Air Terjun Kedabuhan di Aceh Singkil, Daya Tarik, Fasilitas, Lokasi dan Tips Berkunjung

Bagi anda yang suka berwisata alam atau sedang mencari tempat wisata yang jauh dari kebisingan kota, air terjun kedabuhan bisa menjadi pilihan anda melepas penat. Dengan keeksotisan dan keindahan pemandangannya yang masih cantik alami, tak heran bila destinasi ini tak pernah sepi pengunjung.

Pesona Keindahan Air Terjun Kedabuhan di Aceh Singkil

Untuk sampai ke air terjun, anda harus menuruni sekitar 377 anak tangga. Setiap anak tangga berukuran kurang lebih 50 cm. Tentunya dibutuhkan kehati-hatian yang cukup tinggi untuk melewati anak tangga yang cukup ekstrim ini.

Setelah menuruni anak tangga tersebut, anda bisa melihat pesona pemandangan yang begitu indah. Ditambah dengan suara gemericik air terjun yang khas, tampilan airnya yang bersih dan segar, serta banyak pepohonan rindang disekeliling air terjun,  menambah kesan alami yang semakin terasa. Pastinya semua rasa lelah dan letih anda selama menuruni anak tangga, akan terbayar saat sampai dasar air terjun. Oya, jangan lupa membawa bekal makanan minuman serta perlengkapan lain yang dibutuhkan, karena disini tidak ada orang berjualan.

Kekurangan yang cukup menonjol dari obyek wisata ini adalah akses atau jalannya menuju lokasi yang masih belum beraspal, kurang lebih sejauh 5 kilometer serta minimnya infrastruktur didalam objek wisata ini. Seperti belum tersedianya toilet dan tempat beristirahat yang memadai/nyaman.

Selain karena pesona alam yang ditawarkan, suasana sepi dan asri yang disuguhkan menjadi alasan banyak pengunjung datang ke destinasi ini. Memang bisa dibilang, obyek wisata air terjun ini jarang dikunjungi orang, mungkin salah satu alasannya karena enggan melewati ratusan anak tangga dengan kemiringan hampir 7 derajat tersebut. Terlebih bagi wisatawan atau pengunjung yang fisiknya kurang fit, yang masih anak-anak atau yang sudah berusia lanjut.

Namun disisi lain, hal ini justru menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi warga perkotaan yang bosan dengan keramaian dan kebisingan kota. Dan pastinya obyek wisata ini sangat tepat untuk dijadikan tempat relaksasi atau sekedar merefresh pikiran.

Tepat berada di bawah air terjun, terdapat kolam air yang lebar menyerupai danau bulat yang terbentuk karena derasnya hempasan air terjun yang jatuh ke bawah. Saran kami, sebaiknya jangan berenang di kolam tersebut karena ombak yang terbentuk dari hempasan air terjun itu mempunyai arus bawah air yang terbilang deras, sehingga rawan terseret jika anda berenang.  Dengan medan tersebut, memang lokasi disini sangat berpotensi untuk dijadikan tempat arung jeram yang menantang.

Pada sore hari terdapat fenomena yang mengagumkan jika pengunjung datang saat cuaca sedikit mendung. Cahaya matahari yang memudar dan timbul akibat awan bisa memunculkan pelangi yang melingkari tepat di air terjun. Biasanya, pelangi ini akan hilang dan muncul mengikuti cahaya matahari. Apabila matahari muncul dibalik awan, pelangi akan muncul, dan kembali menghilang ketika matahari tertutupi awan. Begitu seterusnya.

Lokasi dan Akses Menuju Air Terjun Kadabuhan

Obyek wisata alam yang cantik ini berada di taman hutan rakyat, tahura desa Jontor kecamatan Penanggalan, kota Subulussalam. provinsi Nanggro Aceh Darussalam. Air terjun ini berjarak kurang lebih 7 km dari pusat kota subulussalam.

Jika anda datang dari arah barat subulussalam (tapangtuang, blang pidie,  dan searah jalan tersebut) maka air terjun ini berada di sebelah kiri. Tetapi, jika anda datang dari arah timur (medan, sidikalang, dan searah dari jalan tersbut) objek wisata ini berada di sebelah kanan.

Hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit dari pusat kota untuk bisa sampai ke gerbang lokasi air terjun yang tempatnya berada di dalam area hutan kayu kapur, pinggir sebelah timur kota subulussalam. Perbatasan provinsi aceh-sumatera utara.

Anda bisa menaiki kendaraan bermotor atau sepeda downhill untuk sampai ke air terjun. Anda bisa memarkirkan kendaraan di pinggiran hutan kemudian mulai menuruni anak tangga menuju ke lokasi air terjun. Setelah menuruni tangga kurang lebih selama 25 menit, anda akan tiba di pinggiran sungai Lae Kombih, dari lokasi ini, suara gemuruh air terjun sudah mulai terdengar.

Perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri rimbunya pepohonan dan tepian sungai. Dibalik tikungan bebatuan cadas, air terjun berada dengan ketinggian 50 meter dan lebar sekitar 15 meter. Tebing batu yang menjulang mengelilingi air terjun membuat pemandangan begitu eksotis dengan air yang masih jernih dan segar. Saking jernihnya sampai dasar bawah kolam air terjun terlihat jelas.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Kedabuhan

  1. Sebelum memutuskan untuk berkunjung ke sini, pantaulah cuaca terlebih dahulu, karena akan sangat menggangu perjalanan anda ketika tiba-tiba turun hujan.
  2. Untuk menghemat pengeluaran, anda bisa membawa makanan sendiri.
  3. Bawalah barang-bawang yang diperlukan saja, karena jika terlalu banyak, akan merepotkan anda sendiri.
  4. Pengunjung biasanya akan sangat ramai jika di ari libur. Sebaiknya datang di hari biasa agar anda lebih bebas menikmati pemandangan air terjin kedabuhan.

Demikianlah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *