Pantai Tanjung Kelayang di Bangka Belitung, Daya Tarik, Fasilitas, Lokasi dan Tips Berkunjung

Tanjung kelayang sudah dikenal oleh masyarakat sebagai tempat wisata sejak dahulu. Pemandangan yang menarik dari pantai ini adalah pulau kecil yang berbentuk batu-batu granit besar yang terletak 800 meter dari ujung pantai. Bentuk batu ini mirip kepala seekor burung, itulah mengapa tempat ini dinamakan tanjung kelayang. Kelayang merupakan nama salah satu jenis burung.

Pesona Pantai Tanjung Kelayang di Bangka Belitung

Pantai tanjung kelayang tidaklah sepopuler pantai tanjung tinggi yang letaknya tak jauh dari pantai tanjung kelayang, yang menjadi terkenal karena menjadi salah satu lokasi film laskar pelangi. Pantai ini juga sebenarnya menjadi lokasi dari film tersebut

tanjung kelayang merupakan semenanjung yang menjorok ke araj utara. Dengan pulau granit kelayang yang terletak di sebelah timur. Tanjung kelayang memiliki pantai berpasir putih yang terhampar sepanjang 4km. Pantai sebelah timur adalah tempat yang baik untuk berenang, karena perairanya dangkal serta jernih.

Pantai sebelah timur adalah pintu masuk tanjung kelayang. Disini hanya terdapat hamparan pasir putih, tidak ada granit. Dari pintu masuk, biasanya pengunjung berjalan sepanjang pantai sekitar 300m kearah utara, tempat dimana pengunjung bisa menemukan batuan granit yang tersebar di ujung semenanjung dan permukaan laut.

Di sisi barat pantai ini memiliki pemandangan yang berbeda. Sisi barat pantai terdapat lebih banyak batu-batu granit. Pemandangan menarik dari sisi barat ini adalah adanya 3 pulau kecil, sekitar 700 meter dari pantai.

Pemandangan disisi barat lebih menawan dengan perpaduan batuan granit besar yang tersebar di permukaan laut, apalagi ketika sore hari saat matahari terbenam. Spot terbaik menikmati pemandangan sisi barat pantai adalah dari ketinggian diatas puncak batu granit yang terletak di ujung semenanjung.

Tempat lain yang indah untuk dilihat adalah dari villa, sekitar 500 meter dari ujung semenanjung tanjung kelayang. Tempat ini seperti surga yang tersembunyi, meskipun semuanya merupakan perpaduan dari bebatuan granit seperti tempat lainya. Yang menjadi istimewa adalah pemandangan yang unik yang berbeda dari tempat lainya.

Pantai tanjung kayang memiliki laut yang berair biru kehijauan dengan pantai berpasir putih yang halus dan bersih. Serta memiliki gelombang laut yang tenang. Karenanya pantai ini menjadi tempat berenang yang cukup aman dan menyenangkan. Pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang pantai menambah kesejukan suasana pantai.

Diseberang pantai terdapat pulau yang terdiri atas tumpukan batu yang membentuk formasi seperti kepala burung. Karenanya, pulau granit ini disebut batu garude yang menjadi salah satu ikon dari pulau belitung.

Tanjung kelayang merupakan tempat awal jika anda ingin berkunjung ke pulau-pulau kecil sekitar tanjug kelayang seperti pulau burung, pulau lengkuas, pulau batu berlayar. Banyak perahu nelayan yang bisa disewa di sekitar pantai.

Dengan jarak yang dekat dari pantai, perjalanan menggunakan perahu akan menghabiskan waktu sekitar 30 menit dan anda bisa berkeliling pulau-pulau yang dikelilingi pasir putih dan tidak berpenghuni tersebut. Jangan lupa membawa bekal makan dan minum, karena tidak ada tempat makan di pulau-pulau tersebut.

Setiap tauhunya , pada bulan oktober, pantai tanjung kelayang ini dijadikan lokasi berlabuh bagi kapal yacht yang berlayar dalam kegiatan sail indonesia. banyak kegiatan dan event yang digelar disini seperti kegiatan festival maritim, lomba menyelam, festival layang-layang, turnamen bola voli tingkat ASEAN, dan masih banyak lagi.

daya tarik lain di pantai tanjung kelayang ini adalah kuliner. Wisatawan akan dibuat penasaran dengan suguhan tradisional di pulau belitung yang dijajakan di restoran-restoran. Restoran-restoran ini juga menyediakan berbagai menu utamanya seafood.

Yang terkenal adalah sup ikan, gangan dan cah kangkung. Masing-masing mempunyai rasa yang khas dan unik. Apabila anda mencari kuliner khas belitung, jawabanya adalah sup gangan, yakni sup ikan dengan kuah kuning dengan rasa asem segar karena dicampur dengan buah nanas.

Belitung sebenarnya bukanlah datarang tinggi yang cocok untuk ditanami kopi. Tetapi, anda direkomendasikan untuk mencicipi kopi belitung dengan pengolahanya yang khas. Bubuk kopi tidaklah dituang dalam satu gelas tetapi diaduk dalam satu wadah besar kemudian dituangkan kedalam beberapa gelas sekaligus. Hal ini bertujuan untuk mengurangi ampas kopi. Kopi khas belitung bisa anda dapatkan di kafe-kafe atau restoran di sekitar pantai tanjung kelayang.

Akses Menuju Lokasi Pantai Tanjung Kelayang

Lokasinya sekitar 28 km dari kota tanjung pandan. Jika anda berangkat dari Bandara Hanandjoeddin, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit. Pantai tanung kelayang berlokasi di dekat tanjung pandan. Jangan khawatir, perjalanan anda akan menyenangkan karena jalanya  lebar dan halus.

Disarankan untuk mengambil paket wisata supaya bisa menikmati perjalanan tanpa perlu ribet. Agen tur yang akan mengurus semua kebutuhan perjalanan. Bagi yang ingin backpakeran, anda bisa menyewa mobil atau motor atau memesan taksi dari bandara.

Penginapan di Pantai Tanjung Kelayang

Bagi yang ingin menginap , disekitar pantai tanjung kelayang terdapat banyak pilihan penginapan dari hotel-hotel berbintang , resort , cottage sampai hotel melati tersedia disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *