Wisata ke Pantai Losari, Daya Tarik, Lokasi dan Tips Berkunjung

Bagi para pelancong dan penikmat wisata pantai, nama pantai satu ini pasti tidak asing lagi, ya Pantai Losari. Pantai ini menjadi ikon dari kota Makassar yang sekaligus sebagai destinasi wisata yang paling populer disana. Lokasi pantai ini juga terbilang unik karena terletak di pusat kota.

Daya Tarik Pantai Losari

Banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke pantai ini karena keindahan dari pemandangan saat senja dan sore hari yakni ketika matahari terbit dan matahari terbenam. Dua momen ini memang sayang untuk dilewatkan. Pemandangan pantai yang luas terhampar dengan hiasan pohon-pohon kelapa di tepinya menambah indah suasana sore hari ketika sang surya akan kembali ke sangkarnya.

Selain itu, daya tarik lain dari pantai ini adalah wisata kulinernya. Berbagai macam olahan seafood yang masih segar dapat Anda nikmati di pantai ini mulai dari cumi-cumi, ikan pari, dan lobster tersedia. Ada juga berbagai makanan khas Makassar yang dapat Anda cicipi juga di pantai ini seperti pisang epek, pallu butung, sop konro, coto makassar, dan pisang ijo. Nikmat bukan.

Sambil melihat indahnya pemandangan matahari terbenam Anda bisa menikmati kuliner yang disajikan untuk Anda. Suasana yang nyaman dan tenang menambah nikmat santap sore Anda. Pantai ini akan semakin ramai bila malam tiba, banyak muda-mudi yang menghabiskan waktu sambil berjalan-jalan di tepian pantai atau hanya duduk bersantai di bangku-bangku yang telah disediakan sembari ngobrol dengan teman atau keluarganya.

Pantai Losari juga dimanfaatkan sebagai tempat berolahraga. Biasanya di pagi hari akan banyak orang berlari pagi, jogging, atau sekedar berjalan-jalan santai. Udara yang sejuk dan angin sepoi-sepoi menambah segar suasana saat berolahraga.
Fasilitas Wisata

Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung. Ada wahana air yang dapat Anda sewa seperti perahu, sepeda air, dan banana boat. Memang di pantai ini pengunjung dilarang berenang dan juga pantai ini tidak memiliki pasir yang bisa Anda mainkan. Sebagai gantinya adalah wahana-wahan air tersebut.

Anda juga bisa menyewa becak khas Makassar untuk berkeliling di sekitar pantai Losari sambil menikmat inadhnya pemandangan alam yang masih asri dan sejuknya udara yang masih bersih, terbebas dari polusi. Fasilitas lain yang ada di lokasi ini adalah tempat-tempat makan yang benyak berada di tepi pantai, Masjid yang cukup besar dengan 2 kubah dan 2 menara dan uniknya masjid ini berada di atas air alias mengapung, nama masjid ini adalah Masjid Amirul Mukminin yang berdiri megah di atas perairan pantai Losari.

Pengunjung juga akan mendapatkan fasilitas wifi gratis. Keren bukan pantai satu ini. banyak muda-mudi yang datang ke pantai ini untuk sekedar nongkrong dan memanfaatkan fasilitas wifi gratis ini. Jika Anda berniat untuk bermalam, di sini juga banyak tersedia penginapan yang pas untuk Anda, mulai dari yang murah hingga yang mahal dengan fasilitas masing-masing tersedia di tempat ini. toliet umum dan tempat parkir yang luas juga siap menampung kendaraan Anda dan dijamin keamanannya.

Terdapat dua hotel yang biasanya digunakan para wisatawan dari luar kota atau luar pulau yang biasanya menjadi pilihan tempet menginap yaitu hotel Aryaduta Makassar dan hotel Makassar Golden Hotel. Di sekitar wilayah pantai banyak toko-toko penjual souvenir dan kerajinan emas yang bisa bawa pulang sebagai oleh-oleh. Karna letak tempat wisata pantai ini berada pi pusat kota maka fasilitas-fasilitas pendukung sudah sangat lengkap.

Lokasi Pantai Losari

Tempat wisata pantai Losari terletak di pusat kota Makassar ibu kota Sulawesi Selatan. Alamat tapatnya berada di jalan Penghibur sebelah barat kota Makassar.

Akses Menuju Pantai Losari

Letak pantai yang berada di pusat kota Makassar lebih mudah lagi untuk dijangkau dari arah mana saja dan banyak pula transportasi umum yang berlalu lalang di sana yang bisa mengantarkan Anda ke lokasi wisata pantai ini.

Jika Anda berangkat melalui pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, waktu perjalanan yang harus Anda tempuh hanya sekitar 15 menit saja dengan berkendara, bisa kendaraan pribadi maupun transportasi umum yang banyak tersedia. Jika Anda berangkat melalui rute bandara Hasanuddin, waktu perjalanan agar bisa sampai di patai Losari sekitar 45 menit.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk dapat memasuki wilayah wisata pantai Losari ini Anda idak dibungut biaya sepeserpun alias gratis, tapi hanya membayar biaya retribusi parkir kendaraan saja. Pantai ini juga buka 24 jam, namun waktu paling ramai pengunjung adalah mulai jam 3 sore hingga malam tiba sekitar jam 9 hingga 10 malam.

Nah, itulah review singkat mengenai wisata pantai Losari di Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Tempat wisata pantai ini tentunya sangat sayang untuk dilewatkan, terlebih saat berkunjung ke Makasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *