Wisata ke Air Terjun Pria Laot di Sabang, Daya Tarik, Fasilitas, Lokasi dan Tips Berkunjung

Sabang tidak hanya terkenal dengan keindahan pantai dan taman lautnya, tetapi juga menawarkan wisat air terjun yang juga sangat mempesona. Nah, bagi anda pecinta wisata alam dan petualangan, salah satu obyek wisata yang kami rekomendasikan adalah air terjun pria laot ini.

Pesona yang Ditawarkan Air Terjun Pria Laot

Nama pria laot berasal dari nama desa tempat air terjun itu berada yakni desa pria laot. Kawasan wisata ini menawarkan sebuah pemandangan alam yang masih alamu. Pepohonan hijau yang mengelilingi lokasi air terjun membuat udara sekitar menjadi terasa segar dan sejuk.

Yang menjadi daya tark dari air terjun ini adalah adanya sebuah kolam dibawah air terjun. Walaupun kolam itu tidak begitu luas, namun berenang dan berendam didalam kolam air terjun merupakan sebuah aktivitas yang sangat mengasyikan.

Semakin lama anda berendam di kolam ini, andda akan merasakan sensasi terapi. Tubuh anda akan serasa seperti digelitik. Hal ini disebabkan karena didalam kolam terdaat ikan-ikan kecil yang dikenal dengan nama ikan garra rufa atau penduduk setempat menyebutnya ikan bulan.  Ikan ini bermanfaat bagi kesehatan meskipun berukuran kecil. Ikan ini mampu membuang sel-sel kulit mati terutama di bagian telapak kaki.

Selain memakan sel-sel kulit mati, ikan ini juga akan membuat kulit anda terasa lebih lembut karena enzim yang dikeluarkan dari mulut ikan. Enzim tersebut juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang membuat kulit menjadi halus dan elastis serta memperbaiki pertumbuhan kulit yang tidak sehat.

Terapi ikan juga membantu melancarkan peredaran darah dan menstimulasi titik-titik akupuntur sehingga membuat sistem syaraf menjadi rileks serta menghilangkan pegal-pegal.  Terapi ikan ini juga akan membuat tidur malam anda lebih efektif sehingga ketika bangun badan anda akan terasa lebih segar.

Air yang mengalir di tempat ini bersumber dari gunung sarung keris dan danau aneuk laot. Sebelum sampai di lokasi air terjun, air tersebut mengalir menelusuri sungai pria laot sampai akhirnya menuju ke lokasi air terjun pria laot. Airnya benar-benar terasa segar dan jernih.

Air terjun pria laot ini masih jarang dikunjungi wisatawan. Mungkin karena terkendala akses perjalannya menuju tempat wisata ini yang menantang. Tetapi bagi anda yang menyukai tantangan , jalan menuju air terjun inilah yang paling diminati.

Air tersebut kemudian mengalir deras diantara bebatuan berwarna hitam. Bentuk bebatuan yang unik membuat lokasi ini terlihat begitu eksotis. Air terjun pria laot ini menawarkan air yang sangat segar dan pemandangan alam yang menawan. Sebuah harmonisasi yang sempurna untuk anda yang ingin menenangkan diri.

Selain itu, terkadang anda juga akan disuguhi atraksi anak-anak dari penduduk setempat yang melakukan salto ke dalam air terjun pria laot ini. Pengunjung juga bisa mengapresiasi keberanian mereka dengan mlemparkan koin kedalam air. Kemudian, anak-anak akan menyelam dan menemukan kembali koin yang pengunjung lempar.

Rute Menuju Air Terjun Pria Laot

Air terjun pria laot terletak di hulu gunung sarung keris, bagian selatan pulau weh,  sekitar 12 meter dari pusat kota sabang. Untuk menuju lokasi wisata, anda bisa menyewa mobi, motor atau menggunakan transportasi umum seperti angkot atau ojek. Apapun jenis transportasi yang anda gunakan untuk mengunjungi lokasi wisata, anda harus berhenti di ujung jembatan desa yakni dekat menara pompa air minum kota sabang.

Dari jalan nasional menuju km 0, beloklah kiri setelah meunasah pria laot. Bagi anda yang membawa kendaraan mobil, anda bisa bisa memarkirkan kendaraan di dekat jembatan di depan perusahaan air minum. Bagi anda yang membawa motor lokasi parkir berada di rumah warga, tidak jauh dari lokasi pompa air. Dikenakan parkir tarif sebesar rp. 2.000.

Perjalanan akan di mulai dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 kilometer. Pengunjung harus melewati jalan setapak yang telah dilapisi semen. Pengunjung juga harus menyebrangi sungai melalui jembatan beton. Kegiatan ini merupakan petualangan melintasi alam yang menyenangkan.

Selama perjalanan, pengunjung akan ditemani dengan pemandangan alam yang menawan, udara yang sejuk dan suara burung yang berkicau khas pulau weh. Anda akan merasakan keasrian hutan lindung.  Jika beruntung, anda akan melihat beberapa spesies seperti burung dan kupu-kupu yang hinggap diantara rimbunya dedaunan. Inilah yang membuat anda tidak bosan selama melakukan perjalanan.

Setelah melalui jalan setapak, anda harus melewati jalan dengan bebatuan yang berlumut dan melintasi jembatan yang memanjakkan mata anda karena aliran sungai dibawahnya sangat jernih. Sesampainya di lokasi wisata air terjun pria laot, anda akan disuguhkan pemandangan bukit setinggi 15 meter dan air terjun yang bergemuruh memecah bebatuan.

Penginapan dan Akomodasi

Bawalah makanan dan minuman secukupnya saat akan berkunjung ke air terjun pria laot karena disekitar lokasi ini tidak tersedia kios-kios penjual makanan. Jika ingin menginap, anda bisa mencari penginapan di kota sabang. Disana banyak tersedia penginapan dengan harga bervariasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *