Wisata ke Curug Cinulang Cicalengka, Daya Tarik, Fasilitas, Lokasi dan Tips Berkunjung

Kota Bandung, memang menjadi salah satu kota favorit di negeri ini yang banyak dikunjungi wisatawan. Dan hal tersebut memang wajar, karena kota ini memiliki banyak daya tarik yang membuat siapapun betah. Selain terkenal akan aneka kulinernya yang unik dan lezat, bandung juga terkenal akan wisata belanjanya, khususnya yang berkaitan dengan pakaian. Sehingga tak heran bila bandung dijuluki kota mode.

Namun bukan itu saja, nyatanya di bandung juga terdapat banyak sekali obyek wisata menarik, khususnya wisata alam. Dimana salah satunya yang banyak difavoritkan akhir-akhir ini adalah Curug Cinulang Cicalengka.

Daya Tarik Obyek Wisata Curug Cinulang Cicalengka

Daya tarik tempat wisata air terjun Curug Cinulang ini tentunya mengenai keindahan alamnya yang memukau sekaligus menyegarkan. Disana Anda bisa bermain air sepuasnya, berendam atau duduk-duduk di atas bebatuan di dekat air terjun sambil menikmati pemandangan yang indah serta menghirup udara yang masih sangat segar, terbebas dari polusi.

Perlu diketahui, Curug ini juga pernah menjadi lokasi pembuatan video klip oleh almarhum penyanyi legendaris asal Bandung yang bernama Darso. Keindahan alam yang disajikan begitu cantik dan menawan, sehingga mampu memikat hati almarhum Darso untuk menjadikan tempat wisata ini sebagai background vide klipnya. Air di air terjun ini sangat jernih dan tentunya sangat dingin pula, jadi bagi Anda yang tidak kuat dengan air dingin disarankan untuk tidak mencoba berandam atau berenang di sana.

Ketika tiba di lokasi wisata air terjun ini, Anda akan disuguhi pemandangan 2 aliran air terjun yang deras meskipun saat musim kemarau. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Anda bisa mandi di bawah guyuran air terjun secara langsung untuk bisa merasakan sensasi terapi seperti di pijat-pijat yang membuat tubuh Anda kembali fresh dan nyaman.

Dinding bebauan yang berlumut hijau menambah indah tampilan air terjun ini. Anda juga bisa menikmati keindahan air terjun Cinulang ini dari atas jembatan kayu yang tersedia di sana. Dari atas jembatan ini And bisa menikmati air terjun dan alam sekitarnya dari sudut pandang yang berbeda. Sangat indah bukan. Anda bisa bersantai di atas bebatuan besar epat di depan air terjun tersebut. Jangan lupa untuk mengabadikan momen berharga Anda dengan mengambil banyak foto di spot-spot yang keren.

Perlengkapan yang wajib Anda bawa saat berwisata ke air terjun ini adalah pakaian ganti, jaket, kamera, dan dry bag. Dry bag merupakan barang wajib yang harus Anda bawa, tas ini dapat mengamankan barang-barang elektronik Anda jika tidak mau rusak terkena air. Opsi lain jika Anda tidak memiliki dry bag, bisa gunakan kantong plastik biasa yang tebal.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Curug Cinulang Cicalengka

Di lokasi wisata ini juga telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung yang sudah lumayan memadai antara lain, sudah ada toilet umum yang cukup bersih. Jika Anda lapar dan haus, di empat ini juga telah tersedia warung-warung makan yang menjual aneka hidangan khas Bandung. Terdapat pula mushola sehingga Anda bisa beribadah dengan tenang.

Lokasi Curug Cinulang Cicalengka

Curug Cinulang ini terletak di Cicalengka Sindang Wangi, kecamatan Sindulang, Cimanggung, Bandung Timur dan berbatasan langsung dengan kabupaten Sumedang. Tempat wisata air terjun ini cukup mudah dijangkau karena letaknya di pinggir jalan raya baypass Bandung – Garut. Lokasi air terjun ini terletak di lereng gunung Masigit Kareumbi, itulah sebabnya udara di sekitar air terjun sangat dingin.

Akses Menuju Curug Cinulang Cicalengka

Jika Anda berangkat dari arah Garut, Anda bisa melawati tol Cileunyi dan berkendaralah hingga menjumpai papan penunjuk lokasi yang mengarah ke lokasi wisata air terjun atau curug Cinulang.

Ada dua jalur alternatif yang bisa Anda pilih, yaitu jalur Cicalengka atau jalur Cindulang. Biasanya jalur yang banyak dipilih adalah jalur Cindulang karena lokasi ini cukup ramai dan banyak tempat peristirahatan, warung makan dan kios-kios kecil di sepanjang jalan, berbeda dengan jalur Cicalengka yang relatif sepi.

Untuk menuju lokasi air terjun ini, Anda harus berhadapan dengan kondisi jalanan yang menanjak dan berkelok-kelok. Ketika hampir sampai tujuan wisata, Anda akan disuguhi pemandangan hutan belantara di kanan dan kiri jalan. Karena medan yang demikian ini, Anda harus selalu berhati-hati dalam berkendara.

Jangan pergi ke tempai wisata ini di kala musim penghujan karena jalanan akan licin dan menambah risiko keamanan Anda. Jangan lupa pula untuk mengisi full BBM Anda, jika perlu bawa cadangan BBM karena Anda tidak akan menemukan kios-kios penjual bahan bakar apa lagi pom bensin. Untuk Anda yang melakukan perjalanan dengan kendaraan umum bisa naik bus dari terminal Cicalengka jurusan Cicalengka-Sindulang-Sindang wangi, setelah itu naik ojek hingga lokasi air terjun.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga tiket masuk Curung Cinulang dapat berubah-ubah sewaktu-waktu namun biasanya pengunjung dikenakan tarif 10 ribu per orang. Wisata ini di buka setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *