Pemandian Swiimbath di Sumatera Utara, Daya Tarik, Fasilitas, Lokasi dan Tips Berkunjung

Buat anda yang belum tahu, pemandian swiimbath merupakan objek wisata yang berada di kabupaten Simalungun provinsi Sumatera Utara. Bila dilihat sepintas, pemandian swiimbat ini seperti kolam renang kebanyakan, namun yang membuat banyak orang tertarik karena obyek wisata ini merupakan pemandian bersejarah peninggalan bangsa Belanda.

Daya Tarik Wisata Pemandian Swiimbath

Pemandian Swiimbath atau Kolam Renang Bahapal adalah kolam renang alami, jadi airnya sangat segar. Ini karena sumber airnya memang berasal dari alam, bukan air yang bercampur dengan kaporit seperti air di kolam renang pada umumnya.

Pemandian ini berukuran cukup luas, dengan air yang kolam yang sangat jernih berwarnah kehijauan. Pastinya, siapapun yang melihat akan tergoda untuk berenang di sana.

Objek wisata ini sangat cocok untuk dijadikan objek wisata keluarga, karena suasana disini sangat ramah terhadap anak-anak. Terdapat pula kolam untuk balita, dimana kolam khusus tersebut dibangun sedemikian rupa disesuaikan dengan balita pada umumnya dan areanya di batasi sehingga tidak bercampur dengan area pemandian orang dewasa.

Rekreasi di pemandian swiimbath ini termasuk objek rekreasi yang terbilang murah meriah, tiket masuknya di banderol dengan harga hanya 5 ribu rupiah saja dan untuk biaya parkir kendaraan hanya sekitar 3 ribu rupiah.

Siapapun yang berkunjung ke pemandian swiimbath ini pasti akan merasa betah dan rilek, selain karena air kolam yang segar, kondisi sekitar sangat asri dan sangat terjaga. Pepohonan yang mengelilingi area wisata sangat rimbung membuat area wisata terasa rindang dan sejuk.

Akomodasi ke Obyek Wisata Pemandian Swiimbath

Objek wisata Pemandian swiimbath ini berada di desa Nagori Naga Soppah Kecamatan Bandar Huluan Kabupaten Simalungun. Jika menuju ke lokasi wisata pemandian Swiimbat ini dari kota medan, anda harus melakukan perjalanan dengan kendaraan darat kurang lebih 2,5 jam. Rute perjalananya yaitu dari Medan berjalan menuju ke Lubuk kemudian menuju ke Pakam, dari Pakan darus lanjut lagi menuju ke Tebing Tinggi setelah sampai Tebing Tinggi anda harus melanjutkan perjalanan lagi menuju ke Seberlawan dan setelah seberlawan sampailah anda di kawasan perkampungan Bahapal.

Jalan yang akan anda lalui dalam perjalan menuju ke pemandian swiimbat ini tidak lah mudah, karena di daerah Sebelawanan kondisi jalanya rusak parah dan asplanya bahkan sudah hancur. Jadi ketika anda sedang berada di daerah Seberlawanan tersebut harus ekstra hati-hati demi keselamatan anda dan rombongan anda. Meskipun begitu jika anda sudah mmencapai daerah Seberlawanan trek kemudian tidaklah sulit, bahkan pemandian swiimbath ini cukup mudah anda temukan karena memang pemandian ini sudah sangat terkenal di warga setempat sehingga anda bisa menanyakan dimana lokasinya.

Fasilitas Wisata di Pemandian Swiimbath

Pemandian Swiimbat ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap karena memang sudah menjadi tempat wisata favorit warga sekitar sehingga pengadaan fasilitas umumnya terus di bangun dan dikembangkan. Terdapat area parkir yang sangat luas, terdapat juga beberapa pondok atau gazebo yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk beristirahat dan duduk-duduk santai, terdapat warung-warung yang menjajakan kuliner di sekitar area pemandian atau kolam, disediakan pula tikar yang bisa disewa oleh pengunjung biaya sewanya pun sangat terjangkau yaitu sekitar Rp. 10000 rupiah, ada juga penyewaan ban unutk berenang biaya sewanya dibandero sebesar Rp. 10000 rupiah, cukup terjangkau bukan?

Selain itu, fasilitas seperti ruang bilasan dan juga ruang ganti juga sudah tersedia hal ini tentunya membuat pengunjung yang berkunjung disini merasa nyaman. Pemandian swiimbat ini konon katanya dulu adalah pemandian orang Belanda.

Berada di kawasan PT. Perkebunan Nusantara atau PTPN  IV Laras. Mata air pemandian swiimbth ini sangat dijaga kebersihanya dan juga ke asrian alam sekitarnya. Namun meskipun begitu, seharusnya objek wisata ini mendapatkan perhatian lebih dari Pemerintah Daerah atau Pemerintah Kota karena minat wisatanya cukup menarik. Sangat jarang objek wisata terutama yang memiliki sebutan kolam renang namun memakai air yang bebas kaporit dan sehat serta baik bahkan untuk anak balita dan lagi airnya tidak membuat perih di mata.

Tips Berkunjung ke Pemandian Swiimbat     

Bagi anda yang berniat mengunjungi pemandian swiimbath ini ada beberapa tips yang sebaiknya diterapkan, salah satunya adalah, jangan berkunjung saat bulan ramadhan, karena ditakutkan air kolam tidak sengaja tertelan atau masuk melalui telinga.

Berkunjunglah diwaktu-waktu cuaca yang cerah, karena jika anda kesini pada waktu hujan tentu akan mengahmbat aktifitas anda disni seperti aktifitas berenang, yang jika anda memaksakan untuk berenang malah akan masuk angin.

Bawa barang seperlunya saja agar tidak menyusahkan anda selama perjalanan. Dan jangan lupa selalu jaga kebersihan area wisata, jaga kelestarianya agar tetap bisa dinimati oleh anak-anak dan cucu kite kelak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *