Pantai Iboih di Sabang, Daya Tarik, Lokasi, Fasilitas dan Tips Berkunjung

Pantai iboih sebenarnya merupakan pelabuhan yang digunakan untuk menuju pulau rubiah. Meskipun telah berbentuk dipelabuhan, namun keindahan pantainya tidak kalah menawan.

Daya Tarik Wisata di Pantai Iboih

Kota iboih pulau weh merupakan titik paling barat indonesia. Pantai iboih akan membawa anda kedalam keindahan alam yang sangat eksotis. Pulau kecil yang merupakan surga tersembunyi yang sebagian besar belum tersentuh oleh banyaknya kunjungan ini, tentu saja akan memberikan anda suasana yang lebih hening dan damai. Pantai ini menawarkan sejuta pesona yang akan memanjakan setiap mata para pengunjung.

Air lautnya yang jernih, berwarna biru dan perairan yang dangkal serta hamparan pasir putih yang bersih ditambah pepohonan hijau yang ada di hutan rekreasi menjadikan pantai iboih ini terlihat makin mempesona.

Pantai iboih sebenaranya memiliki nama resmi “teupin layeu” tetapi lebih dikenal dengan nama pantai iboih. Pantai ini menyajikan keindahan bawah laut yang bisa anda nikmati tanpa harus menyelam.

Banyak pengunjung yang mengagumi keindahan pantai iboih. Terdapat pula hutan lindung iboih yang mempunyai garis pantai yang sangat indah dengan pasir putih bersih dan batuan yang bersusun.tidak heran jika hutan lindung ini digambarkan seperti taman firdaus, karena bagi para pengunjung, inilah gambaran taman bermain sebenarnya.

Di pantai iboih terdapat banyak perahu milik penduduk yang bisa disewa untuk mengelilingi pulau atau sekedar mengunjungi spot-spot untuk melihat keindahan bawah laut di sekitar pulau rubiah. Perahu yang tersedia terdiri dari perahu besar dan perahu kecil. Bagi anda yang tidak mau berenang, anda bisa menaiki perahu besar yang dilengkapi jendela kaca bening menghadap ke dasar laut yang digunakan untuk menikmati keindahan bawah laut dari atas kapal.

Kegiatan yang bisa anda lakukan di pantai iboih yakni menyelam dan snorkeling. Karena pantai ini memiliki gelombang laut yang tenang. Wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan bawah laut dengan berbagai macam spesies ikan dan terumbu karang. Selain itu, anda bisa juga menikmati keindahan gunung berapi di bawah permukaan laut.

Snorkeling merupakan kegiatan favorit banyak orang yang dilakukan di pantai ini. Banyak wisatawan mengatakan bahwa perairan iboih merupakan sebuah akuarium besar karena jernihnya air dengan berbagai biota lautnya.

Aktifitas lain yang diminati banyak wisatawan adalah menyelam. Baik penyelam profesional maupun yang masih belajar datang dari seluruh dunia untuk menyaksikan fenomena gunung berapi aktif yang beada di bawah permukaan laut perairan ini. Gunung berapi ini meletus pada zaman pleistosen yang pada akhirnya memisahkan pulau weh dari pulau utama di sumatera.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan bawah laut dan tidak membawa perlengkapan snorkeling, anda tidak perlu khawatir, karena ada tempat penyewaan alat snorkeling dan menyelam. Anda bisa menyewa alat snorkeling dengan tarif sekitar Rp. 40.000. Bagi anda yang ingin menikmati surga bawah laut dengan diving, anda bisa menyewa peralatan diving sekaligus didampingi guide dengan harga sekitar Rp. 400.000.

Pantai iboih memiliki deburan ombak yang sedikit. Hal ini yang menjadikan suasana pantai terasa tenang. Pesona luar biasa dari harmonisasi alam di pantai iboih akan membuat anda ingin berlama-lama disana.

Menjelajah di pantai iboih dengan kontur berbukit juga akan memberikan anda petualangan yang berbeda. Sepanjang pantai anda akan disajikan dengan formasi bebatuan yang sangat menarik dan menjadi view terbaik untuk berfoto.

Selain petualangan laut, anda juga bisa mengeksplorasi hutan yang tak kalah menarik. Terdapat banyak spesies yang mendiami hutan. Hutan rekreasi iboih berdekatan dengan taman laut rubiah. Hutan ini dilindungi sebagai cagar alam untuk pulau weh.

Hutan ini merupakan habitat dari berbagai jenis hewan. Anda bisa berjumpa dengan burung yang berwarna-warni,  monyet liar, berbagai jenis reptil kecil dan besar dan sebagainya.

Akses Menuju Pulau Iboih

Iboih berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari sabang atau dari pelabuhan balohan. Untuk menuju pantai iboih, anda bisa melakukan perjalanan dari pelabuhan ulee lheue, provinsi aceh. Ketika telah sampai disana, anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan kapal fery atau speedboat menuju pelabuhan balohan, sabang.

Jika menggunakan speedboat anda akan dikenakan tarif sekitar Rp. 50.000 dan akan menghabiskan waktu perjalanan kurang lebih 45 menit. Jika ingin menggunakan kapal feri, perjalanan akan menghabiskan waktu selama 2 jam dan biaya sebesar Rp. 20.000 sesampainya di pelabuhan, anda bisa menggunakan transportasi umum untuk menuju pantai iboih.

Fasilitas dan Akomodasi ke Pulau Iboih

Beberapa  fasilitas dan akomodasi yang ada di pantai iboih sabang adalah penginapan , hotel, toilet, tempat ibadah, toko souvenir serta tempat persewaan snorkeling dan menyelam. Mayoritas penginapan di desa iboih adalah bungalow yang terdapat di pantai, di belakang hutan maupun di pusat pedesaan. Bungalow dengan harga murah masih ada, tetapi kini bungalow dilengkapi kamar mandi pribadi, bahkan ac.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *