Wisata ke Pantai Balangan, Daya Tarik, Fasilitas, Lokasi dan Tips Berkunjung

Jika anda ingin merelaksasi diri di pantai yang memiliki suasana yang sepi dan nyaman, maka salah satu pantai yang kami rekomendasikan adalah pantai balangan di Bali. Lokasi pantai ini cukup jauh dari pusat kota, sehingga anda akan mendapatkan suasana sepi dan asri, cocok untuk menenangkan pikiran/jiwa anda.

Daya Tarik Pantai Balangan Bali

Bisa dibilang, pantai balangan merupakan pantai dengan pasir putih paling keren di pulau bali, selain pantai kuta. Pada sore hari, pemandangan sunset disini sangat indah karena letak pantai menghadap ke barat. Anda juga bisa memandang keindahan pantai dreamland (new kuta beach) jika anda berdiri diatas tebing balangan beach.

Pantai Balangan juga menjadi spot favorit peselancar kelas dunia untuk surfing, terutama peselancar dari australia yang sering datang ke Bali. Karena didukung oleh ombak yang besar dan tinggi serta panjang.  Pantai balangan dikenal sebagai salah satu pantai dengan ombak tinggi di bali dengan ketinggian 4-8 kaki. Bagi anda yang ingin belajar berselancar, disini tersedia jasa belajar surfing. Layanan yang menyediakan kursus surfing di pantai balangan yakni Balangan Wafe Surf School.

Pohon kelapa yang banyak tumbuh merupakan ciri khas pantai ini. Perpaduan pasir putih dan pohon kelapa merupakan sebuah harmoni yang indah.  Hal yang menarik dari pantai ini adalah tebing batu kapur yang menjulang tinggi. Tekstur pasir pantai ini sedikit kasar karena memang bukan pantai berpasir halus. Tetapi meskipun pasirnya tidak sehalus pantai sanur, jika anda menginjakkan kaki di pantai ini, maka anda akan menemui keindahan  dengan suasana pantai yang nyaman dan lumayan hening jika di banding pantai dreamland atau pantai kuta bali dengan jejeran pohon kelapa yang tertata rapi dan warna pasir pantai yang eksotis serta bersih.

Fasilitas penunjang juga sudah banyak di bagun di sekitar pantai. Wisatawan bisa menyewa kursi panjang milik penginapan untuk bersantai sambil berjemur menikmati sinar matahari. Jika anda merasa haus dan lapar, anda bisa singgah ke kafe disekitar pantai. Menu yang ditawarkan beragam. Tetapi yang menjadi favorit untuk melepas rasa haus adalah es kelapa muda.

Sebagian besar kafe disini menyediakan kursi bersantai . kursi-kursi yang berjejeran inilah yang semakin memperindah pemandangan pantai balangan. Anda juga bisa berenang, bermain pasir sambil menunggu sore hari untuk menikmati keindahan sunsetnya. Saat anda bermain air di pantai balangan, anda akan merasa seperti berenang diatas langit karena air laut berwarna biru cerah.

Cara menikmati sunset di pantai ini adalah dengan berdiri diatas tebing. Dari tebing, laut terlihat oranye , terkena pantulan sinar matahari . Pantai ini sangat cocok untuk anda kunjungi jika ingin berlibur ke pantai karena pantai ini memiliki pasir yang putih dan bersih, serta pengunjung juga tidak terlalu ramai.

Fasilitas dan Akomodasi ke Pantai Balangan Bali

Disekitar pantai, banyak tersedia penginapan dari mulai guest house, villa, sampai hotel. Tinggal sesuaikan budget anda untuk memilih tempat penginapan. Karena tempat ini berada jauh dari pusat wisata, tak mengherankan jika biaya akomodasi lebih murah dibanding wilayah kuta atau ubud.

Kafe juga banyak tersedia disini. Anda bisa bersantai sembari menikmati hidangan kafe. Anda bisa memilih menu khas bali dan es kelapa muda untuk menemani siangmu ditengah matahari yang terik, pasti akan serasa sangat nikmat.

Akses Menuju Pantai Balangan Bali

Pantai ini terletak di desa Ungasan, Kelurahan Jimbaran kecamatan Kuta Selatan. Cara cepat adalah menggunakan sepeda motor Dari Kuta harus memacu kendaraan menuju arah Jimbaran – Garuda Wisnu Kencana. Setelah berkendara sekitar 2 km anda akan bertemu perempatan jalan yang terdapat lampu lalu lintas. Setelah itu anda harus belok kanan menuju pantai balangan. Jalan cukup sempit dan berkelok-kelok tetapi sudah cukup bagus dan halus menuju arah Anda akan menghabiskan waktu sekitar 45 menit. Jika anda berangkat dari bandara Ngurah Rai, perjalanan anda akan memakan waktu sekitar 60 menit.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Tiap wisatawan yang datang ke pantai ini tidak dikenakan tiket masuk. Tetapi, bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp 2000 untuk kendaraan roda, sedangkan untuk roda empat dikenakan biaya Rp 5000.

Jika anda ingin merefleksikan diri dengan bersantai, waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah siang hari dengan bersantai di bawah pohon kelapa atau berteduh dibawah gazebo yang tersedia di pantai. Bagi anda yang datang ke pantai ini dengan tujuan berselancar, baiknya datang pada siang sampe sore hari, karena pada waktu-waktu ini ombak di pantai sedang tinggi yang akan mendukung aktivitas berselancar anda.  Jika anda berkunjung ke pantai ini dengan tujuan berenang,  baiknya anda datang pada sore hari ketika air laut sedang surut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *