Air Terjun Cunca Rami di Flores, Daya Tarik, Lokasi, Fasilitas dan Tips Berkunjung

Air Terjun Cunca Rami berada di Kampung Roe, Desa Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang,  Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Terpatnya di sebuah area hutan tropis Mbeling, air terjun ini dikelilingi pepohonan yang sangat lebat dan tumbuh subur. Penamaan Air terjun ini dengan nama Cunca Rami di ambil dari bahasa daerah Flores, Cunca memiliki arti air terjun dan Rami memiliki arti hutan sehingga tepat sekali untuk menggabarkan air terjun ini yang berada di tengah hutan.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Cunca Rami di Flores

Air terjun cuna Rami memiliki keindahan eksotis khas daerah tropis ya tentu karena dikelilingi oleh hutan tropis. Memiliki tinggi sekitar 30 meter yang dibagi menjadi 3 tingkatan, di ujung bawah air terjun terdapat muara air  yang memiliki diameter 5 hingga 7 meter yang berbentuk seperti kolam kecil dengan kedalaman hingga 12 meter.

Asyiknya bermain di wisata ini yaitu pengunjung bisa berenang sepuasnya dengan dikelilingi keindahan alam yang masih asri dan tentu saja arinya sangat sejuk apalagi ketika pertama kali menyentuh kulit anda. Karena air terjun ini berada di tengah-tengah hutan, begitu masuk di pintu masuk wisata pengunjung akan langsung di tawarin guide perjalanan yang akan mengantarkan pengunjung menuju area tempat wisata air terjun Cunca Rami.Tempat wisata ini masih sangat asri karena belum terjamah pembangunan dari pemerintah setempat, sehingga belum ada fasilitas-fasilitas yang memadai.

Akomodasi ke Air Terjun Cunca Rami

Tempat wisata air terjun Cunca Rami ini berjarak sekitar 30 km dari kota Labuan Bajo, sehingga bagi anda pengunjung yang berasal dari luar pulau dan menyebrang ke pelabuhan Labuan Bajo anda harus melakukan perjalan darat kurang lebih sekitar 0,5 jam baik dengan menaiki motor atau mobil.

Kualitas jalan utamanya terawat dengan baik sehingga anda bisa dengan leluasa dan santai mengendarai kendaraan. Bagi anda yang dari luar pulau dan bingung karena tidak punya kendaraan untuk menuju ke lokasi wisata, tenang saja karena di Pelabuhan Labuan Bajo ada banyak sekali penyewaan atau tempat rental motor dan juga mobil yang dibandrol dengan tarif untuk motor 75 ribu rupiah perharinya dan jika sewa nya perjam dikenakan 15 ribu rupiah per jam, untuk mobil biaya sewa sehari bisa mencapai 500 ribu rupiah dengan kapasitas penumpang 6 hingga 7 orang.

Di sepanjang jalan menuju objek wisata ini terdapat banyak sekali penginapan, hotel maupun homsstay untuk anda menginap, sehingga bagi anda yang merasa capek dan butuh mengembalikan kondisi tubuh dalam keadaan fit anda bisa beristirahat terlebih dahulu.

Trek pertama perjalanan menuju objek wisata ini adalah kampung Roe, disana anda harus memarkirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati jalanan setapak dan mulai masuk dikawasan hutan, kawasan persawahan dan menyebrangi sungai benar-benar sensainya seperti berjelajah di alam lepas selama satu jam berjalan.

Siapkan bekal yang cukup dan usahakan tubuh memang benar-benar dalam keadaan fit agar bisa dengan leluasa melangsungkan perjalan dengan berjalan kaki menuju objek wisata ini. Jika anda menginginkan jasa guide, banyak sekali penduduk sekiar yang menawarkan dirinya dengan biaya antar mencapai Rp. 50.000 dan bisa dinegosisikansesuai budget pengunjung.

Fasilitas Wisata di Air Terjun Cunca Rami

Objek wisata ini belum dilengkapi dengan fasilitas apapun, karena mungkin pemerintah sekitar belum mulai mengembangan objek pariwisata daerah. seperti tempat parkir dan juga ruang ganti untuk pengunjung yang berenang dan bermain di air terjun ini sehingga jika hendak berganti pengunjung harus melakukanya di pojok-pojok yang tertutup oleh semak-semak dan jika membawa kendaraan akan memarkirkan atau menitipkan kendaraanya di rumah warga yang ada di kampung Roe, meski begitu anda tenang saja kendaraan anda kana dijaga dengan baik hingga anda mengambilnya lagi.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Cunca Rami

Jika anda bekeinginan melakukan kunjungan ke Air Terjun Cunca Rami ini sebaiknya melakukan persiapan jauh-jauh hari terutama menyiapkan kondisi fisik agar tetap fit dan kuat berjalan kaki selama 1 jam untuk berangkat dan 1 jam lagi untuk pulang, dan bahkan pada saat perjalan pulang biasanya badan sudah berasa lelah dan capek setelah berenang dan bermain air.

usahakan berkunjung pada bulan Mei hingga bulan Agustus atau pada musim panas karena keadaan sangat mendukun. Seperti di objek wisata manapun bahwa tidak disarankan berkunjung pada musim hujan apalagi pada waktu hujan dikhawatirkan volume air akan naik sehingga arus nya menjadi lebih besar dan tentunya ini sangat membahayakan pengunjung wisata.

Nah itu lah, sedikit ulasan tentang wisata Pulau Kanawa semoga bisa menjadi referensi anda sebelum berkunjung ke air terjun Cunca Rami, bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *