surat dapat mendapatkan informasi yang jelas mengenai penawaran yang diberikan. Adapun bagian-bagian yang harus ada di dalam surat penawaran ini diantaranya:

a). Identitas Perusahaan Pengirim dan Penerima Lengkap dengan Jenis Usahanya

Setiap surat penawaran wajib mencantumkan identitas yang jelas dari pengirim serta tujuan penerimanya. Di dalam durat penawaran ini wajib disebutkan nama perusahaan pengirim surat penawaran lengkap dengan penjelasan mengenai jenis usaha yang dijalankan. Identitas ini harus disampaikan dengan lengkap dan jelas supaya pihak penerima surat dapat mengetahui informasi yang jelas.

b). Bagian, Divisi ataupun Departemen dari Perusahaan yang Dituju

Dalam sebuah perusahaan tentunya ada banyak divisi yang masing-masingnya menangani tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Sebelum mengirimkan sebuah surat penawaran pastikan Anda sudah mencantumkan tujuan surat dengan jelas. Tidak hanya nama perusahaan, Anda pun harus menuliskan bagian atau divisi spesifik yang dituju supaya surat bisa sampai di tangan yang tepat dan dapat langung ditindaklanjuti dengan segera.

c). Gambaran atau Deskripsi Dari Keunggulan Penawaran yang Anda Berikan

Tentunya setiap konsumen menginginkan penawaran terbaik yang mendatangkan keuntungan. Sudah pasti konsumen akan memilih penyedia barang ataupun jasa yang mempunyai keunggulan paling banyak dibandingkan perusahan serupa. Oleh karena itu ketika mengajukan surat penawaran Anda  perlu memberikan gambaran mengenai keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan Anda yang menjadi nilai tambah yang bisa dijadikan pertimbangan oleh calon konsumen. Berikan gambaran kelebihan tanpa menjatuhkan pihak lain, jangan sebutkan perusahaan atau produk kompetitor di dalam surat penawaran Anda.

d). Rekam Jejak Perusahaan

Guna semakin meyakinkan calon pembeli atau konsumen dengan perusahaan Anda sebaiknya jelaskan pula uraian singkat mengenai rekam jejak dari perusahaan Anda. Pencapaian terbesar atau proyek terbesar apa yang pernah berhasil perusahaan Anda tangani. Penyebutan rekam jejak perusahaan ini akan memberikan nilai plus yang membuat konsumen semakin yakin untuk menggunakan barang ataupun jasa yang Anda tawarkan.

e). Informasi Resmi

Surat penawaran yang disampaikan ke institusi resmi sebaiknya melampirkan beberapa informasi terkait perizinan maupun nomor dokumen resmi seperti NPWP ataupun surat izin perdagangan. Informasi ini diperlukan agar calon konsumen yang berupa institusi resmi mengetahui legalitas perusahaan Anda.

Cara Menyusun Surat Penawaran

Cara Menyusun Surat Penawaran

Selain membahas informasi apa saja yang harus ada di dalam sebuah surat penawaran, ada hal lain yang tak kalah penting untuk diketahui yaitu cara penyusunan surat penawaran itu sendiri. Surat penawaran sebaiknya disusun secara sistematis untuk memberikan informasi yang jelas dan mudah dimengerti oleh pembacanya. Jika Anda akan menyusun sebuah surat penawaran maka berikut ini adalah susunan idealnya:

a). Paragraf Kesatu

Di paragraf awal ada beberapa informasi yang sebaiknya dicantumkan sebagai pengantar surat, diantaranya adalah identitas perusahaan pengirim penawaran, sumber informasi yang menjadi dasar pengajuan surat penawaran serta informasi mengenai produk yang ditawarkan. Di paragraf pertama ini Anda harus mencantumkan identitas perusahaan serta dari mana perusahaan Anda mendapatkan informasi yang menjadi dasar penawaran. Sumber informasi ini bisa berupa surat yang lebih dulu disampaikan oleh perusahaan tersebut, kelanjutan dari diskusi antar perusahaan maupun sumber informasi lainnya. Ketiga hal tadi penting untuk dicantumkan agar pihak penerima surat penawaran bisa mengetahui dengan jelas mengenai sumber dan latar belakang dari datangnya surat penawaran tersebut.

b). Paragraf Kedua

Menginjak paragraf kedua Anda perlu menjabarkan mengenai substansi utama dari surat penawaran yang Anda sampaikan yaitu mengenai produk yang ditawarkan dengen penjelasan yang lengkap. Anda bisa memberikan penjelasan di dalam isi surat ataupun hanya memberi pengantar dan menjabarkan informasi lebih lengkapnya di bagian lampiran. Informasi mengenai produk ini harus disampaikan dengan jelas agar calon konsumen bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan bisa memperoleh keyakinan untuk menggunakan produk barang ataupun jasa yang Anda tawarkan.

c). Paragraf Ketiga

Pada paragraf ketiga merupakan paragraf penutup yang berisi ucapan terima kasih atas perhatian yang telah diberikan oleh pembaca surat serta ucapan yang menggambarkan harapan untuk dapat terlaksananya kerjasama antara pihak pengirim surat dengan penerima surat. Paragraf terakhir ini ditutup dengan salam penutup yang sopan dan resmi.

5 Alasan Pentingnya Surat Penawaran

Surat penawaran mempunyai peran yang cukup penting dalam menunjang sebuah kegiatan bisnis atau jual beli. Berikut ini beberapa hal yang menunjukkan betapa pentingnya surat penawaran produk:

1). Merupakan Tindakan yang Mencerminkan Profesionalisme

Penggunaan surat penawaran bisa mencerminkan bahwa sebuah perusahaan menjalankan bisnis secara profesional dan terstruktur. Surat penawaran ini merupakan salah satu bentuk komunikasi resmi tertulis yang dilakukan antar perusahaan, institusi atau lembaga yang jelas dan formal. Perusahaan yang menerbitkan surat penawaran ini dapat menampilkan citra yang baik yaitu sebagai perusahaan yang profesional, beretika dan serius dalam menjalankan usaha.

2). Informasi Dapat Disampaikan dengan Lebih Lengkap dan Terperinci

Selain metode marketing dari mulut ke mulut metode penggunaan surat penawaran ini memberikan kesempatan perusahaan untuk memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai produk kepada para calon pembelinya. Dibandingkan dengan promosi yang disampaikan secara lisan, informasi berupa tulisan ini dapat lebih dipahami oleh calon pembeli dan dapat pula dibaca ulang untuk semakin memantapkan pilihan untuk membeli produk yang ditawarkan tersebut. Perusahaan yang akan menawarakan produk dapat memberikan informasi sejelas mungkin mengenai produk unggulan yang ditawarkannya untuk semakin menjaring konsumen.

3). Metode Marketing yang Tepat Sasaran

Memberikan surat penawaran produk langsung ke target pasar yang dituju merupakan langkah promosi yang bisa dibilang cukup efektif. Semakin banyak sebuah perusahaan mengirimkan surat penawaran ke berbagai calon pembeli potensial maka akan semakin besar kesempatan untuk menjaring konsumen baru yang tentunya dapat mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Cara promosi dengan surat penawaran ini merupakan cara yang tepat sasaran dan punya potensi keberhasilan yang cukup besar.

4). Menjadi Pintu Pembuka Kerjasama Lain di Masa Mendatang

Bermula dari surat penawaran barang ataupun jasa barangkali akan terbuka pintu-pintu kerjasama yang lain antara perusahaan Anda dengan konsumen. Surat penawaran yang dibuat dengan tepat dan disampaikan dengan cara yang tepat bisa menjadi sinyal yang baik karena menunjukkan etika bisnis yang bagus. Konsumen tentunya akan lebih senang untuk bekerjasama dengan perusahaan ataupun penjual yang memiliki etika berdagang yang baik dibandingkan dengan yang berjualan dengan cara yang kurang tepat dan kurang memiliki etika bisnis. Siapa sangka dari surat penawaran barang ini perusahaan Anda bisa menjalin kerjasama yang jauh lebih besar nantinya.

5). Bisa Menjadi Bukti Tertulis yang Menjadi Dasar Penentuan Harga

Daftar harga barang yang dibuat secara tertulis di dalam sebuah surat penawaran bisa menjadi modal kuat bagi konsumen untuk mendapatkan penawaran harga yang tepat tanpa adanya mark up oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Adanya bukti tertulis di atas kertas membuat konsumen memiliki dasar untuk mendapatkan harga yang sama dengan apa yang tertera pada surat penawaran tersebut.

Contoh Surat Penawaran

Surat penawaran ada banyak sekali jenisnya, masing-masing surat perlu dibuat dengan menyesuaikan tujuan pembuatan surat, jenis produk dan pihak penerima dari surat itu sendiri. Anda bisa mencoba mencari contoh surat penawaran sebelum mulai menyusunnya supaya bisa mendapat gambaran mengenai cara penyusunan surat yang tepat. Berikut ini beberapa jenis surat penawaran dan contoh cara pembuatannya:

1. Contoh Surat Penawaran Barang

Contoh Surat Penawaran Barang

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan barang, maka tentu anda harus berusaha untuk menjual produk anda sebanyak mungkin. Untuk bisa meningkatkan penjualan, maka anda perlu melakukan beberapa pendekatan kepada perusahaan lain, seperti memberikan surat penawaran, maupun memberikan diskon ketika membeli produk anda.

PT FANYA
Jl. Pangeran Diponegoro No. 23
JAKARTA SELATAN

Jakarta, 03 Mei 2018

Nomer : 11/12/XII/2018
Hal       : Penawaran Barang
Lamp   : 1 Lembar Brosur AP/DG

Kepada
Manager PT Surya Jaya
Jl. Pattimura No. 3
Bandung

Dengan hormat,

Berdasarkan pengamatan kami, perusahaan Saudara sekarang sedang semakin berkembang dan tentunya semakin maju beberapa tahun terakhir ini. Dengan perkembangan tersebut maka harus didukung dengan peralatan kantor yang mencukupi dan sesuai dengan masa kini.

Dalam kesempatan yang baik ini, perusahaan kami bersedia untuk menawarkan beberapa produk alat kantor yang menjadi unggulan di perusahaan kami. Bersamaan ini kami lampirkan 1 lembar brosur sebagai bahan pertimbangan Saudara. Kami meyakini jika Anda memakai produk kantor unggulan yang diproduksi oleh perusahaan kami, maka pegawai Anda dapat bekerja secara efisien dan efektif sehingga akan meningkatkan prospek dari perusahaan.

Kami juga menawarkan promo spesial untuk perusahaan Saudara yaitu berupa pemberian diskon sebesar 10 % jika Saudara membeli produk kami sebelum tanggal 20 Mei 2018. Garansi dari produk kami adalah 2 tahun dari setiap produknya. Pembayaran bisa dilakukan dengan membayar uang muka sebesar 40 % dari harga total dan cicilannya dapat diangsur sebanyak 3 kali setelah barang sampai di tempat Anda.

Besar harapan kami untuk menerima pesanan dari Saudara. Kami yakin jika Saudara memesan produk kami, akan memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak. Atas perhatian dan kerjasama Saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Ahmad Subari

2. Contoh Surat Penawaran Produk dalam Bahasa Inggris

Contoh Surat Penawaran Produk dalam Bahasa Inggris

Kebanyakan perusahaan di Indonesia saat ini memang menggunakan surat penawaran produk dalam bahasa Indonesia. Namun bukan tidak mungkin juga bagi anda untuk menggunakan surat penawaran dalam bahasa Inggris. Hal ini mungkin saja jika anda mengirimkan surat penawaran produk kepada perusahaan yang berada di luar  negeri, atau mengirimkan surat penawaran kepada perusahaan multinasional.

CV TIRTA INVESTAMA
Jl. Melati No. 14, Malang
Phone: +62 8524649 77993
Email: ricarica@gmail.com

Malang, Mei 03, 2018

To
Designation.
General Manager Affair
PT INDOFOOD
Jl. Lettery Price No. 36
Surabaya

Dear Sirs,

Through this letter, let us introduce our company to you. Our company named PT Ricarica is engaged in the distributor of office stationery.

According to the information we collect, PT INDOFOOD is a property company that is growing rapidly and will open again some marketing office in Banda Aceh. In this connection, let us offer some of the stationery products that we market. Together with this letter, we attach a list of items and their respective prices.

If your company needs our services, then simply contact us via telephone numbers +62 8524649 77993 and we’ll deliver the goods directly to the site. Further, we will send you an invoice each end of the month for transactions occurring in the corresponding month. We will give special discount if accumulated purchase within one month of more than Rp 30.000.000, – (thirty million rupiah).

We hope that this offer can proceed in a form of cooperation that benefits both parties. If Mr interested, we are ready to make presentations and conduct further discussed.

Thus we submit the offer letter, delivered thank you for your attention.

Sincerely,

Fajar M Sukmawijaya

3. Contoh Surat Penawaran Produk Catering

Contoh Surat Penawaran Produk Catering

Perusahaan yang bergerak di bidang catering merupakan perusahaan yang banyak diminati sekarang ini. Namun agar bisa menjual produk anda dengan luas dan dalam jumlah yang besar, maka anda harus menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan yang bergerak di bidang event organizer misalnya.

Bandung, 18 Mei 2018

Nomor              : 015/FMS/PP/V/2018
Lampiran         : List Catering
Hal                    : Penawaran Produk Katering

Kepada Yth,
Bapak/Ibu WO Supermasi
Manajer Operasional
With Love and Passion Wedding Organizer
Jl . Arwinda No.10, Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Kami adalah penyedia jasa katering yang sudah berdiri selama 10 tahun. Bersama dengan datangnya surat ini, kami bermaksud untuk memberikan penawaran jasa dari katering kami untuk melakukan kerja sama dengan perusahaan Wedding Organizer yang Bapak pimpin. Kami akan memberikan penawaran harga terbaik jika Bapak bersedia bekerja sama dengan kami.

Hal-hal yang berhubungan dengan menu yang kami sediakan beserta daftar pilihan harganya bisa Bapak lihat pada berkas yang kami lampirkan bersama dengan surat penawaran ini.

Demikianlah surat penawaran jasa dari kami, besar harapan kami untuk bisa bekerja sama dengan perusahaan wedding organizer yang Bapak pimpin. Atas waktu dan kebijaksanaannya kami mengucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Fanny Meisya

4. Contoh Surat Penawaran Produk dan Kerjasama

Contoh Surat Penawaran Produk dan Kerjasama

Sebuah perusahaan supplier produk tertentu  akan lebih mudah menjual produknya dalam jumlah yang banyak jika memiliki jaringan distributor. Untuk itu, anda bisa tidak hanya memberikan penawaran produk saja, namun juga ikut menawari perusahaan lain menjadi distributor dari produk yang anda miliki.

Surabaya, 03 Mei 2018

Hal      : Penawaran Produk dan Kerjasama
Lamp  : Katalog

Yth Bapak Afifuddin
Pimpinan CV Sejahtera Abadi
Jln. Bumi Hijau No. 36
Surabaya

Dengan hormat,

Kami dari PT. Karya Ilmiah bermaksud untuk menawarakan kerjasama dengan CV Sejahtera Abadi untuk menjadi distributor produk-produk kami yang berupa:

1). Perlengkapan Sound System
2). Interior Dapur

Kami dari perusahaan akan memberikan kompensasi yang bisa dinegosiasikan kepada CV. Sejahtera Abadi jika bersedia menjadi distributor resmi produk dari perusahaan kami.

Mekanisme mengenai kerjasama dapat kami jelaskan lebih lanjut apabila CV Sejahtera Abadi tertarik dengan penawaran kerjasama yang kami sampaikan.

Demikian surat penawaran kerjasama ini, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Hendry Gunawan

5. Contoh Surat Penawaran Produk Komputer

Contoh Surat Penawaran Produk Komputer

Perangkat komputer merupakan salah satu produk yang mungkin tidak bisa ditiadaka oleh setiap perusahaan. Ada banyak pekerjaan yang harus dikerjakan dengan menggunakan komputer. Nah, jika anda merupakan supplier dari produk komputer, maka anda bisa memberikan surat penawaran produk tersebut kepada perusahaan lain.

Malang, 03 Mei 2018

Kepada
Yth. Manajer General Affair
PT Pratama Setya Utama
Jl. Araha No. 23
Jakarta

Dengan hormat,

Melalui surat ini, perkenalkan kami dari Perusahaan yang bernama PT. Untung Komputer yang bekerja di bidang distributor alat dan perlengkapan komputer.

Menurut informasi yang kami peroleh, PT Pratama Setya Utama adalah perusahaan properti yang sedang berkembang pesat dan akan membuka lagi beberapa kantor pemasaran di Malang. Sehubungan dengan hal itu, perkenankanlah kami menawarkan beberapa produk alat dan perlengkapan komputer yang kami pasarkan. Bersama surat ini kami lampirkan daftar barang beserta harganya masing-masing.

Jika perusahaan Anda menerima dan membutuhkan layanan kami, maka bisa langsung menghubungi melalui nomor telepon 0341-98xxx dan kami akan mengantarkan barangnya serta menginstalasi peralatan yang dibutuhkan. Kami juga akan memberikan harga khusus jika akumulasi pembelian lebih dari Rp 4.000.000,- (empat juta rupiah).

Kami berharap agar penawaran ini dapat dilanjutkan ke dalam suatu bentuk kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak. Apabila Saudara berminat, kami siap melakukan presentasi dan melakukan pembicaraan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Hormat kami,

Yaqub Hadi

6. Contoh Surat Penawaran Produk Sparepart

Contoh Surat Penawaran Produk Sparepart

Seperti kita ketahui, perkembangan penggunan kendaraan bermotor di Indonesia semakin meningkat. Maka secara otomatis, kebutuhan akan sparepart kendaraan juga akan semakin tinggi. Tidak heran banyak orang yang mendirikan usaha dan bergerak di bidang penyediaan sparepart kendaraan bermotor, baik itu sepeda motor maupun mobil.

Yogyakarta, 03 Mei 2018

Nomor       : I/123/Mei/2018
Lampiran  : –
Perihal       : Penawaran Barang

Yth. Marketing Manager
PT LA Dearis
Yogyakarta

Dengan hormat,

Kami perusahaan bernama Andika Teknik yang bergerak di bidang sparepart sepeda motor ingin menawarkan produk kami untuk perusahaan Bapak/Ibu dengan harga yang lebih murah dari pada perusahaan lainnya, namun tetap dengan kualitas sparepart yang sangat tinggi dan bergaransi.

Besar harapan kami agar Bapak/Ibu tertarik dengan produk yang kami tawarkan. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Iqbal Ramadhan

7. Contoh Surat Penawaran Produk Sabun Higienis

Contoh Surat Penawaran Produk Sabun Higienis

Sekarang ini kegunaan sabun bukan hanya sekedar untuk mandi saja. Namun lebih dari itu, ada banyak produk sabaun dengan embel – embel kecantikan ataupun higienis atau dan kesehatan. Sabun seperti ini juga terlihat semakin diminati sekarang ini. Jika anda merupakan supplier dari barang demikian, maka anda bisa menggunakan surat penawaran produk kepada perusahan lain.

Sleman, 03 Mei 2018

Nomor          : I/123/Mei/2018
Lampiran     : –
Perihal          : Penawaran Hand Soap Liquid

Yth. Purchasing Manager
Borobudur Hotel and Restaurant
Jalan Siliwangi 123
Sleman

Dengan hormat,

Dengan ini kami Djasmin Health yang bergerak di bidang produk kesehatan bermaksud untuk mengajukan surat penawaran produk kami kepada Bapak/Ibu dengan uraian sebagai berikut :

Djasmin Hand Soap Liquid

Merupakan sebuah produk sabun cair pencuci tangan yang sangat higienis dan mengandung antiseptic serta beberapa zat pembunuh kuman dan bakteri lainnya. Produk ini memiliki sejumlah kelebihan untuk menjaga kesehatan dan akan melindungi kita baik sebelum makan maupun sesudah makan.

Adapaun harga dari produk ini adalah Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) per galon dengan kandungan 10 liter.

Bapak/Ibu dapat membandingkan harga umum di pasar, yaitu sekitar Rp. 225.000,00 (dua ratus dua puluh lima ribu rupiah) per galon. Harga spesial yang kami tawarkan kepada Bapak/Ibu kami anggap sebagai harga promo, namun untuk kedepannya kami juga tidak akan mematok harga terlalu tinggi. Sebagai bahan pertimbangan, berikut kami cantumkan sample untuk test wash.

Demikian surat penawaran ini kami buat dengan harapan akan terjadi kerjasama yang menguntungkan antara kami dengan Borobudur Hotel and Restaurant. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Fanddy

8. Contoh Surat Penawaran Produk Elektronik

Contoh Surat Penawaran Produk Elektronik

Ada berbagai macam dan jenis peralatan elektronik yang banyak dibutuhkan saat ini, mulai dari peralatan elektronik rumah tangga, sampai dengan peralatan elektronik perkantoran. Jika anda merupakan supplier dari barang – barang tersebut, maka akan sangat baik jika anda mengirimkan surat penawaran prodok elektronik kepada perusahaan lain.

PT LISTRIK ABADI
Distributor Produk Elektronik Terpercaya dan Termurah
Jl. Jenderal Sudirman No. 335 Telp 233-333-333

Jakarta, 12 Maret 2018

Yth. Kepala Penyediaan Sarana dan Prasanara
PT Sinar Terang
Di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan diskusi yang sudah dilakukan antara pihak PT Sinar Terang dengan PT Listrik Abadi sebelumnya mengenai proyek pengadaan perabotan kantor PT Sinar Terang, bersama dengan surat ini PT Listrik Abadi bermaksud mengajukan penawaran produk-produk elektronik yang sekiranya dibutuhkan untuk pengisian kantor baru perusahaan Anda. Setiap produk elektronik yang diperjualbelikan di PT Sinar Terang adalah produk asli bergaransi resmi yang terjamin kualitasnya. Tak hanya menyediakan berbagai jenis alat elektronik, PT Listrik Abadi juga menyediakan layanan servis resmi yang memudahkan pelayanan purna jual.

Berikut ini beberapa produk elektronik unggulan dari PT Listrik Abadi yang tentu dapat menunjang aktivitas kantor Anda secara maksimal:

Produk                 Spesifikasi          Harga/unit       Garansi        Merk

TV layar datar      32 inch              Rp2.000.000   1 tahun          TF
40 inch                                              Rp2.500.000   1 tahun          TF
43 inch                                              Rp3.200.000   1 tahun          TF
AC                       ½ PK                    Rp1.500.000    3 tahun          MS
¾ PK                                                 Rp2.100.000   3 tahun          MS
1 PK                                                   Rp3.000.000   3 tahun          MS
1 ½ PK                                              Rp3.700.000   3 tahun          MS

Selain kedua jenis produk elektronik tadi masih ada banyak jenis elektronik lainnya yang tersedia di PT Listrik Abadi yang terlampir bersama dengan surat ini.

Demikian surat penawaran ini Saya sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya Saya ucapkan terimakasih. Besar harapan saya untuk bisa menjalin kerjasama bisnis dengen perusahaan Anda.

Hormat Saya
PT Listrik Abadi

Dendy Aulio
Manajer Pemasaran

9. Contoh Surat Penawaran Produk Sebagai Balasan Surat Permintaan Penawaran

Contoh Surat Penawaran Produk Sebagai Balasan Surat Permintaan Penawaran

Surat penawaran dikirimkan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti atas inisiatif sediri ataupun karena menerima surat permintaan penawaran dari perusahaan lain. Jika anda menerima surat permintaan penawaran dari perusahaan lain, maka anda bisa membalasnya dengan surat penawaran produk.

PT MAJU JAYA ELEKTRONIK
Jl. Perjuangan No. 123
Jakarta

Jakarta, 03 Mei 2018

Nomor      : 55/MJE/PP/V/2018
Perihal      : Penawaran Barang
Lampiran :
1 Buah Modul Rincian Barang dan Harga
1 Lembar Cara Pembelian dan Pembayaran

Kepada Yth,
Toko Elektronik Sanjaya
Jl. Muhammad Jam No. 2
Banda Aceh

Dengan hromat,

Sehubungan Sehubungan dengan surat permintaan penawaran barang yang telah Anda kirimkan kepada kami, maka bersama surat ini kami menawarkan barang-barang yang tersedia pada Perusahaan Kami, berikut dengan rincian barang secara rinci, daftar harga, cara pembelian dan cara pembayarannya.

Untuk lebih jelasnya kami lampirkan beberapa lampiran sebagai penunjang penawaran kami kepada Toko Elektronik Sanjaya.

Berikut lampiran yang kami sertakan:
1). 1 Buah Modul Rincian Barang dan Harganya,
2). Cara Pembelian dan Pembayaran

Demikian surat penawaran ini kami ajukan, atas perhatian dan kerjasamanya yang baik kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Fajar Agung

10. Contoh Surat Penawaran Properti Rumah Tangga

Contoh Surat Penawaran Properti Rumah Tangga

Berbagai produk properti rumah tangga tentu sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap rumah tangga. Maka bisa dipastikan juga kalau perusahaan penyedia properti akan memiliki penjualan yang tinggi. Namun agar bisa bersaing dengan perusahaan lain dan mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin, maka anda bisa menggunakan surat penawaran produk yang anda miliki.

PT LESTARI JAYA
Jl. Perjuangan No. 123
SURABAYA

Surabaya, 03 Mei 2018

Nomor       : 045/LTR/2018
Hal             : Penawaran Barang
Lampiran  : 1 Berkas

Kepada Yth,
PT ANUGERAH SEJAHTERA
Di Tempat

Dengan hormat,

Dengan datangnya surat ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami PT. LESTARI JAYA, dengan alamat di Jln. Perjuangan No. 123, Surabaya. Kami adalah perusahaan yang bergerak dibidang distributor properti rumah tangga dan telah bekerja sama dengan berbagai toko dan perusahaan yang bergerak dibidang properti.

Karena itu sesuai informasi yang kami peroleh, CV. ANUGERAH SEJAHTERA adalah perusahaan yang menjual berbagai macam properti yang sedang berkembang pesat dan membutuhkan pasokan properti dengan harga yang bersaing.

Sehubungan hal itu, kami mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok properti untuk perusahaan dan toko-toko yang bapak kelola. Harapan kami, penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai bahan perbandingan, silahkan bapak lihat di lampiran yang berisikan daftar harga produk properti yang kami sediakan. Jika perusahaan bapak berminat kami siap melakukan pembicaraan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerja samanya kami sampaikan banyak terima kasih.

Hormat Kami,

Ghandy

11. Contoh Surat Penawaran Produk Kosmetik

Contoh Surat Penawaran Produk Kosmetik

Produk – produk kecantikan dan kosmetik sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari manusia, terutama untuk kaum wanita. Tidak heran sekarang ini ada banyak perusahaan dan toko yang khusus menjual produk – produk kosmetik. Jika anda adalah salah satunya, maka anda bisa memberikan surat penawaran produk kepada perusahaan lain.

PT KHOSUNJU
Jl. Arif Rahman No. 45
Jakarta

Jakarta, 03 Mei 2018

Nomor       : 032/PNWRN/2018
Hal             : Penawaran Barang
Lampiran  : 1 Berkas

Yth. Marketing
CV Maju Bersama
Di Tempat

Dengan hormat,

Dengan surat ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami PT. Khosunju, dengan alamat di Jl. Arif Rahman No. 45 Jakarta. Kami adalah perusahaan yang bergerak dibidang distributor kosmetik dan telah bekerja sama dengan berbagai toko dan perusahaan yang bergerak dibidang kosmetik.

Karena itu sesuai informasi yang kami peroleh, CV Maju Bersama adalah perusahaan yang menjual berbagai produk kosmetik yang sedang berkembang pesat dan membutuhkan pasokan kosmetik dengan harga yang bersaing.

Sehubungan hal itu, kami mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok bagi kosmetik untuk perusahaan dan toko-toko yang bapak kelola. Harapan kami, penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai bahan perbandingan, silahkan bapak lihat di lampiran yang berisikan daftar harga produk kosmetik yang kami sediakan. Jika perusahaan bapak berminat kami siap melakukan pembicaraan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerja samanya kami sampaikan banyak terima kasih.

Hormat Kami,

Linda Kayhz

12. Contoh Surat Penawaran Produk Tas

Contoh Surat Penawaran Produk Tas

Bukan hanya sebagai tempat barang – barang jika bepergian, namun sekarang ini tas sudah memiliki manfaat lebih dari itu. Tas juga sudah dianggap fashion sekarang ini, terumata untuk kaum wanita. Maka tidak heran ada banyak brand – brand tas dengan harga yang sangat fantastis sekarang ini di pasaran.

PT TAS CANTIK
Jl. Pertahahan No. 123
BATAM

Batam, 03 Mei 2018

Nomor       : 045/HBR/2018
Hal             : Penawaran Barang
Lampiran  : Daftar Jenis dan Harga Barang

Yth,
Kepala Toko Fananda
Di Tempat
Dengan hormat,

Berkaitan dengan usaha Bapak/Ibu dalam bidang perdagangan retail perlengakapan wanita, maka bersama ini kami ajukan penawaran pembuatan barang berupa tas wanita berkualitas produksi kami untuk diperdagangkan di toko Bapak/Ibu.

Bersama ini pula perlu kami sampaikan bahwa produk kami yang berupa tas, sepatu, pakaian dan perlengkapan wanita lainnya merupakan produk berkualitas karena telah berpengalaman sejak tahun 1986. Saat ini produk kami telah memiliki pangsa pasar yang luas, tersebar di toko-toko retail di 5 kota di seluruh Indonesia, seperti Medan, Padang, Jakarta, Bandung, dan Surabaya, dengan harga jual yang kompetitif. Untuk spesifikasi yang lebih jelas mengenai produk kami, bersama surat ini kami sampaikan pula brosur produk kami tersebut.

Demikian Penawaran barang ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Ivan Juanda

Kesimpulan dan Pentingnya Surat Penawaran Produk

Setiap perusahaan yang menyediakan produk tertentu, sudah pasti menginginkan penjualan yang tinggi setiap harinya. Namun beratnya persaingan membuat hal tersebu bukanlah hal yang mudah, terutama untuk perusahaan – perusahaan yang masih baru dan belum banyak dikenal oleh masyarakat umum, terutama bagi perusahaan lain.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan dari produk yang mereka sediakan, mulai dari memasang iklan sampai dengan mengirimkan surat penawaran kepada perusahaan lain. Namun seperti kita ketahui bersama, biaya yang harus dikeluarkan untuk pemasangan iklan tentu bukanlah kecil dan akan terasa sulit bagi perusahaan kecil, terutama perusahaan yang baru berdiri.

Disinilah peran dari contoh surat penawaran produk bisa anda dapatkan. Dengan mengirimkan surat penawaran produk kepada berbagai pihak dan perusahaan lain, maka produk anda akan lebih cepat dikenal dan berpotensi untuk meningkatkan penjualan.

Memang harus diakui kalau menyediakan produk yang bagus tidaklah cukup untuk mendongkrak penjualan. Namun harus menempuh berbagai cara untuk bisa meraih keuntungan yang banyak. Dan salah satu cara termudah yang bisa dilakukan oleh para pelaku usaha adalah dengan cara mengirimkan surat penawaran produk kepada perusahaan lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here