Taman Sakura Kebun Raya Cibodas di Bogor, Daya Tarik, Lokasi, Fasilitas dan Tips Berkunjung

Anda menyukai keindahan alam yang berada di negara Jepang? Jika jawabannya iya, kami yakin Anda pasti mengetahui tentang bagaimana indahnya pemandangan pohon sakura yang bunganya berwarna merah muda itu, kan? Tentu Anda tahu pesona yang ditawarkan oleh pohon ini. Sebab, dengan dominasi warnanya yang merah muda, pohon ini selalu merepresentasikan panorama romantisme.

Dan, tahukah Anda, bahwa penampakan pohon sakura sekarang bisa Anda lihat di Indonesia, sehingga Anda tak perlu pergi jauh-jauh ke luar negeri. Ya, pohon yang harusnya tumbuh di wilayah yang memiliki empat musim ini ternyata memang benar tumbuh di kabupaten Bogor, tepatnya di kawasan Kebun Raya Cibodas. Wow, menarik, bukan?

Daya Tarik Taman Sakura Kebun Raya Cibodas

Wisata Taman Sakura yang berada di Kawasan Kebun Raya Cibodas ini di lahan seluas 6000 meter persegi. Keunikannya adalah bunga sakura di taman ini bisa tumbuh dua kali dalam setahun, berbeda denganĀ  di negara asalnya yaitu Jepang yang justru hanya bisa bertumbuh sekali dalam setahun. Bunga sakura di Taman Sakura ini dapat mekar selama seminggu pada bulan Januari hingga Februari, dan pada bulan Juli hingga Agustus. Setelah dua minggu, kemudian akan layu.

Di Kebun Raya Cibodas ini sudah ada 7 dari 308 varian bunga sakura yang ada di dunia ini. Sebenarnya, bunga ini sudah ditanam sejak tahun 1953, hanya saja tempat wisata ini baru resmi dibuka pada tahun 2006. Tanaman ini berhasil tumbuh di ikoim tropis Indonesia dengan dicangkok.

Taman Sakura ini terletak di ketinggian sekitar 1.425 meter di atas permukaan laut. Sehingga letaknya yang berada di dataran yang cukup tinggi membuat suasana yang dirasakan di tempat wisata ini adalah sejuk dan segar. Suhu udaranya berada di kisaran 17 hingga 27 derajat celcius. Di tempat wisata ini, yang terpenting adalah Anda dapat menikmati keindahan bunga sakura yang berwarna merah muda ketika sedang mekar. Sangat cocok dijadikan latar belakang untuk berselfie.

Di Taman Sakura ini sekarang sudah tertata dengan rapi dan indah, terdapat danau kecil yang berada di tengah kebun yang di sekelilingnya terdapat pepohonan hijau. Kemudian di dasae lembah, Anda dapaty menjumpai sungai kecil, dengan air yang jernih. Kemudian di badan dan sisi sungai sudah terdapat batuan alan yang membentuk air terjun kecil yang menarik.

Kemudian, di Kawasan Kebun Raya Cibodas ini juga menawarkan banyak hal selain keindahan Taman Sakura, yakni rerumputan hijau yang luas, berbagai macam tanaman besar, tua dan langka, tanaman lumut yang unik, air mancur, rumah kaca dan dan kolam. Semua dapaty Anda nikmati bersama kesejukan alamnya.

Fasilitas Wisata Taman Sakura Kebun Raya Cibodas

Tempat wisata Taman Sakura di Kawasan Kebun Raya Cibodas ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap sekarang ini. Selain terdapat fasilitas umum seperti toilet dan tempat ibadah, terdapat juga beberapa wahana, yakni di Wana Wisata Cibodas, seperti wahana permainan untuk anak-anak, teater alam terbuka, shelter dan pendopo.

Selain fasilitas-fasilitas di atas, Anda juga dapat menikmati keindahan kawasan tempat wisata ini dengan melakukan camping. Sebab, telah disediakan juga fasilitas berupa camping ground yang dapat digunakan oleh Anda yang senang bermalam di alam.

Lokasi Wisata Taman Sakura Kebun Raya Cibodas

Tempat wisata unik ini dapat Anda jumpai di Desa Cibodas, di daerah kecamatan Pacet, Cianjur, tepatnya di Kawasan Kebun Raya Cibodas. Letaknya berada di dataran tinggi. Anda akan menikmati suasana sejuk khas pegunungan. Di perjalanan, Anda juga akan menjumpaai pemandangan pepohonan yang sangat menawan. Sangat menarik, bukan? Lokasinya cocok bagi Anda yang berniat mengambil foto pre-wedding.

Akses/Rute Menuju Lokasi Wisata

Jalur yang digunakan untuk menuju lokasi wisata ini dapat Anda tempuh melalui jalur puncak Bogor. Jaraknya sekitar 95 km apabila ditempuh dari Jakarta. Rutenya, apabila dari arah Jakarta//Bogor, Anda melewati Puncak Pass dan perkebunan teh. Kemudian, Anda menjumpai pertigaan Paragajen menuju Cibodas.

Kemudian, apabila Anda menmpuhnya dari arah Bandung, Cianjur dan Sukabumi, Istana Negara Bogor yang menjadi patokan. Kemudian lanjut sampai Anda menemukan Rumah Sakit Cimacam dan kemudian pertigaan Paragajen, ambil jalur kiri menuju Cibodas.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk dapat menikmati paket wisata alam beserta keindahannya di Taman Sakura Kebun Raya Cibodas, Anda hanya perlu merogoh kocek sekira 10.000 rupiah per orang untuk masuk. Kemudian ada biaya untuk parkir kendaraan pribadi. Untuk kendaraan beroda dua Anda dikenakan tarif 5.000 rupiah dan 20.000 rupiah untuk kendaraan beroda empat. Untuk jam operasional, tempat wisata ini dibuka setiap hari dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Itulah sedikit ulasan mengenai Taman Sakura Kebun Raya Cibodas, apabila Anda berkunjung ke Bogor dan sekitarnya, sempatkan untuk mampir ke tempat wisata ini ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *