Wisata ke Gunung Tangkuban Perahu, Daya Tarik, Fasilitas, Lokasi dan Tips Berkunjung

Satu lagi destinasi wisata alam favorit di kota Bandung, yang bahkan namanya sudah melegenda, yaitu obyek wisata gunung Tngkuban Perahu. Pastinya pernah dengar bukan? Gunung Tangkuban Prahu selalu ramai di kunjungi wisatawan, apa lagi jika musim liburan. Selain karena cerita legendanya yang terkenal yaitu Sangkuriang, gunung ini juga terkenal karena keindahan panorama alamnya.

Daya Tarik Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Seperti gunung-gunung kebanyakan, destinasi wisata gunung Tangkuban Perahu juga memiliki keindahan tersendiri, yang menjadi daya tarik wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Disana terdapat hamparan kebun teh yang luas dan hijau yang jika dilihat dari ketinggian akan nampak seperti gelaran karpet hijau nan indah. Selain itu gunung ini juga dikelilingi oleh hutan pinus yang tentunya semakin menambah pesona yang disuguhkan.

Suhu udara di pegunungan ini cukup dingin, bila siang hari suhu bisa mencapai hingga 17 derajat celcius, namun jika malam tiba, suhunya menurun hingga 2 derajat celcius. Terdapat beberapa kawasan hutan di pegunungan ini. Diantaranya adalah hutan Dipterokarp, hutan Montane, hutan Ericaceous, serta hutan Dipterokarp Bukit. Dan tentunya, masing-masing hutan tersebut memiliki pesona keindahan yang menakjubkan.

Legenda Sangkuriang

Sebagaimana yang kita tahu, gunung Tangkuban Perahu sangat erat kaitannya dengan kisah Sangkuriang, bahkan kisah melegenda ini sudah terkenal di seluruh Indonesia. Dimana ada seorang anak (Sangkuriang) yang jatuh cinta kepada ibu kandungnya sendiri, yaitu dayang Sumbi. Dan bermaksud untuk menikahinya. Nah untuk menggagalkan niat anaknya tersebut, kemudian dayang Sumbi memberikan satu persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu membangun sebuah perahu hanya dalam waktu satu malam saja.

Karena tidak ada pilihan Sangkurian menyanggupi permintaan tersebut. Namun tentu saja usahanya tersebut tidak mudah. Mengetahui usaha yang dilakukannya akan gagal, Sangkuriang marah lalu menendang perahu yang masih belum jadi tersebut hingga terbentuklah sebuah gunung yang kemudian disebut gunung Tangkuban Perahu.

Status Gunung Tangkuban Perahu

Perlu diketahui, dibalik keindahan yang dimiliki, gunung Tangkuban Perahu ini masih bersatus aktif, sehingga selalu dalam pengawasan Badan Direktorat Vulkanologi Indonesia. Dan hingga kini, kawah gunung ini juga masih mengeluarkan uap belerang dan sumber air panas.

Di gunung ini terdapat 3 kawah yang terkenal yang sering dikunjungi wisatawan yaitu kawah Domas, kawah Upas, dan kawah Ratu. Selain kawah-kawah ini, destinasi gunung Tangkuban Perahu ini juga terkenal dengan pohon yang unik dengan daun berwarna merah yang memiliki rasa seperti daun jambu biji, yaitu pohon Manarasa yang banyak tumbuh di sekitar lokasi wisata ini.

Di sekitar lokasi kawah ini Anda juga bisa menikmati aneka makanan ringan yang dijual oleh warga sekitar, ketan bakar dan mie rebus adalah andalannya. Terdapat penjual oleh-oleh juga berupa souveir seperti topi dan sarung tangan.

Fasilitas Wisata di Obyek Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Untuk melengkapi tempat wisata ini, telah dibangun beberapa fasilitas pendukung yang bisa dimanfaatkan para pengunjung. Salah satunya adalah jasa angkut Ontang-anting atau Shutle Bus yang bisa Anda gunakan untuk menjelajahi gunung Tangkuban Perahu dengan rute Jayagiri – Kawah Ratu.

Terdapat pula toko oleh-oleh khas Bandung yang menyediakan aneka souvenir atau cendera mata. Selain itu, disana juga dilengkapi dengan tempat parkir yang cukup luas, gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai, warung-warung makan dengan menu-menu khas Bandung, mushola, serta toilet umum yang bersih.

Lokasi Obyek Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Tempat wisata gunung Tangkuban Perahu ini terletak di jalan Tangkuban Perahu No. 282, Cikole, Lembang, Bandung Barat. Jarak gunung dari pusa kota Bandung sekitar 30 km. Lokasi wisata gunung Tangkuban Perahu ini berada dekat dengan tempat-tempat wisata lainnya seperti terminal wisata Grafika Cikole, wisata hutan Pinus, dan Cikole Jaya Giri Resort.

Akses Menuju Obyek Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Jika Anda berangkat dari Bandung, rute jalan tercepat yang bisa Anda lalui adalah jalan Gudang Selatan hingga mencapai jalan Tangkuban Perahu Raya, Ciater. Atau juga bisa lewat di jalan Setia Budhi menuju jalan Tangkuban Perahu.

Anda bisa berkendara menggunakan mobil pribadi, sepeda motor atau dengan transportasi umum. Gunakan aplikasi seprti maps unuk mempermudah perjalanan menuju lokasi wisata atau bisa dengan mengikuti penunjuk arah yang sudah ada di sepanjang jalan menuju tempat wisata gunung Tangkuban perahu.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk tiket masuk kawasan wisata ini dibedakan menjadi dua tarif, yaitu arif wisatawan lokal dan wisatan manca negara. Untuk wisatawan lokal dikenai biaya tiket sebesar 13 ribu per orang dan retribusi parkir sebesar 5 ribu untuk kendaraan motor, 10 ribu untuk mobil, dan 20 ribu untuk bus. Sedangkan untuk wisatawan manca negara atau wisatawan asing dikenai tarif masuk lokasi wisata sebesar 50 ribu rupiah, retribusi parkir kendaraan motor sebesar 7 ribu, mobil 15 ribu dan untuk bus 25 ribu. Harga tiket masuk dan parkir kendaraan tersebut bisa berubah-ubah kapan saja.

Nah, itulah diatas ulasan singkat mengenai obyek wisata gunung Tangkuban Perahu yang berada di kota Bandung Jawa Barat. Semoga informasinya bermanfaat. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *