Pulau Rubiah Aceh, Daya Tarik, Fasilitas, Lokasi dan Tips Berkunjung

Buat anda yang belum tahu, pulau Rubiah merupakan pulau yang berada di kota Sabang provinsi Nanggro Aceh Darussalam. Nama rubiah sendiri diambil dari nama seseorang yang bernama cut nyak rubiah, yang dimakamkan di pulau tersebut . Dan perlu diketahui, pulau ini disebut memiliki spot diving terbaik di kawasan Aceh. Penasaran, apa saja keistimewaan pulau ini?

Daya Tarik Wisata ke Pulau Rubiah

Ketika tiba di pulau rubiah, wisatawan akan disambut dengan pemandangan yang sungguh menakjubkan. Hamparan laut biru yang jernih berpadu dengan bukit yang hijau nan elok dipandang mata serta keindahanpasir putihnya.

Dahulu, sekitar tahun 1900an pulau ini dijadikan tempat transit oleh jamaah haji yang akan pergi ke mekkah. Pada zaman dahulu, jamaah haji menggunakan kapal sebagai transportasi utama menuju mekkah. Pada masa penjajahan, lokasi ini juga sempat dijadikan benteng pertahanan yang hingga kini masih bisa dijumpai sisa-sisa benteng tersebut.

Pulau rubiah ini juga mempunyai keindahan bawah laut yang menawan.  Anda bisa melakukan diving atau snorkling disini. Keindahan bawah laut pulau ini tiada duanya, terdapat beragam jenis ikan yang bisa anda jumpai seperti ikan nemo, angel fish, ikan botana biru, lion fish dan masih banyak lagi. Ada juga ikan hiu yang mucul biasanya di bulan pertama atau kedua tiap tahun.  Banyak juga terumbu karang yang berwarna-warni, anemon laut, dan alga. Kelestarian habitat bawah laut di pulau ini sangat terjaga.

Pulau ini memang surganya pecinta snorkeling dan diving. Anda akan dimanjakan dengan kecantikan biota bawah laut seperti ikan dan terumbu karang. Arus disini sangat tenang dan bersahabat dengan anda yang melakukan diving. Selain itu airnya yang jernih juga menambah dari spot diving di pulau rubiah.  Jika ingin melakukan snorkling, jangan ketinggalan untuk mengunjungi tempat transplantasi karang di pulau ini

Jika tidak ingin berenang, anda bisa menikmati keindahan bawah lautnya dengan menyewa kapal yang alasnya berupa kaca bening atau disebut dengan glass bottom boat, anda bisa menikmati biota bawah laut hingga kedalaman 15 meter. Anda bisa menyewa kapal kaca dengan biaya mulai dari Rp. 350.000 dengan penumpang 10-15 orang .

Jika anda pecinta fotografi, maka pulau ini sangat pas menjadi tujuan hunting foto anda dengan landscape yang menawan. Anda bisa memotret keindahan taman bawah laut dengan keindahan dan keberagaman biota lautnya. Disini, anda bisa mengambil gambar ikan-ikan cantik dan terumbu karang.  Banyak juga objek fotografi menarik lain seperti hamparan pasir putih nan eksotisnya, lautan biru yang memanjakan mata dan perbukitan hijau.

Selain aktivitas bawah laut, anda juga bisa melakukan aktivitas di daratan yang tak kalah seru.  Hamparan pasir putih yang bersih dan lembut akan menemani langkah kamu berkeliling pantai. Anda juga bisa berkeliling untuk melihat sisa-sisa bangunan tua bekas asrama ibadah haji. Terdapat juga 44 makam keramat dari orang yang dihormati di pulau Weh dan Banda Aceh.

Jika ingin berburu souvenir, di pantai iboih terdapat beberapa toko yang menjual aneka souvenir khas seperti T-Shirt berbentuk dan bermotif unik dan aneka kerajinan dari kayu dan kerang.

Akomodasi ke Pulau Rubiah

Letak taman laut rubiah berada sekitar 350 meter dari pantai iboih. Secara geografis, pulau ini masih merupakan bagian dari pulau weh, kota sabang, provinsi aceh. Pulau ini teretak di sebelah barat pulau weh. Untuk menuju pulau rubiah, wisatawan dapat menggunakan rute dari banda aceh ke pelabuhan ulee lheue. Lalu menyeberang ke pulau weh dengan menggunakan kapal feri.

Setelah sampai di pulau weh, wisatawan terlebih dahulu harus pergi ke pantai iboih. Dari sini anda bisa menyewa kapal motor menuju pulau rubiah dengan tarif cukup terjangkau hanya sekitar Rp. 20.000. perjalanan yang akan anda lewati sekitar 20 menit.

Fasilitas di Pulau Rubiah

Pulau ini masih memiliki fasilitas yang minim meski menjadi tujuan wisata bahari hingga mancanegara. Di pulau ini hanya terdapat satu tempat penginapan saja dengan dua kamar. Kebanyakan wisatawan akan kembali ke pulau Iboih. Disini juga belum dibangun mushola, tetapi wisatawan bisa beribadah di sekitar pantai Iboih. Tetapi , jika anda merasa lapar, di pulau ini terdapat beberapa penjual yang menjajakan makanan dan minuman.

Bagi anda yang ingin menikmati keindahan bawah laut dengan snorkling dan diving, disekitar pulau ini terdapat tempat persewaan snorkling dan diving cukup lengkap. Bagi anda yang ingin berfoto bawah laut,anda bisa menyewa kamera under water di pulau ini. Pemandu akan memotretmu bersama ikan-ikan cantik nan menawan di laut.

Tips Berkunjung ke Pulau Rubiah

Bagi anda yang berniat mengunjungi pulau ini ada beberapa tips, salah satunya adalah, jangan berkunjung saat bulan ramadhan, sebab, selama bulan ini tidak ada aktivitas melaut.

Selain itu, di hari kamis sampai jumat, hari raya haji, serta hari kemerdekaan Indonesia dan hari peringatan tsunami juga tidak ada aktivitas melaut. Bawa barang seperlunya saja agar tidak menyusahkan anda selama perjalanan. Dan jangan lupa selalu jaga kebershan pulau dan jaga kelestarianya jangan sampai merusak keindahan alami pulau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *