Pantai Kuta Bali, Daya Tarik, Lokasi, Fasilitas dan Tips Berkunjung

Pantai kuta, bisa dibilang sebagai jantungnya obyek wisata pulau bali. Keindahan dan nama besarnya sudah terkenal sampai ke mancanegara. Lantas, apa saja spot menarik pantai kuta bali dan aktivitas apa saja yang bisa anda lakukan selama disana?

Daya Tarik Wisata Pantai Kuta Bali

Ketika berada di pantai ini, anda bisa melakukan aktivitas seperti berjemur dan berenang atau berselancar. Pantai kuta bali memiliki hamparan pasir putih yang indah dan ombak yang besar, sangat cocok untuk berselancar. Banyak peselancar dari mancanegara menjadikan lokasi pantai kuta sebagai lokasi untuk surfing. Anda juga bisa menikmati keindahan pesona matahari tenggelam yang sangat menawan dari sini.  Pantai ini merupakan spot favorit di bali untuk melilhat pesona sunset.

Bagi anda yang baru mencoba untuk berselancar, jangan khawatir, di sepanjang pantai banyak disewakan papan surfing. Jika anda ingin belajar berselancar juga bisa. Nantinya anda akan ditemani pelatih surfing yang siap mengajari anda mengarungi ombak pantai. Di pantai ini ada beberapa kursus surfing yang cukup terkenal di dunia seperti Surfer Girl Surfing School, Odysseys dan Rip Curl Surf School.

Berjemur juga banyak dilakukan wisatawan, di sepanjang pantai, akan anda jumpai banyak sekali turis-turis berjemur dibawah teriknya matahari. Jika berjemur saja masih kurang, maka cobalah menggunakan jasa tukang pijat yang berada di sekitar pantai.

Di pantai kuta, wisatawan akan terjamin keamananya, karena terdapat penjagaan dari satgas pantai kuta yang memberikan pelayanan terbaik bagi anda yang takut akan terjadinya tindak kriminalitas. Satgas pantai kuta selalu memberikan peringatan melalui pengeras suara untuk berhati-hati membawa barang bawaan dan anak, takutnya ketinggalan atau nyasar.

Di pantai kuta, anda juga bisa menikmati aneka kuliner. Ada banyak sekali tempat makan di sekitar pantai kuta, mulai dari warung makan sederhana sampai restoran mewah.  Di sekitar pantai juga banyak toko souvenir yang menjual pernak-pernik cantik yang bisa anda beli dan bawa pulang. Souvenir dengan hiasan kerang dan bintang laut bisa anda temukan disini.

Dan perlu diketahui, kawasan ini juga menjadi tempat penangkaran penyu.  Ada sebuah bangunan berbentuk penyu raksasa yang terletak tak jauh dari bibir pantai. Bangunan itu didalamnya terdapat pasir yang menjadi tempat pengeraman telur-telur penyu. Jenis penyu yang ditangkarkan adalah penyu lekang atau olive ridley yang termasuk hewan langka.

Pelepasan bayi penyu ke laut lepas merupakan moment menarik yang dicari wisatawan. Kegiatan ini tidak terjadwal, kapanpun telur menetas, maka dengan segera akan dilepaskan ke laut. Pelepasan bayi penyu ini melibatkan siapapun wisatawan yang mau bergabung.

Setiap orang nantinya masing-masing akan membawa kotak plastik berisi bayi penyu. Lalu secara bersamaan, mereka melepas bayi-bayi penyu tersebut. Waktu pelepasan bayi penyu biasanya jam 16.45. hal ini dikarenakan burung predator pemakan bayi-bayi penyu akan susah melihat mereka pada jam tersebut.

Anda juga bis berkeliling jalanan pantai kuta menggunakan dokar atau delman. Terdapat sekitar 40 dokar yang parkir dibeberapa lokasi sepanjang jalan pantai kuta. Tarif dokar lumayan mahal sekitar Rp. 200.000 dengan 4 orang penumpang termask kusir. Perjalananya dimulai dari pantai kuta, melewati jalan poppies II, jalan Legian dan kembali lagi ke pantai kuta.

Jika anda ingin memasang tato temporer, harganya juga relatif murah disini mulai idari rp. 50-000- Rp. 300.000 tergantung motif dan ukuran tato. Tato ini tidak bersifat permanen, karena terbuat dari serbuk henna yang akan hilang dengan sendirinya sekitar dua minggu. Kawasan pantai kuta bali, dahulu sebenarnya merupakan habitat penyu hijau. Namun, seiring perubahan fungsi menjadi destinasi wisata modern, akhirnya pemerintah bersama masyarakat memindahkan penyu hijau ke lokasi baru yang lebih aman.

Lokasi Pantai Kuta Bali

Terletak di kecamatan kuta, kabupaten Badung. Terletak di bagian barat pulau bali.nHanya perlu waktu 15-30 menit jika anda berangkat dari bandara ngurah rai dengan berkendaraan.

Tiket Masuk Pantai Kuta Bali

Wisata di bali- pantai kuta tidak terdapat tiket masuk alias gratis, anda hanya dikenakan biaya parkir. Untuk biaya parkir kendaraan dikenakan tarif sebesar Rp. 2000 untuk roda dua dan Rp. 5000 untuk roda empat. Area parkir untuk mobil disini sangat terbatas, disarankan lebih baik menggunakan taksi atau transportasi online seperti grab atau gojek.

Rute Menuju ke Pantai Kuta Bali

Akses menuju pantai kuta sangat mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun empat . Jika anda membawa kendaraan pribadi berikut informasi rute jalan dari bandara ngurah rai: Dari bandara, silahkan ambil rute menuju Jl. Kemayoran dan Jl. Dewi Sartika. Selanjutnya ambil rute berkendara menuju Jl. Kartika plaza di kuta hingga Jl. Pantai kuta. Lumayan mudah bukan? Jika bingung akses saja google map.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Kuta Bali

Disepanjang jalan menuju pantai banyak terdapat tempat penginapan mulai dari pondok, bacpakeran, wisma,guest house, villa, hotel.  Terdapat juga restoran, pasar seni, pusat perbelanjaan  terbesar di kuta Bali yakni Beachwalk Shopping Center dan Centro Discovery Shopping Mall. Pedagang makanan dan minuman juga banyak yang berjualan di pinggir pantai. Jadi, mengenai fasilitas umum, tak perlu khawatir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *