Wisata ke Gunung Rinjani, Daya Tarik, Lokasi, Rute Pendakian dan Tips Mendaki

Gunung rinjani yang terletak di lombok utara merupakan salah satu gunung di Indonesia yang mempunyai pesona luar biasa. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung tertinggi di indonesia dengan ketinggian kurang lebih 3.726 mdpl.

Pesona Gunung Rinjani

Gunung rinjani memiliki pemandangan alam yang paling indah, bukah hanya se-Indonesia, namun konon paling indah se-Asia. Selain panoramanya, gunung rinjani juga mempunyai flora dan fauna yang beraneka ragam. Setiap pendakian 1000 meter anda akan menemukan jenis flora yang berbeda. Fauna yang bisa anda temui di sini antara lain landak, rusa, monyet, burung (ratusan jenis), dan banyak lagi. Pemandangan yang tak kalah memikat ialah danau segara yang ketika disinari matahari, danau tersebut mengeluarkan warna seperti kristal. Disaat itulah banyak orang yang mandi dan berenang disini, karena dipercaya bisa menjadikan wajah awet muda.

Perlu diketahui, suhu di gunung rinjani sekitar 20 derajat celcius dan paling dingin bisa mencapai 10 derajat celcius. Dengan cuacanya yang terbilang ekstrim tersebut, tentu saja selain indah, gunung ini juga menyimpan resiko besar, terlebih bagi mereka yang melakukan pendakian hingga puncak tertinggi. Oleh karenanya anda harus berhati-hati ketika melakukan pendakian. Biasanya resiko besar terjadi karena cuaca yang buruk tiba-tiba datang, yang menyebabkan pendaki hilang arah, hingga tersesat. Karena resikonya yang tinggi ini, disarankan pengunjung yang ingin mendaki, didampingi pemandu supaya tidak tersesat dan hilang arah.

Tentunya, jika ingin mendaki Anda harus mempersiapkan bekal yang cukup dan peralatan mendaki yang lengkap karena dibutuhkan sekitar 3 malam untuk mencapai puncak gunung, dan bagi pendaki profesional diperkirakan butuh waktu sekitar 2 hari. Apabila anda seorang pengidap asma, penyakit jantung, darah tinggi, epilepsi, dan penyakit berat lainya, jangan sekali-kali mencoba melakukan pendakian karena resikonya sangat fatal.

Akses/rute Menuju Lokasi Wisata

Pulau lombok dapat dijangkau menggunakan transportasi udara atapun darat serta laut. Baik via darat maupun laut, nantinya anda akan tiba di desa Sembalun Lawang, start pendakian akan dimulai di desa ini. Dari bandara atau pelabuhan untuk menuju ke desa Sembalun Lawang anda bisa menggunakan elf atau angkot hingga sampai ke Aikmel, kemudian di aikmel anda garus berpindah menggunakan transportasi mobil pick up hingga sampau ke desa sembalun lawang.

Sesampainya di desa sembalun lawang, berhentilah di Rinjani Information Centre (RIC). Di RIC terdapat pos pendaftaran bagi anda yang ingin melakukan pendakian. Syarat pendaftaran yakni membayar biaya registrasi. Bagi yang tidak mau ribet, anda bisa menggunakan transportasi online seperti ojek online atau taksi online. Atau menyewa mobil pribadi dengan biaya sekitar 500.000-700.000 sekali jalan.

Rute Pendakian

Pendakian akan di mulai dari jalur bawak nao yang berjarak sekitar 15 menit dari RIC. Tipe jalur ini berupa savana terbuka dengan rute yang jelas pos 1 terletak di ketinggian 1.500 mdpl dengan menempuh perjalanan sekitar 1,5-2 jam dari start pendakian.

Pos 2 berada di ketinggian 1.800 mdpl dapat ditempuh sekitar 40 menit dari pos 1. Biasanya pendaki memilih beristirahat dan menginap disini, karena lahan yang datar dan luas serta terdapat sumber air. Pos 3 berada di ketinggian 1.900 mdpl terletak diatas sungai mati . ada juga pendaki yang bermalam disini dari pada di pos 2. karena untuk menghemat waktu saat akan menuju Plawangan Sembalun via Bukit Penyiksaan.

Dinamakan bukit penyiksaan karena deretan bukit ini terus menanjak dan membuat diri serasa tersiksa. Dari plawangan sembalun anda bisa mendirikan tenda disini. Dari Plawangan Sembalun, pendakian meuju puncak biasanya dilakukan tengah malam sekitar jam 1 atau 2. Persiapkan bekal perjalanan karena perjalanan menuju puncak akan memakan waktu sekitar 4-6 jam. Hati-hati saat berjalan, karena kanan dan kiri terdapat jurang yang cukup curam.

Perjalanan Menuju Danau Segara Anak

Setelah sampai di puncak, anda bisa memilih apakah akan turun gunung atau lanjut ke danau segara anak. Kalau anda masih kuat saya sarankan lanjut perjalanan menuju danau segara anak. Camp ground danau ini sangat luas dan favorit para pendaki. View yang disajikan pun sangat indah dan menawan. Jika cukup waktu dan bekal, luangkan 2-3 hari disini. Banyak aktifitas yang bisa anda lakukan di danau ini antara lain memancing, berendam air panas atau berjalan-jalan ke gua susu dan gua taman.

Tips Mendaki

  • Sebelum melakukan pendakian, persiapkan fisik anda seprima mungkin, sering-sering jogging dan sprint untuk menguatkan otok kaki.
  • Siapkan perbekalan sebaik mungkin. Bawa perbekalan yang tinggi protein dan kalori. Peritungan perbekalan harus dilebihkan.
  • Siapkan Peralatan pendakian yang lengkap.
  • Packing dengan baik perlengkapan dan perbekalan
  • Jangan berkata kotor, melakukan perbuatan tidak senonoh selama berada di gunung rinjani.
  • Bagi yang tidak mau repot lebih baik gunakan jasa trekking organizer. Harga tergantung dari fasilitas apa saja yang didapatkan. Trekking organizer yang terkenal adalah John’s Adventure dan Rudy Trekker.

Nah, itu dia informasi yang bisa kami sampaikan bagi anda yang akan berlibur di gunung Rinjani, entah itu untuk melakukan pendakian, atau sekedar menikmari pesonanya dari bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *