Wisata ke Taman Nasional Bantimurung, Daya Tarik, Fasilitas, Lokasi dan Tips Berkunjung

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraug atau dikenal dengan istilah TN Babul merupakan surganya kupu-kupu. Di taman ini banyak sekali kupu-kupu yang terbang bebas dengan berbagai corak dan warna yang indah. Dan bukan itu saja, tentunya masih banyak lagi hal menarik lain yang bisa di eksplor dari taman ini.

Pesona Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraug

Daya tarik dari tempat wisata aman Nasional Bantimurung ini adalah adanya berbagai macam keunikan yang disuguhkan, mulai dari batuan karst, keindahan stalakmit dan stalaktit yang terbentuk secara alami di dalam goa, serta tentunya keindahan bermacam-macam kupu-kupu, yang sekaligus menjadi maskot dari taman nasional ini.

Dengan banyaknya populasi kupu-kupu di taman ini, tak heran bila banyak orang menjulukinya sebagai kerajaan kupu-kupu. Memang tak heran bila tempat ini dihuni ribuan kupu-kupu, sebab sebelum dijadikan taman, tempat ini merupakan habitat kupu-kupu. Dengan dibangunnya taman, maka memiliki beberapa fungsi sekalgius, selain sebagai tempat konservasi, tempat ini juga dijadikan lokasi wisata.

Di pintu masuk taman ini terdapat patung kupu-kupu raksasa yang dengan megah menyambut tiap pengunjung yang datang. Untuk mencapai taman kupu-kupu serta air terjun, pengunjung bisa berjalan kaki, sembari menikmati indahnya pemandangan serta udaranya yang masih asri.

Pemandangan di air terjun sungguh indah dan suasananya segar. Disarankan untuk berkunjung ke air terjun ini saat musim kemarau, sebab saat musim kemarau, aliran air di air terjun ini sangat jernih, dan pengunjung juga bisa bermain air sepuasnya atau bahkan berendam dibawah gerojogan air terjun. Namun jika Anda datang pada saat musim hujan, airnya akan sangat deras dan keruh, jadi pengunjung tidak diperbolehkan bermain-main air di lokasi tersebut.

Yang unik dari air terjun ini adalah seolah-olah sumber airnya keluar dari batuan kapur yang berada sekitar air terjun tersebut dengan lebar hampir 20 meter. Air terjun sendiri meluncur dari ketinggian 15 meter.

Beralih ke museum kupu-kupu, di museum ini ada berbagai macam kupu-kupu mulai dari jenis, warna dan bentuk yang berbeda-beda. Kupu-kupu tersebut telah diawetkan dan di pajang di dalam museum. Konon kata warga setempat, kupu-kupu tersebut berasal dari danau Kassi Kebo yang dikelilingi tebing terjal yang menjadi habitat asli kupu-kupu di taman nasional Bantimurung.

Terdapat sekitar 100 jenis kupu-kupu yang hidup di taman ini dan 20 diantaranya dikategorikan langka sehingga habitatnya dilindungi dari kepunahan. Bahkan beberapa jenis kupu-kupu tersebut merupakan kupu-kupu endemik Sulawesi Selatan dan tidak ada di tempat lain, seperti Papilo Adamantius, Cethosia Myrana, dan Troides Helena Linne.

Tak hanya ada museum kupu-kupu dan air terjun saja, disana juga terdapat gua Batu dan gua Mimpi. Pada goa tersebut terdapat stalakmit dan stalaktit yang menghiasi atap dan lantai gua. Salaktit dan stalakmit ini terbentuk secara alami dan menghiasi seluruh bagian dalam gua seperti pahatan-pahatan indah yang memiliki nilai seni tinggi. Taman nasional Bantimurung ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun dari luar Sulawesi, apa lagi jika memasuki musim liburan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Taman nasional ini berdiri dia atas lahan seluas 43.750 ha. Fasilitas yang terdapat di tempat wisata ini cukup lengkap, antara lain terdapat tempat penangkaran kupu-kupu, laboratorium, shelter, ruang display, persemaian pakan kupu, area tracking, toilet, tempat parkir yang luas, tempat-tempat untuk duduk dan bersantai.

Terdapat pula toko souvenir yang menjual aneka pernak-pernik bertemakan kupu-kupu, Anda bisa membelinya sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman di rumah. Lokasi toko souvenir ini terletak di dekat gerbang pintu masuk taman. Jangan lupa untuk membawa perbekalan makanan dan minuman sendiri. Karena di area taman ini belum ada warung makan atau pedagang yang menjual makanan dan minuman. Tapi ingat jangan buang sampah sembarangan.

Lokasi Wisata Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

Taman Nasional Bantimurung terletak di jalan Maros, Bulusaraung Nasional Park, kabupaten Maros, Makassar, Sulawesi Selatan.

Akses Menuju Obyek Wisata

Taman Nasional Bantimurung mudah diakses dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Angkutan umum yang dapat digunakan bernama Pete-pete dalam bahasa lokal. Jalannya sudah mulus beraspal sehingga tidak menyulitkan para pengujung untuk ke sana.  Jika Anda berangkat dari Makassar, perjalanan yang harus Anda tempuh sekitar 1 hingga 2 jam dengan berkendara atau berjarak sekitar 42 km dari pusat kota Makassar.

Tiket Masuk Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

Untuk tiket masuknya sendiri biasanya Anda harus membayar 20 ribu rupiah tiap pengunjung, namun tarif ini bisa saja berubah sewaktu-waktu. Dengan harga 20 ribu tersebut, Anda sudah bisa menjelajah seluruh isi taman, mulai dari gua, museum, air terjun dan bebas menggunakan fasilitas lainnya.

Nah, demikian diatas review mengenai tempat wisata taman Nasional Bantimurung di Makassar Sulawesi Selatan. Kapan lagi bisa ke tempat edukasi sekaligus tempat wisata yang indah, yang bukan hanya menyejukkan mata, namun juga bisa menambah pengetahuan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *