Wisata ke Pulau Komodo, Daya Tarik, Lokasi dan Tips Berkunjung

Tentunya sudah tidak asing bukan dengan Pulau komodo? Meskipun belum pernah kesana, namun tentunya nama pulau tersebut sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Seperti namanya, pulau komodo merupakan tempat/habitat komodo di Indonesia. Dan pulau ini terletak di Nusa Tenggara Timur.

Daya Tarik Pulau Komodo

Selain komodo yang merupakan hewan endemik indonesia, pemandangan savana dan keindahan bawah laut pulau ini menjadi daya tarik tersendiri pulau ini. Anda bisa memancing, diving, snorkling, kano dan bersampan disini. Di daratan, kegiatan yang bisa anda lakukan antara lain hiking, camping, atau sekedar mengamati satwa. Ada beberapa destinasi juga yang menarik untuk anda kunjungi selain pulau komodo itu sendiri.

Pulau komodo termasuk dalam kawasan nasional komodo yang berada di kecamatan komodo, kabupaten manggarai barat. Pulau komodo ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia sejak 1986. Selain itu, pulau komodo ini juga mendapat penghargaan sebagai New Seven Wonders of Nature. Perlu diketahui, taman nasional komodo bukan hanya di pulau komodo, tetapi meliputi pulau lain seperti rinca, padar, yang termasuk pulau utama habitat asli komodo.

Di pulau-pulau tersebut, anda bisa mendapati ribuan komodo hidup dan melakukan beragam aktivitasnya. Jadi, tentunya Anda tidak akan rugi berkunjung ke pulau ini, selain berjumpa dengan hewan langka yang masuk kategori endemik khas indonesia, anda juga akan disuguhkan panorama menawan dari pesona alam yang masih benar-benar asri. Selain keindahan padang rumputnya, anda juga akan dikagumkan oleh lautan dengan pasir putih yang eksotis ditambah hiasan batu karang dan ombak yang memanjakan mata.

Taman nasional komodo juga mempunyai keidahan bawah laut yang tiada duanya. Sekitar 67% wilayah Taman Nasional Komodo merupakan lautan yang eksotis. Anda bisa menyelam untuk menikmati kekayaan biota laut di pulau ini. Tak ayal, taman nasional komodo menjadi spot menyelam terbaik di dunia. Terdapat 385 spesies terumbu karang disini serta ribuan spesies ikan yang menunggu anda. Anda juga bisa bertemu dengan berbagai macam jenis hiu, penyu hijau dan lumba-lumba.

Di pulau komodo, anda bisa berkunjung ke Loh Liang yang merupakan daerah wisata utama Taman Nasional pulau komodo. Disini anda bisa mengamati kehidupan liar komodo dan satwa lain seperti babi hutan , rusa dan bermacam-macam jenis burung. Disekitar Loh Liang terdapat pondok wisata, tempat makan dan souvenir, dan sebagainya.

Pantai pink yang masih dalam wilayah Taman Nasional Komodo juga merupakan tempat yang menarik untuk dijadikan tujuan berlibur, karena seperti namanya, pantai ini terbilang unik. sebab pasirnya berwarna pink. Dimana warna pink ini dihasilkan karena banyaknya terumbu karang yang berwarna sama. Dan karena terseret ombak, sebagian terumbu karang tergerus dengan air dan tercampur dengan pasir pantai. Hasilnya pantai jadi terlihat berwarna pink.

Lokasi Pulau Komodo

Pulau komodo terletak di kepulauan nusa tenggara. Berada di tengah antara pulau sumbawa dan flores. Terpisah oleh selat sape. Pulau ini masuk dalam provinsi nusa tenggara timur kecamatan komodo, kabupaten manggarai barat

Akses Menuju Lokasi Wisata

Untuk sampai kesini,anda bisa menggunakan pilihan transportasi udara dan laut. Penerbangan langsung dari jakarta telah tersedia dan bisa dilakukan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK), sedangkan dari kota lain, nantinya pesawat akan transit di bandara ngurah rai, denpasar, bali (DPS). Penerbangan langsung dari Jakarta ke Labuan Bajo memakan waktu sekitar 2 jam 30 menit. Maskapai yang melayani penerbangan rute ini adalah garuda indonesia dan batik air.

Jika anda menggunakan jalur laut menuju pulau komodo, anda bisa berangkat dari Surabaya menggunakan kapal pelni KM Sirimau dengan rute Surabaya-Bali (Tanjung benoa)-Bima-Labuan Bajo dengan tarif sekitar 400 ribuan. Dari surabaya, kapal pelni ini berangkat pada sore hari dari pelabuhan Tanjung Perak dengan memakan waktu sekitar 3 hari 2 malam jika kondisi gelombang laut normal. Jika anda belum terbiasa melakukan perjalanan laut, sebaiknya menyiapkan obat anti mabuk sebelum berangkat. Dan perlu diketahui, tidak setiap hari ada perjalanan menuju Labuan Bajo, untuk memastikan, Anda bisa mengeceknya di situs resmi pelni. Dari beberapa pilihan transportasi tersebut, anda masih harus menyambung perjalanan dengan menggunakan kapal pinisi kecil dari Labuan Bajo ke Pulau Komodo.

Tips Berkunjung ke Pulau Komodo

  • Siapkan fisik yang prima karena sejauh mana anda berjalan, akan menemukan pengalaman dan keindahan yang akan anda dapatkan
  • Siapkan kebutuhan pribadi anda
  • Sewalah seorang pawang untuk menemani perjalanan anda berkeliling Taman Nasional Komodo.
  • Jangan memberi makan dan mengusik ketenangan komodo.
  • Siapkan togkat bercabang , karena komodo takut jika digertak menggunakan tongkat.
  • Bawalah lotion anti nyamuk karena kondisi hutan dan savanna pasti banyak nyamuk
  • Dilarang merokok karena area merupakan padang rumput yang mudah terbakar
  • Jika anda perempuan sedang mengalami menstruasi, laporlah pada pawang. Karena penciuman komodo sangat tajam terhadap bau darah yang mengakibatkan tingkahnya lebih agresif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *