Wisata ke Puncak Geurutee di Aceh, Daya Tarik, Fasilitas, Lokasi dan Tips Berkunjung

Buat anda yang belum tahu, puncak geurutee merupakan salah satu objek wisata di daerah aceh jaya. Puncak ini berada di kawasan pegunungan yang memiliki pemandangan alam samudra yang membentang luas, sehingga terlihat sangat megah. Jika dilihat dari kejauhan terdapat beberapa pulau kecil terlihat seperti gugusan pulau yang cantik.

Daya Tarik dan Pesona Obyek Wisata Puncak Geurutee

Keindahan yang terlukis disini memang sungguh luar biasa, pesonanya mampu memanjakan setiap mata yang memandang, yang mensyukuri betapa indahnya negeri indonesia kita ini.

Puncak geurutee ini adalah salah satu objek wisata di aceh yang tidak pernah sepi pengunjung, dengan kata lain objek wisata ini adalah objek wisata favorit warga setempat bahkan tak sedikit pula wisatwan mancanegara yang sengaja berkunjung kesini.

Puncak geurutee berada di gunung geurutee, gunung tersebut dilintasi oleh jalur nasional sehingga para pengendara yang melintas jalur tersebut juga bisa sambil menikmati panorama gugusan pulau tersebut.

Dan seperti yang disinggung sebelumnya, pemandangan gugusan pulau yang terlihat memang sungguh eksotis, dikelilingi oleh samudra dengan air yang tampak berwarna biru dan pulau-pulau yang di penuhi dan ditumbuhi oleh tumbuhan hijau. Dijamin, siapapun akan betah berlama-lama menikmati pesonanya.

Terdapat banyak sekali warung-warung atau cafe yang dibangun di ujung tebing, tujuanya agar pengunjung yang ingin menikmati pemandangan tersebut bisa sambil memesan jajanan atau juga jelajah kuliner disini.

Cafe dan juga warung-warung yang ada disini sengaja didesain cukup cantik, mungkin memang sengaja disesuaikan dengan pemandangan yang terhampar di sekeliling. Jajanan kuliner yang dijual pun sangat beragam mulai dari seafood, kuliner daerah aceh, mie instan, mie cup, es kelapa muda, kopi aceh dan masih banyak lagi.

Sambil menikmati jajanan, pengunjung akan ditemani oleh angin sepoi-sepoi khas angin laut dengan udara gunung yang sejuk, sehingga tak heran bila tempat ini menjadi favorit banyak orang, untuk sekedar merelaksasi pikiran atau merefresh diri.

Daya tarik lainnya adalah, terdapat pekebunan durian di gunung geurutee, sehingga di setiap sisi kanan maupun kiri jalan sepanjang jalan di gunung terdapat kios yang menjual dan menjajakan durian hasil panen. Jika musim panen durian tiba, tentunya harganya sangat murah disini.

Sehinga diwaktu-waktu tersebut, banyak pengguna jalan yang mampir dan berhenti di samping jalan untuk memborong durian untuk dijadikan oleh-oleh atau dimakanĀ  langsung. Oya, durian hasil perkebunan di sini juga dikenal memiliki rasa yang legit dan juga sedap, bahkan sudah populer sebagai durian khas aceh.

Selain dihuni manusia, terdapat juga beberapa binatang khas yang tinggal dan mendiami kawasan gunung geurutee ini. Salah satunya yang sering terlihat adalah monyet, binatang ini bayak sekali ditemui bergelantungan di pohon-pohon, di atap cafe-cafe atau warung-warung yang terdapat di puncak gunung gerurutee. Monyet-monyet disini cukup ramah dan tidak mengganggu pengunjung sehingga kadang menjadi hiburan tersendiri terutama bagi pengunjung yang menyukai binatang.

Fenomena terindah di puncak gunung guerutee ini adalah ketika memasuki waku senja yaitu saat terjadi fenomena matahari terbenam, suasana sungguh sahdu cocok sekali dinikmati dengan orang-orang terkasih.

Akomodasi ke Puncak Geurutee

Gunung geurutee jika dilihat secara adminitratif berada di kawsan perbatasan kabupaten aceh jaya dan kabupaten aceh besar. Agar bisa mencapai puncak gunung geurutee ini wisatwan terlebih dahulu haru melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan darat selama 1,5 jam atau 75 kilometer.

Karena merupakan jalur nasional, kondisi jalanan disini sangat bagus dan mudah untuk dilalui dan sudah beraspal standar nasional. Meskipun begitu keadaan jalananya agak berkelok-kelok dan terdapat beberapa tikungan yang tajam dan curam membuat pengendara yang lewat disini harus sangat hati-hati.

Ada beberapa spot jalan yang langsung berada di sebelah jurang yang meghadap kelaut, dan rawah longsor ketika cuaca hujan yang ekstreem sehingga ketika hujan kadang objek wisata ini ditutup demi keselamatn bersama dan wiatwanpun diĀ  harap untuk tidak berkunjung pada waktu hujan.

Fasilitas Wisata Puncak Geurutee

Fasilitas disini sungguh lengkap, dan semuanya bisa dinikmati langsung oleh pengunjung atau wisatwan. Beberapa fasilitas yang terdapat disini yaitu, area parkir yang luas dan terdapat di beberapa sisi, musholla dan juga masjid, wc dan toilet umum, warung dan juga cafe untuk hunting kulineran, bahkan ada pula penginapan atau hotel untuk wisatwan yang berkenan menginap di sini.

Meskipun tempat wisata ini berada di puncak gunung, kebutuhan makanan wisatwan disini sangat tertanggung karena ada juga beberapa warung yang buka di malam hari. Disini juga dikenal sebagi surganya kuliner aceh, sehingga makanan yang akan anda temui disini sangat beragam.

Tips Aman Berkunjung ke Puncak Geurutee

Bagi anda yang berniat mengunjungi puncak geurutee ini ada beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan dan diterapkan, salah satunya adalah, jangan berkunjung saat cuaca sedang ekstrim, apalagi sedang terjadi hujan disertai badai, karena dikhawatirkan terjadi longsor. Selain itu karena berada di dekat laut angin ketika badai akan sangat kencang dan cukup membahayakan, terlebih bila membawa anak kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *