Wisata ke Gili Trawangan, Daya Tarik, Fasilitas, Lokasi dan Tips Berkunjung

Gili Trawangan adalah salah satu gili yang bisa dibilang paling terkenal di Nusa Tenggara Barat, lebih tepatnya di pulau Lombok. Pulau satu ini bahkan sudah terkenal sampai mancanegara, sehingga tak heran bila ribuan wisatawan asing setiap harinya memenuhi pulau ini.

Tentang Obyek Wisata Gili Trawangan

Lombok memang banyak memiliki pulau-pulau kecil yang indah dengan panorama alam yang mempesona, salah satunya ya gili Trawangan ini. Perlu diketahui, sebutan gili sendiri memiliki arti pulau yang kecil. Gili Trawangan merupakan gili terbesar di antara 3 gili lainnya di pulau lombok dengan sarana dan prasarana serta akomodasi yang paling lengkap dibandingkan dengan gili lainnya. Itu juga yang menjadi alasan kenapa gili ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan selain fakta keindahan alamnya.

Banyak sekali aktivitas yang dapat Anda lakukan di tempat wisata ini. Kegiatan pasti yang banyak orang lakukan adalah berenang di pantai, air lautnya yang biru jernih membuat siapa saja yang datang akan tergoda utuk mencicipi langsung pantai ini. Terdapat banyak pilihan olahraga air juga, ada banan boat, jet ski, kayak, surfing, paddle boat dan masih banyak lagi. Selain itu, anda tidak mungkin melewatkan keindahan alam bawah lautnya kan, Anda bisa mencoba snorkling. Ada banyak tur hopping island yang menawarkan paket snorkling yang bisa Anda nikmati beramai-ramai.

Aktivitas lain yang tak kalah seru adalah diving. Bagi Anda yang sudah mahir dan bersertifikat diving, bisa langsung bergabung di Dive Center. Bagi Anda yang yang belum memiliki license bisa juga mencoba Discovery Scuba Diving, Anda akan ditemani dan dilatih instruktur yang sudah berpengalaman. Jika jenuh dengan wisata air, Anda bisa mencoba berkeliling gili Trawangan dengan menggunakan sepeda dan cidomo karena di lokasi wisata ini memang kendaraan bermotor dilarang. Anda bisa menyewa sepeda di tempat-tempat penyewaan yang sudah di sediakan. Di tempat wisata ini juga banyak lo spot-spot buat huntinng foto yang pasti bakalan keren abis. Baik di daratan, pantai, bahkan di bawah air juga bagus pemandangannya.

Mengunjungi tempat wisata tanpa berwisata kuliner rasanya tidak mungkin. Nah, di gili Tarwangan banyak sekali cafe, bar dan restoran yang bisa Anda kunjungi untuk memanjakan lidah Anda. Menu makanan di sini tersedia mulai dari makanan lokal, menu Indonesia, hingga menu makanan asing seperti Amerika, China dan Eropa.

Fasilitas Wisata yang Ada di Gili Trawangan

Fasilitas pendukung tempat wisata ini tergolong sudah cukup lengkap. Di Gili Trawangan ada banyak penginapan-penginapan mulai dari home stay yang murah meriah hingga resort mewah yang lumayan mahal ada di tempat wisata ini, tentunya dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang memadai. Semakin dekat dengan lokasi pantai, tentu saja akan semakin mahal tarif sewa per malamnya. Selain penginapan terdapat banyak cafe, restoran dan bar, jadi Anda tidak perlu khawatir kelaparan. Di tempat ini juga terdapat bermacam jenis mesin ATM, sehingga jika uang cash Anda habis, langsung tarik tunai saja, gampang kan.

Lokasi Wisata Gili Trawangan

Gili Trawangan terlatak di sebelah Barat laut Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Akses Menuju Obyek Wisata Gili Trawangan

Ada banyak jasa tour anda travel yang bisa Anda gunakan untuk menuju lokasi wisata gili Trawangan. Jika Anda berangkat dari Senggigi, Anda bisa berangkat dari pelabuhan Bangsal, jarak antara Senggigi dengan pelabuhan ini sekitar 24 km. Jika Anda ingin berpetualang sendiri tanpa menggunakan jasa agen tour, Anda bisa naik taksi menuju pelabuhan Bangsal. Untuk jadwal keberangkatan public boat sendiri biasanya jam 5 sore.

Kalau Anda ingin pergi ke gili Trawangan dari Bali, Anda bisa menyewa speed boat yang bisa langsung dari beberapa pelabuhan yang ada di Bali misalnya Tanjung Benoa dan pelabuhan Pulau Serangan, tapi biasanya biaya yang dibutuhkan sangat mahal.

Kemudian jika Anda berangkat dari bandara Internasional Lombok, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Mataram dengan naik bus Damri dan turun di Pool Damri. Dari Poll Damri langsung lanjutlkan perjalanan ke terminal Mandalika, jaraknya hanya 2 km. Di terminal Anda bisa memilih angkutan umum yang menuju desa Pemenang. Dari desa Pemenang Anda bisa naik ojek menuju pelabuhan Bangsal, sesampainya di pelabuhan Anda tinggal menyebrang saja menggunakan public boat untuk sampau di gili Trawangan.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk masuk ke gili Trawangan, pengunjung tidak dikenai biaya tiket masuk. Hanya saja pengunjung harus membayar ongkos public boat untuk menyebrang ke gili Trawangan, tarifnya tergantung dari jasa yang dipakai. Penyebrangan di buka setiap hari pada jam 8 pagi hingga 5 sore.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai wisata di gili Trawangan di Lombok Nusa Tenggara Barat. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *