110 PPK se Deli Serdang Dilantik, Sekda Beri Pesan Ini

Teropong.id – Pemilihan Umum (Pemilu) memiliki arti sangat penting dan strategis dalam proses penyelenggaraan dan pengelolaan sebuah bangsa dan negara.

“Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama, partisipasi, koordinasi dan sinergitas dari seluruh pemangku kepentingan dalam mewujudkan Pemilu berkualitas dan bermartabat. Sebab, kualitas pelaksanaan Pemilu menjadi penentu tonggak awal penyelenggaraan penggunaan lima tahun ke depan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang, H Timur Tumanggor SSos MAP dalam sambutanya pada Pelantikan, Pengambilan Sumpah/Janji Orientasi Tugas Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Deli Serdang pada Pemilu 2024 di Prime Plaza Hotel Kualanamu, Jalan Sultan Serdang, No.88, Desa Tumpatan Nibung, Kecamatan Batang Kuis, Rabu (4/1/2023).

PPK, sebut Sekda, memegang peranan strategis, terutama dalam penyiapan seluruh personel yang akan terlibat dalam agenda Penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024.

Hal itu merupakan entry point untuk mewujudkan pesta demokrasi yang mempunyai legitimasi di hadapan rakyat sebagai pemilik kedaulatan.

Sekda juga menekankan penyelenggaraan Pemilu yang sukses akan memberi jaminan kepada masyarakat bahwa visi dan misi Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan dapat diwujudkan bersama.

Ketua KPU Deli Serdang, Syahrial Effendi mengatakan jumlah anggota PPK se Kabupaten Deli Serdang untuk Pemilu 2024, sebanyak 110 orang.

Kepada seluruh anggota PPK, Syahrial Efendi meminta agar melaksanakan tugas sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan selalu menjaga integritas.

Dijelaskannya, tugas PPK yang harus dilakukan, pertama membentuk sekretariat PPK paling lambat 7 hari setelah pelantikan.

Kedua, berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan untuk mengusulkan dan merekomendasikan sekretaris dan staf Sekretariat PPK kepada Bupati Deli Serdang melalui KPU Deli Serdang.

“Pemilu bisa berjalan demokratis, jika penyelenggara Pemilu dan stakeholder yang terlibat di dalamnya melaksanakan tugas pokok dan fungsi dengan baik serta berkoordinasi dan bekerjasama secara harmonis. Untuk itu, mari kita kembangkan sinergitas dan saling mendukung dengan tetap berpedoman pada peraturan perundangan yang berlaku,” tegasnya.

Hadir pula pada pelantikan itu, Wakil Ketua DPRD Deli Serdang, Drs H Nusantara Tarigan Silangit SE MM MH; Kakan Kemenag Deli Serdang, Drs Abdul Haris Harahap MAP; pimpinan dan perwakilan OPD; Camat se- Kabupaten Deli Serdang; Ketua PWI Deli Serdang, Lisbon Situmorang; dan tamu undangan lainnya. (ri)